Comscore Tracker

5 Tips Sederhana untuk Meredakan Stres, Efektif dan Gak Mahal!

Tenangkan pikiran agar solusi bisa ditemukan

Setiap orang tentu pernah mengalami stres yang diakibatkan berbagai hal. Terkadang, kondisi tersebut bisa ditangani dengan mudah karena sifatnya masih ringan. Namun, bila beban bertambah, maka stres juga akan semakin mengganggu.

Meskipun menimbulkan rasa tidak nyaman, bukan berarti tidak bisa diredakan. Kamu bahkan dapat melakukan beberapa aktivitas sederhana yang ampuh untuk meredam stres tanpa mengeluarkan banyak biaya.

1. Berendam di air hangat

5 Tips Sederhana untuk Meredakan Stres, Efektif dan Gak Mahal!ilustrasi seseorang yang sedang mandi (unsplash.com/CRYSTALWEED cannabis)

Stres bisa diakibatkan oleh banyak faktor, seperti keluarga, pekerjaan, hubungan romantis, dan masih banyak lagi. Bila merasa terganggu dengan stres yang sedang menghadang, kamu tidak perlu terlalu panik. Atasi dengan aktivitas sederhana yang bisa dilakukan di rumah, seperti berendam di air hangat.

Luangkan sejenak waktu untuk mandi dengan air hangat. Kamu bisa sekalian menggunakan aromaterapi agar mendapatkan wewangian menenangkan. Dijamin, setelah ini badanmu akan terasa lebih ringan dan pikiran juga tenang karena stres berkurang.

2. Karaoke

5 Tips Sederhana untuk Meredakan Stres, Efektif dan Gak Mahal!ilustrasi karaoke (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bernyanyi adalah aktivitas yang seru untuk dilakukan. Banyak hal bisa dikerjakan sambil diiringi nyanyian, sehingga terasa lebih santai. Hal ini juga berlaku ketika kamu sedang dilanda stres yang sangat mengganggu.

Pergilah untuk bernyanyi, seperti karaoke, baik sendiri atau bersama teman-teman. Aktivitas ini dapat membantumu untuk melepas stres sekaligus mengisi jiwamu dengan sesuatu yang seru. Hasilnya, kamu akan merasa lebih senang dan rileks.

3. Menonton acara komedi

5 Tips Sederhana untuk Meredakan Stres, Efektif dan Gak Mahal!ilustrasi tertawa (pexels.com/Ekaterina Bolovtsova)

Tawa adalah obat yang mujarab untuk meredakan pikiran yang sedang rumit. Kalau sedang banyak tekanan, ada baiknya kamu mengambil jeda untuk menenangkan diri. Tontonlah acara komedi atau apa saja yang bisa memicu keinginanmu untuk tertawa.

Dilansir Very Well Mind, tertawa dapat menekan produksi hormon stres dan meningkatkan hormon yang berdampak baik untuk kesehatan. Aktivitas ini juga menyebabkan terjadinya pelepasan emosi, sehingga tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Mudah Stres dalam Bekerja walau di Bidang yang Disukai

4. Jalan-jalan

5 Tips Sederhana untuk Meredakan Stres, Efektif dan Gak Mahal!ilustrasi jalan-jalan di malam hari (pexels.com/Anton Uniqueton)

Kalau sedang mengalami stres akibat beban pekerjaan atau permasalahan lainnya, kamu harus menghadapinya dengan tenang. Ambil waktu sejenak untuk berjalan-jalan dan menikmati pemandangan sekitar.

Meskipun sederhana, jalan-jalan dapat membantu mengalihkan perhatianmu sejenak dari kerumitan yang sedang dihadapi. Ketika pikiran menjadi lebih ringan, biasanya ide segar akan mengalir lancar. Siapa tahu dapat solusi untuk masalahmu, kan?

5. Tidur

5 Tips Sederhana untuk Meredakan Stres, Efektif dan Gak Mahal!ilustrasi tidur siang (pexels.com/Kampus Production)

Salah satu cara untuk menghilangkan stres tanpa keluar biaya adalah tidur. Meskipun terlihat sederhana, tetapi jika berhasil mendapatkan tidur yang berkualitas, niscaya rasa lelah akan hilang dan kondisi tubuhmu akan berangsur-angsur membaik.

Oleh karena itu, bila ada kesempatan untuk tidur, manfaatkan dengan baik. Dengan begini, tubuh akan terasa segar dan pikiran menjadi lebih rileks karena stres berkurang.

Aktivitas sederhana dan murah, seperti yang telah disebutkan di atas, dapat membantu meredakan stres untuk sementara waktu. Jika kamu berhasil menjadi lebih rileks, maka besar kemungkinan akan mendapatkan ide segar yang bisa menjadi solusi atas permasalahan yang sedang dihadapi.

Baca Juga: 5 Tips Berdamai dengan Stres Berlebihan akibat Pekerjaan, Penting!

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya