Comscore Tracker

6 Tanda Teman yang Bersifat Suka Mengatur, Kamu Perlu Jaga Jarak!

Mereka bisa merampas kebebasanmu

Menjalin pertemanan atau bahkan persahabatan bisa menjadi salah satu hal yang paling mengasyikkan, asalkan kita bertemu dengan orang yang tepat. Sayangnya, tidak semua teman memiliki karakter baik yang bisa mendukungmu berproses lebih jauh.

Beberapa teman punya karakter controlling alias suka mengatur terhadap dirimu. Mereka berusaha “menyetir” keadaan sedemikian rupa untuk membuatmu menuruti kemauannya. Tentu saja ini bukan pertanda hubungan pertemanan yang baik. Jangan sampai terjebak dengan teman yang suka mengendalikan karena mereka akan membuat hidupmu sulit.

Demi kebaikanmu, kenali tanda-tanda si tukang mengatur sebagai berikut.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Termasuk Orang yang Produktif, Mampu Mengatur Kegiatan!

1. Merasa dirinya paling benar

6 Tanda Teman yang Bersifat Suka Mengatur, Kamu Perlu Jaga Jarak!ilustrasi orang yang sombong (pexels.com/Анна Хазова)

Bertindak sebagai seorang yang memiliki sifat superior dalam pertemanan adalah salah satu ciri orang yang controlling. Ketika kamu punya opini yang berbeda, mereka tidak segan menjatuhkanmu atau menganggapmu bodoh.

Teman seperti ini akan selalu merasa dirinya paling benar dan paling pintar, sehingga akan mudah untuk merendahkanmu. Mereka tidak bisa menerima perbedaan, apalagi jika mengancam kepentingannya.

2. Suka menciptakan drama

6 Tanda Teman yang Bersifat Suka Mengatur, Kamu Perlu Jaga Jarak!ilustrasi bergosip (pexels.com/Keira Burton)

Orang yang hobi mengatur akan mudah untuk menciptakan drama hanya karena mereka suka memicu permasalahan denganmu. Mereka bisa mengubah suasana hati secara drastis atau membesar-besarkan masalah yang sebenarnya bisa diselesaikan dengan mudah.

Mereka adalah jenis orang yang tidak bisa menghargai orang lain. Orang seperti ini juga berpotensi untuk menyebarkan rumor atau gosip tentangmu dan tidak peduli jika kamu akan merasa sakit hati.

Baca Juga: 6 Zodiak yang Paling Suka Mengatur, Lagaknya seperti Bos!

3. Memiliki sifat manipulatif

6 Tanda Teman yang Bersifat Suka Mengatur, Kamu Perlu Jaga Jarak!ilustrasi memanipulasi seseorang (pexels.com/SHVETS Production)

Teman dengan sifat manipulatif akan memanfaatkan sisi baik dan kelemahan dirimu untuk mengendalikanmu atau keadaan. Mereka dengan cerdik menggunakan rasa belas kasihan dan kedermawanan yang kamu miliki untuk meraih keuntungan pribadi.

Selain itu, teman seperti ini tidak segan untuk membuka aibmu di depan publik untuk membuatmu terlihat buruk. Hal ini dilakukan ketika dia merasa kamu tidak bisa menuruti keinginannya.

4. Tidak tahu cara menghargai

6 Tanda Teman yang Bersifat Suka Mengatur, Kamu Perlu Jaga Jarak!ilustrasi pasangan yang sedang bertengkar (pexels.com/MART PRODUCTION)

Teman yang suka mengendalikanmu tidak tahu bagaimana cara menghargaimu. Mereka bisa saja membuatmu sebagai bahan candaan atau meremehkan prinsipmu. Di saat kamu menunjukkan sikap tidak suka atas candaan tidak lucu tentang dirimu, mereka akan mengatakan kamu terlalu sensitif.

Teman seperti ini akan mudah melabelimu sebagai orang egois ketika kamu mencoba untuk menolak keinginannya. Intinya, selagi kepentingannya tidak dapat diraih, kamu akan selalu menjadi orang yang disalahkan.

5. Suka menuntut

6 Tanda Teman yang Bersifat Suka Mengatur, Kamu Perlu Jaga Jarak!ilustrasi banyak tuntutan (pexels.com/Yan Krukov)

Salah satu tanda teman yang suka mengendalikan adalah memiliki tuntutan yang besar terhadapmu. Mereka tidak rela jika urusan dengan orang lain lebih diprioritaskan.

Ketika kamu tidak bisa menuruti kemauan teman tersebut, dia akan dengan mudah menyebutmu sebagai teman yang tidak baik. Teman seperti ini tidak akan membiarkanmu menikmati kebebasan.

6. Meremehkan privasimu

6 Tanda Teman yang Bersifat Suka Mengatur, Kamu Perlu Jaga Jarak!ilustrasi cemburu (pexels.com/Budgeron Bach)

Seorang teman yang baik akan memberikan privasi kepadamu. Namun, jika temanmu ternyata sangat mengekangmu tanpa memberikan sedikitpun kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman yang lain, waktunya kamu waspada.

Teman yang menghalangimu untuk bersosialisasi dengan orang lain adalah teman yang tergolong suka mengatur. Mereka merasa insecure dengan orang lain yang berinteraksi denganmu, sehingga tidak ragu untuk melontarkan kritik atau komentar tidak menyenangkan pada orang tersebut. Intinya, kamu hanya boleh menghabiskan waktu untuk menemaninya.

Teman yang baik tidak akan pernah memaksakan kehendak dengan cara mengendalikan apa saja yang akan kamu perbuat untuk kepentingan dirinya. Jika berhadapan dengan orang semacam ini, kamu harus bijak agar tidak mudah terjebak. Tetap waspada, ya!

Baca Juga: 9 Tanda Pacar Suka Mengatur, Serius Ingin Lanjutkan Hubungan?

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya