3 Perubahan yang Bakal Kamu Alami saat Mulai Berani Berkata Tidak

Awalnya pasti sulit, tetapi kelak akan menuai kebahagiaan

Berbuat kebaikan merupakan hal yang sangat dianjurkan untuk siapa saja. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan membantu orang lain memenuhi apa yang mereka butuhkan. Namun, tanpa sadar, terkadang ketulusan hati yang kamu miliki itu justru dimanfaatkan oleh orang-orang tertentu untuk memenuhi kepentingannya semata. Dengan kata lain, kamu digunakan sebagai alat untuk memperoleh keuntungan sepihak.

Hal seperti ini biasanya terjadi bila kamu merupakan golongan people pleaser, yaitu orang-orang yang tidak tega untuk menolak permintaan orang lain meski kerap kali itu menyusahkan diri sendiri. Supaya kejadian ini bisa dihentikan, kamu harus mulai berani untuk mengatakan tidak pada apa pun yang memang tidak membuatmu nyaman. Ketika hal ini sudah kamu kerjakan, maka akan ada beberapa perubahan sebagai berikut!

1. Dijauhi oleh orang-orang tertentu

3 Perubahan yang Bakal Kamu Alami saat Mulai Berani Berkata Tidakilustrasi seseorang yang dijadikan bahan gosip (pexels.com/cottonbro)

Berubah menuju arah yang positif memang merupakan proses berat. Tidak terkecuali saat kamu memutuskan belajar untuk menolak sebuah permintaan. Awalnya, kamu akan merasa seperti salah langkah karena orang-orang tertentu mulai memprotes dan menjauhimu. Di fase ini, kamu bisa kehilangan banyak teman yang selama ini ada dan membutuhkan kehadiranmu.

Namun, kamu akan lekas menyadari bahwa mereka yang memilih untuk pergi itu sebenarnya adalah orang-orang yang hanya memanfaatkan kebaikan hatimu. Mereka sadar bahwa tidak bisa lagi menjadikanmu sebagai alat untuk mencapai tujuan sehingga memilih untuk menjauh begitu saja. Meski terasa bagaikan seorang diri, tetapi bertahanlah karena fase ini pasti akan terlalui.

Baca Juga: Hanya People Pleaser yang Paham Sulitnya Melakukan 6 Hal Ini

2. Mulai mengetahui siapa saja yang tetap tinggal di sisimu

dm-player
3 Perubahan yang Bakal Kamu Alami saat Mulai Berani Berkata Tidakilustrasi sahabat (pexels.com/Keira Burton)

Setelah ditinggalkan oleh orang-orang yang hanya memanfaatkan sikapmu yang tidak tega menolak permintaan itu, kamu bisa merasakan kesepian. Kamu yang tadinya seolah punya banyak teman di sisi, ternyata kini bagaikan seorang diri. Kini hanya tersisa beberapa orang saja yang memilih untuk tetap tinggal bersamamu.

Ketahuilah, justru mereka yang jumlahnya tidak seberapa itulah yang merupakan kawan sejati. Alih-alih merasa terganggu dengan perubahan sikapmu, mereka justru memberikan dukungan penuh karena itu baik untukmu. Kalau sudah begini, jagalah mereka dengan sebaik-baiknya agar hidupmu semakin bahagia.

3. Mendapatkan ketenangan hidup yang tidak ternilai harganya

3 Perubahan yang Bakal Kamu Alami saat Mulai Berani Berkata Tidakilustrasi seorang perempuan yang sedang memejamkan mata (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Menjadi sosok yang terlalu baik dengan tidak tega menolak permintaan orang lain bisa menjadi sumber stres yang nyata. Terkadang memang kamu memberikan pertolongan dengan senang hati karena permintaannya bukan sesuatu yang memberatkan. Namun, saat ada orang yang memintamu untuk melakukan beberapa hal yang bertentangan dengan prinsip atau mengganggu waktumu, pasti ini menjadi sangat berat, tetapi kamu pun merasa tidak berani untuk menolak.

Sekarang, saat kamu sudah belajar untuk mengatakan tidak pada apa pun yang memberatkanmu, kamu akan merasakan perubahan positif yang signifikan. Hidupmu kini terasa lebih ringan karena terbebas dari beban besar yang memang tidak seharusnya menjadi tanggunganmu. Hasilnya, kamu berhasil mendapatkan ketenangan yang tidak ternilai harganya. Selamat, ya!

Kamu berhak untuk mengatakan tidak pada apa pun yang memang tidak ingin kamu lakukan. Sekali pun permintaan itu datang dari orang terdekat, bila hal tersebut tidak sesuai dengan hati nurani atau begitu memberatkanmu, bukan masalah untuk menolaknya. Ini bukan menjadi hal yang perlu dipermasalahkan dan dipikirkan terlalu dalam. Jadi, bebaskan dirimu dari segala sesuatu yang menyiksa agar hatimu damai dan bahagia.

Baca Juga: 5 Cara Agar Terhindar dari Perilaku People Pleaser di Dunia Kerja

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya