Comscore Tracker

7 Langkah Bijak untuk Menyikapi Orang yang Merendahkan Dirimu

Jangan sampai emosimu terpancing!

Disengaja atau tidak, beberapa orang memang mempunyai sikap yang sering kali merendahkan orang lain. Entah itu perbuatan, perkataan, cemooh, atau memberi komentar yang menyakiti perasaan. Perilaku seperti ini bisa berdampak pada kesehatan mental dan ketenangan.

Mungkin di lingkunganmu kamu pernah menemui orang dengan ciri yang dimaksud di atas. Daripada melawannya dengan amarah, alangkah baiknya kamu menanggapinya dengan cara yang lebih bersahabat. Berikut ini tujuh langkah bijak menyikapi orang yang merendahkanmu.

1. Tahan amarahmu

7 Langkah Bijak untuk Menyikapi Orang yang Merendahkan Dirimupexels.com/@enginakyurt

Amarah yang timbul saat dirimu diremehkan adalah reaksi yang wajar. Sebab, cemooh yang kamu terima tentu saja bersifat menyakiti hati dan perasaanmu.

Namun, sebenarnya hal ini gak perlu kamu lakukan karena kemarahan sama saja menunjukkan bahwa orang itu telah berhasil merendahkanmu. Di sisi lain, mengikuti amarah bisa membuatmu bertindak tanpa berpikir jernih. Lalu, pada akhirnya akan membuat keadaan semakin buruk.

2. Ambil waktu sejenak sebelum menanggapinya

7 Langkah Bijak untuk Menyikapi Orang yang Merendahkan Dirimupexels.com/@keira-burton

Saat kamu merasa perkataan atau sikap seseorang telah menyinggungmu, hal yang perlu kamu lakukan adalah menarik napas dalam-dalam, lalu membiarkan waktu berlalu sejenak sebelum menanggapinya. Sikap ini memberimu lebih banyak pandangan tentang apa yang baru saja terjadi dan membantumu mengambil tindakan dengan baik.

Langkah ini dapat meredam emosimu yang sempat tersulut karena perbuatannya. Daripada menanggapinya dengan amarah, lebih baik pikirkan dengan matang sebelum memberi respons.

3. Selalu berusaha menanggapi ejekan dengan cara yang bersahabat

7 Langkah Bijak untuk Menyikapi Orang yang Merendahkan Dirimuunsplash.com/@alexisrbrown

Di dunia ini memang ada orang yang gemar mengomentari dan mencemooh orang lain, seperti mengomentari kondisi fisik seseorang dan memanggilnya dengan sebutan "gendut". Kamu berhak memutuskan bagaimana menanggapi mereka. Namun, dengan catatan, sampaikan setiap tanggapanmu dengan cara yang bersahabat.

Jika kamu menerima komentarnya, biarkan ia tahu bahwa apa yang ia katakan memang benar dan kamu merasa baik-baik saja dengan komentarnya itu. Jika kamu merasa keberatan, sampaikan pula perasaanmu dengan pendekatan yang positif, namun tegas.

Baca Juga: Sakit Hati Sih, Tapi Hal Baik Ini Kamu Dapat Saat Diejek Gak Laku-laku

4. Meminta penjelasan

7 Langkah Bijak untuk Menyikapi Orang yang Merendahkan Dirimupexels.com/@fauxels

Sering kali mereka gak menyadari bahwa perkataan dan perbuatannya telah menyakiti orang lain. Alih-alih menghina, ia justru merasa bahwa perlakukannya adalah lelucon.

Sikap bijak yang perlu kamu lakukan adalah mengajaknya bicara. Kamu dapat menanyakan maksud dari perkataan dan perbuatannya dan mengapa ia melakukan itu kepadamu. Meminta penjelasan bertujuan agar gak terjadi kesalahpahaman. Ini jauh lebih bijak daripada membiarkan masalah berlarut-larut dan bisa menimbulkan rasa benci bila terus disimpan di dalam hati.

5. Mengabaikan orang yang merendahkanmu

7 Langkah Bijak untuk Menyikapi Orang yang Merendahkan Dirimupexels.com/@andres-ayrton

Tips ini bisa diterapkan saat kamu merasa seseorang telah melampaui batas dan kamu merasa gak dihargai. Dengan begitu, orang lain akan mengerti bahwa kamu tidak mau menghabiskan waktu untuk hinaan dan komentar negatif.

Sikap ini menjadi cara untuk memberitahu mereka bahwa komentarnya gak berpengaruh pada hidupmu. Kamu bisa melanjutkan obrolan dengan menghilangkan pembahasan yang menurutmu gak pantas. Secara gak langsung, kamu telah menetapkan batasan tanpa harus mengutarakannya secara gamblang.

6. Balas dengan humor

7 Langkah Bijak untuk Menyikapi Orang yang Merendahkan Dirimuunsplash.com/@wocintechchat

Di beberapa kondisi, melawan komentar negatif dengan humor bisa menjadi alternatif yang baik. Kamu dapat mengubahnya menjadi situasi lucu dengan kembali melempar lelucon. 

Sikap ini memperjelas bahwa kamu gak akan masuk ke dalam permainan mereka. Lalu, pada akhirnya langkah ini juga membantumu keluar dari rasa marah.

7. Menjaga jarak dengan orang toxic

7 Langkah Bijak untuk Menyikapi Orang yang Merendahkan Dirimupexels.com/@fauxels

Kita gak bisa mengendalikan sikap dan perbuatan orang lain. Yang bisa kita kontrol hanyalah tanggapan kita terhadapnya. Apa pun masalahnya, kamu harus menjaga jarak dengan orang-orang yang gemar merendahkan orang lain. 

Kamu bisa menghindari kontak dengannya atau jika memang terpaksa berinteraksi, batasi sesuai kebutuhan saja. Hal ini penting dilakukan demi kesehatan mental dan ketenteraman hidupmu.

 

Itulah tujuh langkah bijaksana dalam menyikapi seseorang yang gemar merendahkan orang lain. Daripada ikut masuk ke dalam permainannya, lebih baik tunjukkan bahwa apa yang ia lakukan sama sekali gak berpengaruh pada hidupmu.

Baca Juga: 5 Tanda Teman Memberikan Pengaruh Negatif padamu, Mending Jaga Jarak!

Ratumas Ovvy Photo Verified Writer Ratumas Ovvy

Find me on Instagram @ratumasovvy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya