Comscore Tracker

Untuk Kamu yang Pernah Di-Bully: Ini 10 Tips untuk Mengatasinya

Waktunya kamu berdiri dan menghentikannya

Bullying. Sebuah masalah sosial yang nggak asing lagi di telinga kita. Bullying terjadi di sekolah, universitas, tempat kerja, bahkan sosial media (cyber bullying), dan dapat merusak harga diri serta kesehatan psikologis seseorang. Dampak buruk bullying nggak hanya terjadi pada saat seorang korban di-bully saja, tetapi juga berjangka panjang.

Apakah kamu merasa menjadi korban bullying? Apakah ada orang-orang di sekitarmu yang selalu membuatmu merasa tertekan, dipermalukan, atau rendah diri secara sengaja? Apakah hal itu membuatmu was-was dalam keseharianmu? Jika kamu merasa kamu adalah korban bullying, cobalah lakukan hal-hal ini.

1. Jangan pernah minder.

Untuk Kamu yang Pernah Di-Bully: Ini 10 Tips untuk MengatasinyaSumber Gambar: theimperic.com

Percaya tidak percaya, minder adalah salah satu alasan umum seseorang menjadi target bullying.  Seseorang mem-bully kamu karena dia merasa dia bisa memposisikan diri superior dari kamu. Jadi, jangan pernah memposisikan diri sebagai individu inferior. Bully manapun akan senang dengan target empuk seperti itu. Hargailah dirimu sendiri. 

2. Jangan berikan reaksi.

Untuk Kamu yang Pernah Di-Bully: Ini 10 Tips untuk MengatasinyaSumber Gambar: hooshmarketing.com.au

Reaksi adalah hal yang dicari oleh para bully. Reaksi yang kamu keluarkan, entah itu amarah, sikap terganggu, atau sedih hanya berarti mereka berhasil mendapatkan apa yang mereka inginkan. Reaksi yang kamu keluarkan akan menjadi reinforcement bagi perilaku bully mereka, sehingga lain waktu bila ada kesempatan, mereka akan mengulanginya lagi untuk mendapatkan reaksimu.

3. Jangan menunjukkan perasaan takut, malu atau merasa bersalah.

Untuk Kamu yang Pernah Di-Bully: Ini 10 Tips untuk MengatasinyaSumber Gambar: expertbeacon.com

Tidak bereaksi pun, jangan terlihat bahwa kamu takut. Tegarkan dirimu. Tegakkan badanmu, jangan biarkan bahumu turun (bahu biasanya turun secara otomatis ketika kamu merasa inferior). Postur yang kuat dapat menyadarkan bahwa ia salah sasaran. Pasang wajah tegasmu dan berjalanlah dengan langkah pasti menuju tujuanmu. Lakukan hal yang kamu sedang lakukan dengan santai tanpa menghiraukannya.

4. Beranikan diri untuk menatap matanya.

Untuk Kamu yang Pernah Di-Bully: Ini 10 Tips untuk MengatasinyaSumber Gambar: gallery.mobile9.com

Bila berhadapan, tatap matanya dengan tegas. Biarkan dia tahu bahwa kamu tidak gentar terhadapnya, bahwa kamu memiliki posisi yang sama dengan dia.

5. Bila perlu, berbicaralah padanya secara asertif.

Untuk Kamu yang Pernah Di-Bully: Ini 10 Tips untuk MengatasinyaSumber Gambar: www.psychologytoday.com

Lebih baik tidak bereaksi, tapi tidak ada salahnya merespon. Bila diperlukan, katakan padanya dengan tegas bahwa perilakunya tidak benar. Tidak perlu dengan amarah, hanya perlu ketegasan dan sikap lebih dewasa. 

6. Ceritakan pada orang tuamu.

Untuk Kamu yang Pernah Di-Bully: Ini 10 Tips untuk MengatasinyaSumber Gambar: www.emmawillard.org

Nggak perlu malu untuk cerita dengan orang tua. Mereka ada untuk menjaga dan merawatmu. Ceritakan apa yang terjadi dan kemungkinan-kemungkinan apabila ditindaklanjuti. Diskusikan solusi yang tepat dengan mereka.

7. Jalanlah bersama temanmu.

Untuk Kamu yang Pernah Di-Bully: Ini 10 Tips untuk MengatasinyaSumber Gambar: campuslately.com

Bersama teman kamu kuat. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. Biarkan temanmu menjadi social support yang siap mendampingimu. 

8. Jangan takut untuk melaporkan pada pihak yang berwajib.

Untuk Kamu yang Pernah Di-Bully: Ini 10 Tips untuk MengatasinyaSumber Gambar: mechatheslag.net

Kalau sudah terjadi kekerasan fisik atau perilaku lain yang di luar batas wajar, kamu bisa mulai perkarakan ke sekolah, atau bahkan secara hukum. Tapi main pintar ya, jangan sampai tidak ada bukti kuat atau saksi yang bisa mendukung kamu. Jangan takut akan ancaman, biasanya mereka hanya main gertak saja. Orang yang melakukan bullying sebenarnya merasa inferior di dalam (karena salah satu aspek hidupnya kurang sempurna, misal keluarga yang kurang harmonis dan lainnya). Ia hanya bisa bersikap superior untuk menutupi hal tersebut.

9. Kembangkan bakat dan potensi yang kamu miliki.

Untuk Kamu yang Pernah Di-Bully: Ini 10 Tips untuk MengatasinyaSumber Gambar: www.haikudeck.com

Di atas semua itu, kembangkan bakat yang kamu miliki. Dengan mengembangkan bakat yang kamu miliki, tidak hanya kamu akan merasa lebih berharga dan percaya diri, tetapi orang lain juga lebih menghargaimu. Orang yang memaksimalkan talentanya akan diakui oleh orang lain, karena berani mengeluarkan warna yang dia miliki. Jadi, kembangkanlah apa yang kamu miliki, niscaya itu akan membuatmu menjadi orang yang lebih berani.

10. Bergabunglah dengan kelompok anti-bullying.

Untuk Kamu yang Pernah Di-Bully: Ini 10 Tips untuk MengatasinyaSumber Gambar: www.sudahdong.com

Pastinya di sana kamu akan sangat terbantu, menemukan keluarga baru, dan mendapatkan pencerahan tentang apa yang harus kamu lakukan lebih lanjut. Pastinya kamu juga bisa membangun kepercayaan diri dan merasa berharga di sana. Kamu mungkin bisa menolong yang lain, juga! Salah satu gerakan anti-bullying di Indonesia adalah Sudah Dong.

Semangat, kawan. Kamu jauh lebih berharga daripada apa yang dilihatnya dan kamu nggak pantas menerima perlakuan tersebut. Jadi, jaga dirimu baik-baik.

Topic:

Berita Terkini Lainnya