Comscore Tracker

5 Pikiran Positif yang Bisa Dibangun saat Alami Masa Sulit

Bantu ringankan beban yang tengah kamu pikul

Hidup tidak selamanya mudah. Pasti ada satu masa dimana seseorang mengalami kesulitan yang terasa seperti tiada akhir.

Tentu ini merupakan sebuah kondisi yang berat. Bila tidak kuat mental dan fisik, yang ada malah timbul stres hebat dan merasa makin menderita.

Meski tidak mudah untuk dilalui, ada baiknya kamu tetap mencoba untuk berpikir tentang hal baik. Tumbuhkan keyakinan bahwa ini semua hanyalah sementara dan akan berakhir bahagia. Supaya kamu bisa lebih bersemangat, ayo bangun beberapa pikiran positif lewat sederet inspirasi berikut ini, yuk!

1. Ada rencana baik yang sedang Tuhan persiapkan untukmu

5 Pikiran Positif yang Bisa Dibangun saat Alami Masa Sulitilustrasi seseorang yang sedang merenung (pexels.com/Ган-Эрдэнэ Булгантамир)

Pernahkah kamu mengalami kesulitan justru saat memiliki niat untuk berbenah diri? Jangan berkecil hati apalagi berpikir buruk bahwa Tuhan tidak menyayangimu. Sikap seperti itu hanya akan memperkeruh keadaan.

Bangunlah sebuah keyakinan bahwa di balik sulitnya cobaan yang harus kamu lalui, sebenarnya Tuhan sedang mempersiapkan sesuatu yang besar untukmu. Oleh sebab itu, bersabarlah dan nikmati masa-masa sulit itu dengan penuh rasa syukur sebelum kamu menuai hasil yang membahagiakan.

2. Selalu ada hikmah yang bisa dipetik

5 Pikiran Positif yang Bisa Dibangun saat Alami Masa Sulitilustrasi seseorang yang sedang melamun (pexels.com/freestocks.org)

Selain sedih dan hampir putus asa, kira-kira perubahan apa saja yang kamu alami? Terkadang, kamu bahkan tidak menyadari bahwa ada banyak hal positif yang terjadi selama dalam masa sulit, seperti lebih sering berdoa, belajar untuk bersabar, bahkan kamu jadi paham penderitaan yang dirasakan orang lain.

Itu semua merupakan hikmah yang bisa dipetik dari kesulitan yang kamu alami. Sadari dan rasakan kebaikan-kebaikan yang muncul tersebut. Dengan begini, rasa syukurmu akan meningkat dan hati terasa lebih lapang.

Baca Juga: 5 Alasan Mengalami Masa Sulit Gak Selalu Berakhir Pahit

3. Tidak ada jalan mulus untuk mimpi yang besar

5 Pikiran Positif yang Bisa Dibangun saat Alami Masa Sulitilustrasi stres dalam bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setiap orang pasti memiliki cita-cita besar yang ingin diwujudkan, baik itu perihal karier, kehidupan asmara, atau hal-hal lainnya. Namun, tidak jarang ujian bertubi-tubi datang di saat kamu berusaha mewujudkan mimpi-mimpi hebat tersebut.

Kamu harus mengalami jatuh bangun yang menyakitkan, kegagalan yang pahit, hingga beragam kejadian yang kurang menyenangkan. Memang bukan sesuatu yang mudah untuk dilalui, tetapi itu merupakan proses yang akan menempa dirimu agar menjadi pribadi yang lebih baik. Bukankah pelaut yang andal tidak tercipta dari ombak yang tenang?

4. Setelah kesulitan pasti ada kemudahan

5 Pikiran Positif yang Bisa Dibangun saat Alami Masa Sulitilustrasi seseorang yang sedang fokus bekerja (pexels.com/SHVETS Production)

Tidak ada yang abadi di dunia. Semua memiliki batas waktu dan akan berakhir kapan saja ketika sudah mencapai takdirnya. Begitu pun dengan kesedihan dan kesulitan yang sedang terjadi kepadamu.

Semua kesusahan yang sedang menimpamu hanya akan berlangsung sementara waktu. Jika kamu terus berusaha yang terbaik dan bersabar, serta tetap berserah diri kepada Tuhan, maka kemudahan pasti akan datang. Jadi, yakinlah bahwa kamu akan mencapai hasil yang baik, ya!

5. Tidak ada usaha yang sia-sia

5 Pikiran Positif yang Bisa Dibangun saat Alami Masa Sulitilustrasi seseorang yang percaya diri (pexels.com/Los Muertos Crew)

Menjalani masa-masa sulit memang tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Di sisi lain merasa masih bisa bersabar, tetapi kenyataan yang dihadapi membuatmu ingin menangis sejadi-jadinya.

Mungkin kamu ingin menyerah karena telah menemui banyak kegagalan. Namun, ingatlah bahwa tidak ada usaha yang sia-sia. Teruslah mengusahakan yang terbaik semampumu dan kamu akan menuai hasil terbaik suatu saat nanti.

Membangun pikiran positif di kala menghadapi masa sulit dapat membantu mengobarkan semangat dan membuat perasaan lebih baik. Kepercayaan akan terwujudnya harapan jadi meningkat dan kamu bisa menjadi lebih tenang. Terus semangat, ya, kawan!

Baca Juga: 5 Manfaat Menerapkan Flexible Thinking untuk Kesehatan Mental

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya