Comscore Tracker

5 Tips untuk Membangkitkan Motivasi Diri, Siap Meraih Kesuksesan!

Ciptakan keberhasilan kecil sebagai pemantik semangat

Setiap orang punya cita-cita yang ingin digapai. Memang butuh kerja keras dan banyak pengorbanan untuk meraih kesuksesan, tetapi ada satu hal penting yang harus ada sebelum memulai semua proses tersebut, yaitu hadirnya motivasi.

Sering kali seseorang punya banyak mimpi dan mulai berandai-andai ketika mimpi tersebut benar menjadi kenyataan. Namun, sayangnya tidak diimbangi dengan motivasi yang tinggi, sehingga pada akhirnya rasa malas yang justru mendominasi.

Supaya kamu bisa menumbuhkan motivasi diri, yuk ikuti tips berikut ini!

1. Perbanyak paparan motivasi

5 Tips untuk Membangkitkan Motivasi Diri, Siap Meraih Kesuksesan!ilustrasi diskusi (pexels.com/Buro Millennial)

Cara pertama untuk menumbuhkan motivasi adalah dengan sebanyak mungkin mencari paparan motivasi dari luar. Kamu bisa belajar dari teman yang sudah sukses, mengobrol dengan orang yang sedang merintis usaha atau hobi baru, dan sebagainya.

Kamu bahkan bisa belajar dari film-film yang mengangkat kisah sukses seseorang, baik itu fiksi mau pun non fiksi. Hal sederhana seperti ini bila dilakukan secara terus-menerus dapat membantu membangkitkan semangat, sehingga kamu pun termotivasi untuk turut berusaha meraih mimpi.

2. Mulai dari hal kecil

5 Tips untuk Membangkitkan Motivasi Diri, Siap Meraih Kesuksesan!ilustrasi seseorang yang sedang belajar (pexels.com/Julia M. Cameron)

Ketika motivasimu sudah muncul, cobalah untuk memulai mewujudkan mimpi-mimpi skala kecil terlebih dahulu. Susun rencana dan strategi untuk mewujudkan tujuanmu dan mulai eksekusi sesegera mungkin.

Keberhasilan-keberhasilan kecil yang tercapai tersebut akan mampu untuk memantik motivasimu tumbuh semakin besar. Akhirnya, keberanianmu akan terkumpul untuk merealisasikan tujuan yang jauh lebih hebat.

Baca Juga: 5 Tips Atasi Rasa Malas Belajar, Cari Motivasi!

3. Bergaul dengan orang-orang yang suportif

5 Tips untuk Membangkitkan Motivasi Diri, Siap Meraih Kesuksesan!ilustrasi yoga (pexels.com/Antoni Shkraba)

Supaya motivasi yang mulai tumbuh tersebut tidak redup kembali, kelilingi dirimu dengan orang-orang yang suportif. Orang yang tepat akan mampu memahami apa yang menjadi tujuanmu, sehingga mereka akan membantu mengingatkan bila kamu mulai lupa atau mulai ingin menyerah.

Jauhi orang-orang yang berusaha menjatuhkanmu karena mereka akan menghilangkan motivasi yang sudah berhasil tumbuh. Jangan sampai kamu kembali ke titik awal hanya karena bergaul dengan orang yang salah.

4. Berlapang dada menerima kritik yang membangun

5 Tips untuk Membangkitkan Motivasi Diri, Siap Meraih Kesuksesan!ilustrasi mengobrol (pexels.com/cottonbro)

Keberadaan motivasi juga bisa dipupuk dengan adanya kritik yang membangun. Kritik yang benar akan memicu dirimu berbuat sesuatu yang baik dalam rangka membuktikan potensi besar yang kamu miliki.

Mintalah teman-teman dekat atau orang-orang yang berada di sekelilingmu untuk memberikan penilaian dan kritik tersebut. Pilah dan pilih mana saja yang dapat dijadikan pemicu yang baik dan segeralah membenahi diri.

5. Jadikan masa depan yang cerah sebagai tujuan

5 Tips untuk Membangkitkan Motivasi Diri, Siap Meraih Kesuksesan!ilustrasi memenangkan kompetisi (pexels.com/Anna Tarazevich)

Siapa pun tentu ingin memiliki kehidupan yang baik di masa depan. Namun, tidak ada hal besar yang terjadi tanpa usaha yang gigih. Oleh sebab itu, kamu tidak boleh hanya bermalas-malasan saja bila ingin memiliki masa depan yang cerah.

Tujuan memiliki masa depan cemerlang ini biasanya ampuh untuk menumbuhkan dan merawat motivasi diri. Bila kamu lelah dan ingin menyerah, cobalah untuk selalu mengingat tujuan besarmu itu dan bangkitlah kembali.

Ternyata membangkitkan motivasi diri tidak sesulit yang dikira, ya? Asal punya niat dan mau berusaha, tidak mustahil motivasi akan selalu dimiliki, sehingga punya energi untuk mengejar mimpi-mimpi. Jangan patah semangat!

Baca Juga: 5 Cara Mencapai Segala Tujuan dalam Hidup, Buat Masa Depan Cemerlang!

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya