Comscore Tracker

5 Tips untuk Mengatasi Rasa Lelah yang Mendera Sepanjang Waktu

Saatnya bersemangat dan bangkit kembali!

Sebagai manusia, terkadang kita ingin selalu bersemangat dalam melakukan pekerjaan. Banyak goals yang ingin dicapai, sehingga bekerja tanpa henti untuk meraih impian tersebut.

Namun, ada saat-saat di mana energi yang dimiliki hanya tersisa sedikit dan tubuh merasa lelah. Biasanya, dengan istirahat cukup, tubuh bisa kembali segar seperti sedia kala.

Sayangnya, sebagian orang justru mengalami rasa lelah yang seakan tiada habisnya dan berakhir malas untuk melakukan segala sesuatu. Buat kamu yang merasa selalu lelah, tidak ada salahnya mencoba lima tips di bawah ini untuk mengembalikan energi.

1. Cari udara segar

5 Tips untuk Mengatasi Rasa Lelah yang Mendera Sepanjang Waktuilustrasi seseorang sedang menikmati alam (pexels.com/Noelle Otto)

Rasa lelah terkadang bisa muncul karena terlalu lama berkutat di dalam ruangan. Pemandangan serba dinding atau rekan kerja yang berlalu lalang akan menciptakan rasa jenuh yang bisa mengakibatkan stres dan lelah.

Cobalah meluangkan waktu untuk berjalan-jalan di luar ruangan sekedar mencari udara segar atau paparan sinar matahari yang hangat. Melihat pemandangan yang beda dari rutinitas akan membuat pikiran lebih tenang dan energi meningkat. Efeknya, tubuh jadi terasa lebih segar dan rasa lelah berkurang.

2. Olahraga cukup

5 Tips untuk Mengatasi Rasa Lelah yang Mendera Sepanjang Waktuilustrasi berolahraga (pexels.com/Valeria Ushakova)

Saran untuk berolahraga saat merasa lelah sepertinya terdengar mengada-ada. Namun, ternyata olahraga bisa membantu untuk mengatasi rasa lelah berkepanjangan yang dirasakan oleh seseorang. Dilansir Science Daily, berdasarkan riset dari University of Georgia, melakukan olahraga intensitas rendah secara regular dapat menurunkan tingkat kelelahan hingga 65 persen dan meningkatkan energi hingga 20 persen.

Pilihlah olahraga seperti berenang, bersepeda, berjalan, atau olahraga rekreasi seperti tenis atau golf. Jika tidak suka olahraga, bergerak cukup dengan cara membersihkan rumah atau berkebun juga bisa berefek sama seperti olahraga.

Baca Juga: 5 Cara Menerima Kegagalan Agar Tetap Semangat

3. Tetapkan tujuan yang bisa digapai di hari itu

5 Tips untuk Mengatasi Rasa Lelah yang Mendera Sepanjang Waktuilustrasi to do list (pexels.com/Natasha Fernandez)

Terkadang rasa lelah diakibatkan oleh adanya ekspektasi yang terlalu tinggi, apalagi jika tidak disesuaikan dengan kemampuan diri. Karena gagal mewujudkan hal yang muluk-muluk, akhirnya tubuh dan pikiran menjadi lelah.

Guna mengatasi hal ini, ada baiknya untuk sedikit menurunkan ekspektasi. Kamu bisa memulai dari melakukan hal-hal kecil yang sesuai dengan kemampuan diri. Buatlah to-do-list rencana kegiatan di hari itu dan jangan lupa coret yang sudah dilakukan. Capaian kecil yang terjadi setiap hari akan meningkatkan energi dan mengembalikan semangat.

4. Terapkan sleep hygiene dengan baik

5 Tips untuk Mengatasi Rasa Lelah yang Mendera Sepanjang Waktuilustrasi seseorang yang sedang tidur (pexels.com/Ivan Oboleninov)

Dilansir American Academy of Sleep Medicine, istilah sleep hygiene merujuk pada serangkaian kebiasaan tidur sehat yang dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk merasa mengantuk dan tidak terbangun selama waktu tidur. Sleep hygiene biasanya digunakan untuk mengatasi masalah insomnia.

Rasa lelah yang dialami selama ini mungkin saja akibat kebiasaan tidur yang tidak tepat. Oleh sebab itu, mulai perbaiki kebiasaan tidur sesuai anjuran kesehatan untuk mendapatkan kualitas istirahat yang baik agar tubuh segar kembali.

5. Minta bantuan profesional

5 Tips untuk Mengatasi Rasa Lelah yang Mendera Sepanjang Waktuilustrasi psikolog dan pasiennya (pexels.com/SHVETS production)

Merasa lelah tiada akhir bukan sesuatu yang normal. Dilansir Very Well Mind, rasa lelah berkepanjangan yang bahkan berlanjut menjadi rasa kantuk yang sulit untuk diatasi bisa jadi salah satu tanda mengalami depresi.

Jika kamu mengalami tanda tersebut, ada baiknya untuk segera menemui tenaga profesional untuk membantu menegakkan diagnosa yang pasti. Semakin cepat tanda depresi diketahui, maka semakin mudah masalah tersebut diatasi.

Nah, setelah membaca tips di atas, saatnya mencoba untuk menerapkannya. Semoga bisa membantu meningkatkan semangat dan menghilangkan lelah, ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Diharapkan Pria dari Pasangan Saat Dirinya Lelah Bekerja

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya