Comscore Tracker

5 Pilihan yang Sebaiknya Kamu Ambil jika Memiliki Uang yang Banyak

Gunakan untuk kebaikan, ya!

Uang merupakan sesuatu yang dibutuhkan semua orang. Sebagai alat tukar yang sah, uang punya peran penting untuk membeli berbagai barang untuk kebutuhan dasar atau keperluan hiburan. Oleh sebab itu, orang berusaha untuk mendapatkan penghasilan sebaik mungkin.

Namun, bila ternyata kamu punya rezeki besar yang membuatmu punya uang dalam jumlah yang lebih untuk sekadar mencukupi kebutuhan, apa yang akan kamu lakukan? Supaya tidak salah arah, berikut pilihan bijak yang sebaiknya diambil untuk memanfaatkan uang tersebut.

1. Mengenyam pendidikan setinggi-tingginya

5 Pilihan yang Sebaiknya Kamu Ambil jika Memiliki Uang yang Banyakilustrasi kelulusan (unsplash.com/Jeremiah Lawrence)

Memanfaatkan kelebihan uang untuk kembali ke bangku sekolah adalah pilihan yang bijak. Menuntut ilmu tidak mengenal usia, sehingga jika ada kesempatan untuk menikmati pendidikan yang lebih tinggi, jangan disia-siakan.

Kamu bisa memilih untuk lanjut mempelajari bidang yang sudah kamu tekuni agar menjadi ahli, atau justru mengambil ilmu yang baru. Semuanya baik dan akan memberikan faedah bagi diri sendiri dan orang lain bila kamu mengamalkannya dengan benar.

2. Memulai usaha

5 Pilihan yang Sebaiknya Kamu Ambil jika Memiliki Uang yang Banyakilustrasi klinik hewan ramah kucing (unsplash.com/Joenomias M. de Jong)

Punya dana yang lebih bisa digunakan untuk memulai usaha. Tidak harus selalu langsung besar, merintis dari usaha kecil asal digarap dengan baik pun akan menuai potensi perkembangan yang pesat.

Kamu bisa coba untuk mendirikan toko, kafe, membuat peternakan, atau membuka jasa pelayanan kesehatan sesuai dengan latar belakang pendidikan. Selain bisa membuat lebih mandiri, kamu juga berpeluang untuk membuka lapangan kerja. Bisa memberikan keuntungan bagi diri sendiri dan orang lain, bukan?

Baca Juga: Sukses Bukan Cuma Uang, Ini 5 Jenis Tujuan Hidup yang Harus Dimiliki

3. Berinvestasi

5 Pilihan yang Sebaiknya Kamu Ambil jika Memiliki Uang yang Banyakilustrasi emas (pexels.com/Michael Steinberg)

Selain untuk disimpan, uang berlebih sebaiknya digunakan untuk berinvestasi. Kamu bisa memilih untuk membeli tanah, emas, atau lainnya. Selain itu, uang tersebut juga bisa diinvestasikan ke beragam produk seperti reksa dana, saham, dan sebagainya.

Namun, kamu perlu berhati-hati memilih jenis investasi. Sesuaikan dengan kemampuan agar tidak terasa memberatkan. Tidak kalah penting, harus resmi agar tidak menyesal di kemudian hari.

4. Membangun rumah ibadah

5 Pilihan yang Sebaiknya Kamu Ambil jika Memiliki Uang yang Banyakilustrasi masjid (pexels.com/Indra Gunawan)

Hidup di dunia ini sifatnya hanya sementara. Mengejar harta tidak akan ada habisnya, sehingga membuatmu lelah jika tidak mengindahkan batasan. Alangkah baiknya turut mempersiapkan bekal untuk kehidupan yang lebih kekal kelak.

Oleh sebab itu, jika kamu punya uang yang banyak, tidak ada salahnya untuk membangun tempat ibadah. Tidak harus membuat bangunan baru, memperbaiki yang sudah mulai rusak agar kembali kokoh dan tampak lebih cantik juga sama mulianya. Lengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang agar umat bisa beribadah dengan tenang. Pahala kebaikan pun akan mengalir untukmu.

5. Menyumbang untuk renovasi fasilitas umum

5 Pilihan yang Sebaiknya Kamu Ambil jika Memiliki Uang yang Banyakilustrasi pekerja bangunan (pexels.com/Ron Lach)

Menggunakan uang pribadi yang berlebih untuk kepentingan khalayak adalah sesuatu yang mulia. Sebagai contoh, kamu bisa menyumbang untuk perbaikan fasilitas umum yang sudah tidak layak pakai.

Tindakan ini akan membawa perubahan positif di lingkungan tersebut karena semakin banyak fasilitas yang bisa difungsikan kembali. Kontribusi yang kamu berikan akan membuat masyarakat sekitar menjadi bahagia dan tentu bisa menjadi amal yang baik untukmu pribadi.

Memiliki rezeki berupa uang yang banyak tentu merupakan anugerah luar biasa yang patut disyukuri. Oleh sebab itu, gunakan titipan Tuhan tersebut dengan sebaik mungkin untuk melakukan berbagai hal bermanfaat yang bisa memberi kontribusi nyata bagi diri sendiri dan orang lain.

Baca Juga: 5 Alasan Gak Setiap Hal Perlu Dihargai dengan Uang

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya