Comscore Tracker

Jangan Dilewatkan, 5 Manfaat Me Time yang Perlu Kamu Tahu

Lepas sejenak dari kehidupan sosial agar lebih fresh

Di tengah situasi kehidupan yang serbasibuk dan penuh pilihan ini, terkadang diri merasa lelah karena dituntut untuk terus bekerja atau bersosialisasi dengan orang lain. Meskipun bertemu dengan orang adalah sebuah hal yang juga penting untuk dilakukan, terkadang menyendiri juga diperlukan.

Me time, hal sederhana yang sebenarnya berperan penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Saat sendiri, kita akan lebih sadar dengan keadaan dan bisa beraktivitas dengan lebih baik. Tidak hanya itu, me time juga memberikan manfaat lain yang juga perlu kamu tahu. Apa saja? Simak penjelasan di bawah ini!

1. Mengasah kreativitas

Jangan Dilewatkan, 5 Manfaat Me Time yang Perlu Kamu Tahuilustrasi membaca buku (unsplash.com/Fabiola Peñalba)

Ketika dihadapkan dengan sebuah masalah, ternyata bekerja sendiri untuk menyelesaikan masalah tersebut bisa jadi solusi terbaik. Dilansir Very Well Mind, memecahkan permasalahan secara mandiri akan memicu diri mencari solusi yang dirasa terbaik tanpa mendapat tekanan sosial.

Jika masalah dihadapi bersama-sama, terkadang solusi yang didapat adalah hasil kesepakatan dari suara terbanyak dalam kelompok, sehingga belum tentu hasilnya sesuai harapan. Namun, tidak semua masalah bisa diselesaikan sendiri. Jika memang perlu, jangan segan meminta bantuan, ya!

2. Ada kesempatan untuk mengembangkan diri

Jangan Dilewatkan, 5 Manfaat Me Time yang Perlu Kamu Tahuilustrasi seorang wanita sedang melukis (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hobi dan kesenangan lain paling nyaman dikerjakan di waktu luang dan seorang diri. Hal ini akan menyebabkan seseorang menjadi fokus dengan pengembangan dirinya, sehingga akan diperoleh keterampilan yang diinginkan dengan maksimal.

Selain itu, mengambil waktu untuk sendiri akan memberikan kesempatan untuk membuat pilihan sesuai kata hati tanpa takut terhadap penilaian orang lain. Nyaman, kan?

Baca Juga: 5 Tanda Kebohongan Berkedok Me Time, Jangan Seperti Ini!

3. Menjaga hubungan tetap sehat

Jangan Dilewatkan, 5 Manfaat Me Time yang Perlu Kamu Tahuilustrasi pasangan kekasih (pexels.com/Văn Thắng)

Berbagai hubungan, baik dengan keluarga, sahabat, bahkan pasangan, sebaiknya tetap diberi jarak. Mengambil jeda sejenak untuk mengurus diri sendiri dan lepas dari koneksi-koneksi tersebut akan berdampak baik pada kualitas hubungan.

Saat menyendiri, seseorang akan cenderung mengapresiasi hubungan yang dia punya di hidupnya. Dampaknya, akan muncul rasa rindu yang akan semakin mengeratkan sebuah hubungan.

4. Memicu diri tetap produktif

Jangan Dilewatkan, 5 Manfaat Me Time yang Perlu Kamu Tahuilustrasi kreativitas (unsplash.com/Cristofer Maximilian)

Saat bersama orang lain, akan banyak distraksi yang bermunculan, sehingga membuat sulit fokus untuk mengerjakan sesuatu. Akibatnya, produktivitas akan turun.

Mengambil waktu untuk menyendiri penting untuk memusatkan konsentrasi dan meraih fokus. Dampak baiknya berupa produktivitas meningkat dan pekerjaan bisa lebih berkualitas.

5. Konsentrasi dan memori membaik

Jangan Dilewatkan, 5 Manfaat Me Time yang Perlu Kamu Tahuilustrasi seseorang yang sedang fokus bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Meluangkan waktu untuk sendiri juga bisa berdampak baik pada tingkat konsentrasi. Very Well Mind melansir, ketika bekerja sendiri, perhatian dapat dicurahkan secara optimal pada hal yang dikerjakan karena minim distraksi, sehingga dapat meningkatkan daya ingat.

Berbeda ketika sedang bersama orang lain seperti saat kerja kelompok. Secara tidak sadar konsentrasi bisa turun karena ada anggapan yang muncul bahwa anggota kelompok lain akan melengkapi kekurangan yang ada. Karenanya, meluangkan waktu sendiri bagus untuk menjaga konsentrasi dan memori.

Sejenak meninggalkan hiruk-pikuk kehidupan sosial untuk menyendiri ternyata bisa sangat menyehatkan. Me time bukan hanya sebagai "pelarian" dari rasa penat, melainkan juga sebagai sarana untuk mengembangkan diri ke arah yang lebih baik.

Baca Juga: Batasi Screen Time, 5 Kegiatan Asyik saat Merasa Bosan

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya