Comscore Tracker

Sukses Bukan Hal yang Mustahil jika Kamu Bisa Atasi 7 Rintangan Ini

Jangan cepat menyerah, ya!

Apa pun bentuk impiannya, semua orang ingin menjadi sukses. Dalam upaya meraih kesuksesan, pasti ada rintangan yang menghalangi. Pilihannya adalah menyerah dan kehilangan kesempatan atau mengambil tantangan dengan persiapan yang matang. 

Rintangan dalam menggapai mimpi ini akan datang dari dalam diri maupun luar. Sebenarnya, jika kamu dapat mengatasi tujuh rintangan berikut ini, kesuksesan bukanlah hal yang mustahil. Yuk, kita belajar bersama! 

1. Ketidakjelasan definisi sukses

Sukses Bukan Hal yang Mustahil jika Kamu Bisa Atasi 7 Rintangan Iniilustrasi mengejar mimpi (pexels.com/Gerd Altmann)

Mudah untuk mengatakan "aku ingin sukses". Namun, gak semua orang dapat mendefinisikan sukses bagi hidupnya sendiri. 

Setiap orang mempunyai impian dan target yang berbeda-beda, begitu pula dengan definisi suksesnya. Mungkin bagi sebagian orang, sukses adalah menamatkan pendidikan magister pada usia 25 tahun. Sebagian lain menganggap dirinya sukses bila berhasil membeli sebuah rumah sebelum usia 30 tahun. 

Mengenali definisi sukses membantumu untuk menetapkan target, menyusun rencana, dan mengatur strategi untuk meraih impianmu. Sebaliknya, jika kamu gak bisa mendefinisikan suksesmu, kamu akan bingung dan bimbang. 

2. Kebimbangan 

Sukses Bukan Hal yang Mustahil jika Kamu Bisa Atasi 7 Rintangan Iniilustrasi orang yang bingung (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bayangkan bila kamu berencana menikmati liburan dan bersiap untuk mengemas barang-barangmu. Namun, kamu belum menentukan detail perjalanan, tujuan, hingga durasi waktu liburan karena kamu masih bimbang. Tentunya kamu akan bingung menyiapkan barang-barang apa yang harus kamu bawa, kan?

Begitu pula dengan perjalanan hidup dan karier, jika kamu gak mempunyai kejelasan impianmu, kamu akan bingung menyusun rencana dan stategi menjalaninya. Jadi, keraguan mengenai impian harus kamu singkirkan sejak awal. Segera atur daftar keinginan dan targetmu sebelum kamu memulai langkah. 

3. Kesempurnaan

Sukses Bukan Hal yang Mustahil jika Kamu Bisa Atasi 7 Rintangan Iniilustrasi kesempurnaan (pexels.com/icon0.com)

Memiliki sifat perfeksionis memberikan keuntungan dan kekurangannya sendiri. Namun, salah satu rintangan yang sering dihadapi manusia adalah ambisinya untuk menjadi sempurna. 

Si perfeksionis cenderung akan merasa sulit untuk berada di jalan menuju kesuksesan jika semua harus sempurna seperti yang diinginkannya. Kesempurnaan bisa menjadi penghambat kreativitas.

Jika menuntut kesempurnaan, mereka mungkin gak akan menikmati seni kegagalan dan belajar dari kesalahan. Itulah mengapa kesempurnaan akan sulit memberikan kesempatan menuju sukses. 

Baca Juga: 12 Pesan dari CEO agar Kita Bisa Meraih Impian Jadi Nyata

4. Rasa takut 

Sukses Bukan Hal yang Mustahil jika Kamu Bisa Atasi 7 Rintangan Iniilustrasi rasa takut (pexels.com/Charles Parker)

Rasa takut muncul saat kita merasa gak aman atau terancam. Ini adalah insting alami yang baik untuk melindungi diri.

Namun, bagaimana bila ketakutan itu hanya ada di dalam pikiran? Ketakutan semacam ini dapat menghambat usaha mencapai kesuksesan, lho! 

Jadi, rasa takut gagal adalah aspek lain yang harus kamu lawan untuk menggapai mimpi. Kamu gak akan pernah tahu hasilnya jika kamu selalu takut berusaha. 

5. Membuat perbandingan 

Sukses Bukan Hal yang Mustahil jika Kamu Bisa Atasi 7 Rintangan IniJangan membandingkan diri sendiri dengan orang lain. (pexels.com/Bich Tran)

Wajar saja bila manusia membandingkan dirinya dengan orang lain. Ini adalah cara untuk mengetahui apakah kita sudah melakukan sesuatu dengan benar atau gak dan bagaimana agar kita tetap terus berkembang. 

Namun, bila membandingkan diri ini terjadi terus-menerus dan mulai merasa kalah saat pencapaian gak seperti orang lain, kamu bisa kehabisan energi positif, lho. Lama-kelamaan, motivasimu juga jadi melemah. 

Coba untuk mulai bertanya pada diri sendiri apa yang kamu dapat dari sikap membanding-bandingkan ini? Apakah menambah atau justru menurunkan motivasi? Sering kali, sikap ini membuat kia fokus pada kelebihan orang lain dan mengabaikan potensi diri sendiri. 

6. Batasan eksternal 

Sukses Bukan Hal yang Mustahil jika Kamu Bisa Atasi 7 Rintangan Iniilustrasi menolak (pexels.com/SHVETS production)

Batasan bukan berarti selalu mengatakan "tidak" dan menjauhkan diri dari orang lain. Batasan yang sehat adalah cara berkomunikasi dengan orang lain mengenai apa yang kamu inginkan dan bagaimana kamu ingin diperlakukan. 

Orang yang sifatnya gak enakan sering merasa sulit menetapkan batasan dengan orang lain. Mereka sangat ingin menjaga harmoni sehingga membiarkan orang lain membuat keputusan daripada menimbulkan konflik. 

Padahal, meskipun konflik dengan orang lain dapat dihindari, mereka tetap akan mengalami konflik dengan dirinya sendiri. Akibatnya, berbagai upaya yang dilakukan untuk mencapai keberhasilan justru terhambat. Jadi, mulailah untuk menetapkan batasan dengan orang lain, ya! 

7. Ekspektasi 

Sukses Bukan Hal yang Mustahil jika Kamu Bisa Atasi 7 Rintangan Iniilustrasi meraih kesuksesan (pexels.com/Sebastian Voortman)

Semua orang boleh bermimpi besar. Namun, semua orang sebaiknya menetapkan impian yang didasari pada realitas sumber dayanya. Jika tidak, mereka akan rentan mengalami kekecewaan. 

Ekspektasi yang realistis memacu semangat dan motivasimu untuk terus berusaha. Sementara, ekspektasi yang gak realistis hanya akan merusak itu semua. 

Jangankan untuk menggapainya, mendekatinya pun akan terasa sulit. Itu karena mimpi yang gak realistis cenderung gak menginspirasimu untuk mengambil tindakan, rentan menurunkan rasa percaya diri, dan memberi efek negatif lainnya. 

Untuk itu, perhatikan baik-baik penetapan standarmu. Atur agar gak terlalu tinggi dan gak terlalu rendah, tapi sesuai dengan kemampuanmu.

Meraih kesuksesan artinya harus siap mengatasi berbagai rintangan. Atasi rintangan-rintangan ini selangkah demi selangkah. Jika mengalami kegagalan, teruslah mencoba dengan tetap semangat. 

Baca Juga: 5 Cara Membuat Jadwal Harian untuk Mencapai Tujuan Impian

Ratumas Ovvy Photo Verified Writer Ratumas Ovvy

Find me on Instagram @ratumasovvy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya