Comscore Tracker

5 Tips Mengadakan Buka Bersama agar Perut Kenyang dan Hati Nyaman

Jangan sampai lupa salat Magrib, ya!

Bulan Ramadan selalu identik dengan kegiatan buka bersama. Bagaimana tidak, momen yang hanya datang setahun sekali memang harus dimanfaatkan untuk sekalian menyambung tali silaturahmi, apalagi setelah pandemik.

Namun, tidak jarang bulan suci yang harusnya diisi dengan banyak kegiatan ibadah jadi terabaikan karena terlalu asyik mengobrol dengan teman. Nah, supaya momen buka bersama tetap seru tanpa kehilangan nilai keberkahannya, ikuti tips di bawah ini, yuk!

1. Rencanakan dari jauh hari

5 Tips Mengadakan Buka Bersama agar Perut Kenyang dan Hati Nyamanilustrasi kafe (pexels.com/Igor Starkov)

Mengadakan acara buka bersama memang salah satu hal yang sering dilakukan saat Ramadan. Oleh sebab itu, banyak orang berlomba-lomba untuk memesan tempat agar bisa berbuka bersama sanak saudara atau teman-teman lainnya.

Bila kamu memiliki keinginan yang sama, maka pastikan untuk merencanakan kegiatan tersebut jauh sebelum hari pelaksanaan. Atur jadwal yang tepat bersama kawan-kawan dan pesan tempat yang nyaman. Dengan begini, kamu tidak perlu khawatir kehabisan tempat, deh!

2. Pesan tempat yang mudah dijangkau oleh seluruh peserta

5 Tips Mengadakan Buka Bersama agar Perut Kenyang dan Hati Nyamanilustrasi kegiatan makan bersama (pexels.com/ELEVATE)

Dalam memilih tempat untuk berbuka puasa, tidak hanya faktor makanan enak yang jadi poin utama, tetapi lokasi juga perlu dipertimbangkan. Pilih restoran yang strategis dan mudah dijangkau oleh seluruh atau sebagian besar peserta kegiatan buka bersama.

Memilih tempat yang punya akses mudah tentu meningkatkan kesempatan untuk semakin banyak peserta yang bisa hadir di acara tersebut. Momen buka bersama jadi semakin meriah, kan?

Baca Juga: Mau Tetap Sehat Selama Puasa? Pilih 10 Minuman Segar Buka Puasa Ini!

3. Pilih tempat yang memiliki jaminan menu halal

5 Tips Mengadakan Buka Bersama agar Perut Kenyang dan Hati Nyamanilustrasi makan bersama (pexels.com/mentatdgt)

Ada banyak restoran yang menyajikan berbagai menu lezat menggugah selera. Cukup dengan membayangkan makanannya saja, kamu sudah dibuat lapar dan ingin segera menyantapnya selepas azan Magrib nanti.

Namun, pastikan kamu memilih tempat makan yang memiliki jaminan halal untuk setiap sajiannya. Jangan sampai salah pilih agar puasamu tetap berkah, ya!

4. Pastikan restoran yang dipilih punya tempat untuk salat

5 Tips Mengadakan Buka Bersama agar Perut Kenyang dan Hati Nyamanilustrasi laki-laki yang sedang menjalankan ibadah salat (pexels.com/Michael Burrows)

Memilih restoran untuk berbuka puasa tidak boleh dilakukan secara asal. Ada banyak pertimbangan, salah satunya keberadaan tempat salat. Pastikan memilih restoran yang menyediakan fasilitas tempat salat atau setidaknya berlokasi dekat dengan masjid atau musala.

Keberadaan tempat ibadah tersebut akan sangat memudahkan ketika hendak melaksanakan salat. Ini juga menghindarkanmu dari lalai melaksanakan kewajiban karena terlalu asyik menikmati berbagai hidangan untuk berbuka puasa.

5. Mulailah makan berat setelah salat

5 Tips Mengadakan Buka Bersama agar Perut Kenyang dan Hati Nyamanilustrasi seseorang yang sedang berbuka puasa (pexels.com/RODNAE Productions)

Sebagaimana yang telah kamu ketahui, waktu Magrib memiliki durasi yang pendek. Oleh sebab itu, menyegerakan untuk salat setelah berbuka puasa adalah lebih baik agar waktu Magrib tidak terlewat.

Oleh sebab itu, sebaiknya begitu terdengar suara azan, kamu bisa menyegerakan berbuka dengan minum air dan makan kurma atau makanan ringan terlebih dahulu, lalu lanjut untuk salat Magrib. Makan berat bisa dilaksanakan selepas salat sehingga tidak ada kewajiban yang terabaikan dan hati menjadi tenang.

Kegiatan buka bersama baik dengan keluarga atau dengan teman-teman memanglah menjadi sebuah hal yang menyenangkan. Namun, jangan sampai melupakan hal-hal penting bernilai ibadah yang sifatnya wajib karena terlalu bersemangat untuk makan, ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Membatalkan Puasa dan Membuat Puasa Jadi Tidak Sah

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya