Comscore Tracker

5 Tips Menghadapi Orang yang Senang Mengumbar Janji, Biarkan Saja!

Tetaplah waspada agar tidak mudah tertipu

Kamu tentu sepakat bahwa di dunia ini ada orang yang hobinya senang mengumbar janji. Dia mengatakan banyak hal manis yang sungguh terdengar menyenangkan bagi banyak orang.

Sayangnya, orang semacam ini kebanyakan hanya besar mulut saja. Mereka pandai untuk berkata manis, tetapi tidak mampu untuk membuktikan satu pun ucapannya.

Kalau kamu bertemu dengan manusia seperti ini, hadapi dengan beberapa tips berikut!

1. Jangan percaya sepenuhnya pada apa yang dikatakannya

5 Tips Menghadapi Orang yang Senang Mengumbar Janji, Biarkan Saja!ilustrasi percakapan (pexels.com/George Pak)

Orang yang suka berkata manis dan membuat janji sering kali nihil dalam bukti. Mereka hanya pandai menebar hal-hal yang terdengar indah hingga membuat orang yang kurang waspada mudah tertipu.

Oleh sebab itu, bersikaplah secara bijak. Jangan mudah percaya pada perkataan orang semacam itu agar tidak merasa kecewa bila janji tidak dipenuhi.

2. Tantang orang tersebut untuk memenuhi janjinya

5 Tips Menghadapi Orang yang Senang Mengumbar Janji, Biarkan Saja!ilustrasi mengobrol (pexels.com/Ivan Samkov)

Ketika kamu didekati oleh orang yang suka mengumbar janji, ada hal yang bisa kamu lakukan sebagai respon terhadap perbuatan semacam itu. Bila dia terus mengganggumu, tantanglah orang tersebut untuk membuktikan perkataannya.

Tantangan semacam ini biasanya akan membuat gentar orang yang hanya pandai berbicara tanpa adanya usaha untuk mewujudkan kata-kata yang diucapkan. Jika dia tidak sanggup, besar kemungkinan orang tersebut akan menjauh dan kamu bisa terbebas darinya.

Baca Juga: 5 Bahaya Sering Mengumbar Janji yang Tak Ditepati, Stop, ya!

3. Peringatkan dia untuk hati-hati

5 Tips Menghadapi Orang yang Senang Mengumbar Janji, Biarkan Saja!ilustrasi berdiskusi (pexels.com/Thirdman)

Tidak menutup kemungkinan orang yang punya kebiasaan mengumbar janji tersebut adalah temanmu sendiri. Jika kondisinya demikian, tidak ada salahnya kamu memberikan peringatan agar dia lebih berhati-hati dengan tindakannya.

Seperti kata peribahasa, “Sepandai-pandainya tupai melompat, pasti akan jatuh juga”. Nasib yang sama mungkin bisa menimpa temanmu karena suatu hari dia akan menuai hasil dari perbuatannya tersebut.

4. Hindari berinteraksi terlalu intens

5 Tips Menghadapi Orang yang Senang Mengumbar Janji, Biarkan Saja!ilustrasi saling diam (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Bertemu dengan orang yang suka mengumbar janji memang menjadi salah satu mimpi buruk. Orang seperti ini bisa menimbulkan situasi yang tidak nyaman, terlebih jika dia berada di lingkungan sekitarmu.

Supaya kamu tidak terganggu dengan orang yang suka mengumbar janji, usahakan untuk tidak mengadakan interaksi yang terlalu intens. Hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa risi yang kamu rasakan, sehingga hidup menjadi lebih nyaman.

5. Biarkan dia berkata sesuka hatinya

5 Tips Menghadapi Orang yang Senang Mengumbar Janji, Biarkan Saja!ilustrasi mengabaikan seseorang (pexels.com/Liza Summer)

Kalau semua cara di atas dirasa tidak efektif, kamu bisa memilih tips terakhir yaitu mengabaikan. Biarkan orang tersebut berkata sesuka hatinya, menebar segala janji manis kepada banyak orang.

Cukup pedulikan diri dan hidupmu sendiri. Fokuslah pada apa yang menjadi tugasmu dan jangan mengurus perbuatan orang tersebut. Kamu akan bahagia tanpa ada beban yang harus ditanggung. Bukan begitu?

Selalu tingkatkan kewaspadaan bila bertemu dengan orang yang suka mengumbar janji. Jangan sampai termakan oleh kata-kata manis yang pada akhirnya hanya mampu memberikan kekecewaan yang mendalam.

Baca Juga: [QUIZ] Apakah Kamu Tipe Orang yang Sering Mengumbar Janji?

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya