Comscore Tracker

6 Sifat yang Harus Dibuang Jauh-jauh agar Tidak Rugi di Kemudian Hari

Awas, bikin orang enggan berteman!

Manusia adalah makhluk yang memiliki dua sisi, yaitu baik dan buruk. Kedua sifat tersebut pasti ada, tergantung mana yang lebih dominan. Inilah yang membuat manusia tidak sempurna karena pada suatu titik bisa berbuat salah.

Meskipun sifat buruk tersebut memang ada dalam diri setiap orang, tetapi kamu punya pilihan untuk tidak mengembangkannya lebih jauh. Ketika keburukan tersebut dibuang sejauh mungkin, maka kamu akan terhindari dari banyak kerugian di kemudian hari.

Lalu, sifat buruk apa saja yang harus sebisa mungkin disingkirkan? Yuk simak poin-poinnya berikut ini!

1. Sombong

6 Sifat yang Harus Dibuang Jauh-jauh agar Tidak Rugi di Kemudian Hariilustrasi orang yang sombong (pexels.com/Анна Хазова)

Sebagaimana yang telah kamu tahu, sifat sombong selalu banyak ruginya. Namun, sayangnya masih banyak orang yang merasa dirinya lebih hebat dari siapa pun hanya karena punya banyak harta, gelar akademik berderet, dan sebagainya.

Percayalah, di atas langit masih ada langit. Jika kamu merasa kaya, masih banyak orang lain di luar sana yang lebih kaya. Jika kamu merasa paling hebat, masih banyak di luar sana yang punya pencapaian jauh lebih tinggi.

Oleh sebab itu, alangkah baiknya untuk menghindari sifat buruk ini karena apa yang dimiliki akan hilang suatu hari nanti. Tetaplah rendah hati agar kamu tenang dan terbebas dari kedengkian.

2. Serakah

6 Sifat yang Harus Dibuang Jauh-jauh agar Tidak Rugi di Kemudian Hariilustrasi uang tunai (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Menjadi orang serakah mungkin akan membuatmu banyak harta, tetapi tidak akan menjadikan kekayaan tersebut penuh berkah. Bagaimana tidak, kamu bisa menghalalkan segala cara untuk mendapatkan harta tersebut, bahkan termasuk merebut hak milik orang lain.

Bila sifat ini terus dipelihara, bukan tidak mungkin kamu akan mendapat banyak masalah di masa depan. Jadi, sebelum keburukan tersebut menimpamu, sebaiknya berhenti untuk serakah dan merasa cukuplah dengan apa yang sudah kamu miliki.

3. Kikir

6 Sifat yang Harus Dibuang Jauh-jauh agar Tidak Rugi di Kemudian Hariilustrasi bergosip (pexels.com/Keira Burton)

Sifat kikir adalah salah satu keburukan yang harus dihindari. Ketika kamu menjadi orang yang pelit, sebenarnya kamu sedang menjauh dari banyak pertolongan yang bisa menyelamatkan hidupmu suatu saat nanti.

Berbeda cerita jika kamu murah hati, tidak segan untuk berbagi rezeki, maka hati akan menjadi tenang. Orang-orang juga akan merasakan banyak manfaat dari apa yang kamu bagi. Pertolongan juga akan datang dari mana saja tanpa kamu sangka.

Baca Juga: Sadar Punya Sifat-Sifat Buruk? Jangan Lakukan 5 Hal Ini

4. Senang berbohong

6 Sifat yang Harus Dibuang Jauh-jauh agar Tidak Rugi di Kemudian Hariilustrasi mengobrol (pexels.com/cottonbro)

Kebohongan merupakan sesuatu yang tidak mulia. Sifat ini dapat memberikan kerugian, baik untuk diri sendiri mau pun orang lain. Satu tindakan menipu yang berhasil biasanya akan dilanjutkan dengan kebohongan lainnya, sehingga sulit untuk berhenti.

Jangan memelihara sifat buruk tersebut. Biasakanlah untuk selalu jujur, sekali pun sulit dan pahit. Jika kamu jujur, kamu tidak akan menanggung beban berat, sehingga hati akan terasa damai.

5. Senang pamer

6 Sifat yang Harus Dibuang Jauh-jauh agar Tidak Rugi di Kemudian Hariilustrasi orang kaya (pexels.com/cottonbro)

Memiliki banyak harta bukan berarti memberimu lampu hijau untuk pamer, terlebih di depan orang-orang yang hidupnya serba kekurangan. Memakai banyak perhiasan ketika keluar rumah, mengunggah foto atau video isi rumah ke media sosial, atau segala bentuk pamer lainnya sebenarnya sangat berbahaya.

Jika sedang tidak beruntung, kamu bisa saja menjadi sasaran empuk para perampok. Ini tentu sangat berbahaya dan bisa mengancam keselamatan diri. Oleh sebab itu, tidak perlu memamerkan harta kepada orang lain. Cukup kamu saja yang tahu agar tetap aman dan terhindar dari kejahatan.

6. Munafik

6 Sifat yang Harus Dibuang Jauh-jauh agar Tidak Rugi di Kemudian Hariilustrasi bergosip (pexels.com/cottonbro)

Sifat buruk terakhir yang harus dibuang jauh adalah munafik. Berkata dan berbuat sesuatu yang berbeda saat di depan publik dan ketika sendirian ini merupakan sesuatu yang membahayakan.

Saat orang belum sadar akan perbuatanmu tersebut, mungkin tidak akan ada apa-apa yang terjadi. Namun, bila orang tahu bahwa kamu bersifat munafik, mereka tidak akan segan untuk menjauh dan tidak akan mempercayaimu lagi.

Manusia memang tidak lepas dari ketidaksempurnaan. Namun, berusaha maksimal untuk menghilangkan sifat-sifat buruk tersebut dapat menyelamatkanmu dari berbagai kerugian yang bisa menimpa di kemudian hari. Semangat menjadi orang baik, yuk!

Baca Juga: 5 Sebab Kamu Gak Pernah Bisa Ubah Sifat Buruk Orang Lain

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya