Comscore Tracker

6 Tips untuk Merawat Diri agar Senantiasa Sehat Kini dan Nanti

Sayangi dirimu sepenuh hati, ya!

Merawat diri merupakan bentuk ekspresi kasih sayang yang bisa kamu berikan kepada dirimu sendiri. Dengan menjaga diri sebaik mungkin, itu artinya mensyukuri nikmat yang telah Tuhan anugerahkan kepadamu.

Lalu, bagaimana cara merawat diri yang baik? Tidak perlu langsung mengubah gaya hidup secara drastis, kamu bisa mulai dari hal-hal kecil terlebih dahulu. Jika kamu bingung, berikut ada tips merawat diri bermanfaat yang bisa kamu ikuti.

1. Konsumsi makanan bergizi

6 Tips untuk Merawat Diri agar Senantiasa Sehat Kini dan Nantiilustrasi makan (pexels.com/Mikhail Nilov)

Tubuh yang kamu miliki adalah anugerah yang harus disyukuri. Oleh karena itu, berikan tubuh perawatan terbaik, salah satunya dengan mengonsumsi berbagai makanan yang bergizi.

Dalam laporan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) yang diterbitkan pada 16 Mei 2021, memenuhi asupan gizi membantu untuk meningkatkan imunitas, menjaga kesehatan berbagai organ, menurunkan risiko berbagai penyakit, serta pada akhirnya membantu untuk memperpanjang usia. Jadi, kurangi konsumsi makanan instan dan perbanyak asupan makanan yang lebih bergizi, ya.

2. Olahraga teratur

6 Tips untuk Merawat Diri agar Senantiasa Sehat Kini dan Nantiilustrasi berolahraga (pexels.com/William Choquette)

Olahraga sebenarnya menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi. Aktivitas ini punya banyak manfaat yang bisa membuat tubuh sehat dan perasaan lebih bahagia.

Dilansir Mayo Clinic, olahraga membuat tubuh merilis endorphin, sebuah neurotransmitter yang berfungsi untuk memicu rasa bahagia dan sekaligus sebagai penghilang rasa sakit alami. Oleh sebab itu, mulailah rutin berolahraga meski pun ringan dan sebentar, ya!

3. Cukup istirahat

6 Tips untuk Merawat Diri agar Senantiasa Sehat Kini dan Nantiilustrasi seseorang yang sedang tidur (pexels.com/Ivan Oboleninov)

Bekerja memang salah satu kegiatan yang harus dilakukan agar bisa memiliki penghasilan untuk mencukupi kebutuhan harian dan mewujudkan impian. Namun, jangan sampai lupa waktu hingga mengabaikan kesehatan.

Bila sudah merasa lelah, jangan memaksakan diri. Ambillah jeda secukupnya untuk mengistirahatkan badan dan pikiran. Bekerja pada saat tubuh tidak bugar juga tidak akan maksimal dan malah berpotensi menurunkan kesehatanmu.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sederhana untuk Membangun Pola Hidup Sehat Setiap Harinya

4. Kelola stres dengan benar

6 Tips untuk Merawat Diri agar Senantiasa Sehat Kini dan Nantiilustrasi membaca buku (pexels.com/George Milton)

Setiap orang pasti punya hal yang menjadi tanggung jawab dalam hidup. Bila yang ditanggung terlalu banyak, tidak menutup kemungkinan akan menjadi beban berat yang menimbulkan stres. Tentu saja ini menjadi sesuatu yang terasa tidak nyaman.

Bagaimana pun juga kamu memang tidak bisa lari dari tanggung jawab tersebut. Namun, kamu punya pilihan untuk tetap menjaga kewarasan melalui pengelolaan stres yang benar. Berusahalah untuk mencari metode yang tepat untuk menenangkan pikiran setiap kali stres menyerang. Dengan begini, kamu akan bisa lebih tenang meski pun harus menjalani banyak tanggung jawab.

5. Perhatikan kesehatan mental

6 Tips untuk Merawat Diri agar Senantiasa Sehat Kini dan Nantiilustrasi konsultasi dengan psikolog (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Setiap orang tentu memiliki masalah dalam hidup, termasuk kamu. Masalah tersebut bisa bersumber dari berbagai hal, seperti keluarga, hubungan romantis, pekerjaan, dan lain-lain. Tidak jarang, masalah yang ditanggung menjadi beban besar yang mengganggu kesehatan mental.

Bila kamu merasa ada yang membebani hati dan pikiranmu, jangan ragu untuk mengekspresikannya. Berbagi cerita dengan orang yang dipercaya bisa sangat membantu. Jika memang diperlukan, tidak perlu ragu meminta bantuan profesional untuk membantu menyelesaikan masalahmu. Ingat, kesehatan mental itu penting!

6. Jangan lupa bersenang-senang

6 Tips untuk Merawat Diri agar Senantiasa Sehat Kini dan Nantiilustrasi ekspresi bahagia (unsplash.com/Antonino Visalli)

Fokus bekerja untuk menunjang kehidupan memang penting, tapi jangan sampai berlebihan hingga lupa memberi hak tubuh untuk beristirahat. Bila tubuh terlalu diforsir, bukan tidak mungkin akan muncul berbagai masalah kesehatan yang merugikan.

Oleh karena itu, hidup haruslah seimbang. Sesekali berikan penghargaan kepada diri yang telah bekerja keras. Jadwalkan untuk berlibur ke berbagai tempat untuk mengisi kembali energi yang menipis. Dengan begini, hati dan pikiran akan lebih rileks dan siap untuk menyambut hari yang baru.

Menyayangi diri dengan cara memberikan perawatan terbaik adalah kewajiban yang harus dilakukan. Bila gaya hidupmu dirasa masih belum sehat, yuk perlahan mulai berubah ke arah yang lebih baik demi menjaga diri tetap sehat kini dan nanti.

Baca Juga: 7 Tips Merawat Kulit saat Musim Hujan, Agar Tetap Sehat dan Glowing!

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya