Comscore Tracker

5 Tindakan yang Jadi Sumber Malapetaka, Jangan sampai Terjadi!

Selalu berhati-hati dalam melakukan segala hal

Sering kita mendengar nasihat bahwa sebaiknya selalu berhati-hati sebelum melakukan sebuah perbuatan. Hal ini bertujuan untuk menghindari munculnya konsekuensi buruk yang tentunya tidak diinginkan oleh siapa pun.

Nasihat tersebut memang benar adanya. Ketika seseorang tidak berpikir panjang sebelum melakukan tindakan, biasanya dia akan menuai beragam masalah yang bahkan dapat menghancurkan kehidupannya.

Supaya hal semacam ini tidak terjadi padamu, ketahui beberapa tindakan yang bisa menjadi sumber malapetaka sebagai berikut. Jangan sampai melakukannya, ya!

1. Berbicara di luar kapasitas

5 Tindakan yang Jadi Sumber Malapetaka, Jangan sampai Terjadi!ilustrasi berbicara di depan banyak orang (pexels.com/Henri Mathieu-Saint-Laurent)

Di zaman seperti ini, setiap orang boleh menyampaikan pendapatnya dengan bebas. Sayangnya, kesempatan ini terkadang digunakan oleh oknum tertentu untuk berbicara sesuatu di luar kapasitas.

Akibatnya, banyak beredar informasi menyesatkan dan membuat situasi menjadi kacau. Perbuatan yang demikian juga berpotensi menyeret orang tersebut untuk berurusan dengan hukum ketika merasa ada yang dirugikan.

Oleh sebab itu, jangan melakukan tindakan apa pun di luar kompetensi diri, termasuk dalam menyampaikan suatu pendapat. Katakan tidak tahu bila memang merasa tidak mampu untuk menjawab suatu pertanyaan karena hal ini akan lebih aman dan menghindarkanmu dari masalah.

2. Terlalu mencampuri urusan orang lain

5 Tindakan yang Jadi Sumber Malapetaka, Jangan sampai Terjadi!ilustrasi mengobrol (pexels.com/Gustavo Fring)

Memiliki rasa penasaran terhadap sesuatu memang sah-sah saja. Namun, kalau sudah sampai pada tahap selalu ingin tahu kehidupan orang lain, bahkan kerap ikut campur, rasanya sudah tidak wajar.

Kalau kamu termasuk orang yang suka mencampuri urusan orang lain, sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut. Jangan sampai menjadi sosok yang tidak tahu malu dan mengganggu ketenangan.

Selain itu, perilaku semacam ini juga dapat membawamu ke dalam situasi yang sangat rumit. Padahal, sebenarnya hal tersebut dapat dihindari seandainya kamu tidak terlibat dalam hal yang bukan urusanmu. Jadi, kendalikan diri dan urus kehidupanmu sendiri, ya!

Baca Juga: 5 Batasan-batasan dalam Keseharian yang Harus Diketahui oleh Anak

3. Tidak menjaga batasan dengan lawan jenis

5 Tindakan yang Jadi Sumber Malapetaka, Jangan sampai Terjadi!ilustrasi mengobrol (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Sebagai makhluk sosial, manusia memang selalu membutuhkan interaksi dengan orang lain. Tidak hanya itu, memperluas jaringan pertemanan juga sangat direkomendasikan karena dapat memberikan berbagai dampak positif dalam kehidupan.

Namun, jangan sampai lupa diri dan tidak bisa menjaga batasan dengan lawan jenis, terutama yang sudah berpasangan. Kalau terjadi salah paham, kamu bisa terkena masalah yang rumit dan mengacaukan reputasi baikmu.

4. Bertindak tanpa pikir panjang

5 Tindakan yang Jadi Sumber Malapetaka, Jangan sampai Terjadi!ilustrasi seseorang yang sedang bingung (pexels.com/Karolina Grabowska)

Ketika sedang dilanda emosi, seseorang cenderung melakukan tindakan nekat. Biasanya, hal ini bertujuan untuk melampiaskan amarah agar perasaan menjadi lebih baik.

Sayangnya, sesuatu seperti ini tidak didahului dengan pemikiran yang matang, sehingga rentan menimbulkan malapetaka. Tindakan yang dilakukan tanpa perhitungan sering kali menimbulkan banyak kekacauan.

Akibatnya, orang lain merasa dirugikan dan kamu pun harus mempertanggungjawabkan perbuatan tersebut. Tentu kamu tak mau sampai hal ini terjadi, kan?

5. Menuduh tanpa bukti yang jelas

5 Tindakan yang Jadi Sumber Malapetaka, Jangan sampai Terjadi!ilustrasi menuduh seseorang (pexels.com/Alex Green)

Manusia terkadang begitu memperhatikan gerak-gerik orang lain dan mengambil kesimpulan sendiri terhadap apa yang dilihatnya, terutama untuk sesuatu yang dianggap mencurigakan. Jika tidak mampu menahan diri, orang tersebut bisa langsung menuduh tanpa bukti yang jelas.

Tindakan seperti ini sangat rawan menjadi sumber fitnah. Kalau orang yang dituduh merasa sakit hati dan tidak terima dengan perlakuan buruk yang ditujukan kepadanya, dia bisa membawa kasus ini ke ranah hukum. Pasti akan menjadi rumit!

Ada beberapa hal yang mungkin tidak kamu sadari dapat menjadi sumber malapetaka dalam kehidupan. Oleh sebab itu, sudah seharusnya setiap manusia bertindak dengan lebih hati-hati, sehingga bisa terhindar dari beragam permasalahan yang membawa kerugian besar.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Bersikap Tegas dalam Menetapkan Batasan

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya