Comscore Tracker

Sadar Nggak Kamu? Stereotipe Dapat Menghasilkan 10 Dampak Buruk Ini

Hari gini masih nge-label orang?

Stereotipe. Apaan sih itu? Stereotipe adalah persepsi atau atribut yang kita kaitkan pada kelompok tertentu. Misalnya, orang Bandung pasti sopan, warna merah muda adalah untuk perempuan, dan lain sebagainya. Salah satu stereotipe yang banyak dimiliki masyarakat kita adalah orang yang memiliki preferensi seksual berbeda (LGBT) memiliki gangguan jiwa. Nah sekadar info aja, secara psikologis homoseksual nggak masuk dalam gangguan kepribadian, lho. Jadi sebenarnya apabila dia gangguan jiwa, itu kebetulan aja.

Nah kalo gitu, udah salah kan stereotipe kita? Terlanjur nge-judge orang, eh ternyata benernya nggak gitu. Banyak banget lho, kerugian dari stereotyping. Bahkan ketika kita memiliki stereotipe yang positif sekalipun.

1. Kamu nggak mengizinkan orang lain menunjukkan kualitasnya sepenuhnya.

Sadar Nggak Kamu? Stereotipe Dapat Menghasilkan 10 Dampak Buruk IniSumber Gambar: www.youtube.com

Ketika kamu melakukan stereotipe, kamu menutup mata akan kemungkinan seseorang menunjukkan atribut yang berbeda dengan kelompoknya. Alhasil, kamu nggak mengizinkan dirimu melihat dirinya seutuhnya, hanya karena ia tertutup oleh label yang kamu berikan.

2. Tidak ada manusia yang ingin disamakan dengan manusia lain.

Sadar Nggak Kamu? Stereotipe Dapat Menghasilkan 10 Dampak Buruk IniSumber Gambar: reasonradionetwork.com

Seperti kamu nggak suka disamakan dan dibandingkan, setiap manusia memang diciptakan berbeda, dengan kisah hidupnya masing-masing. Berjuta-juta orang kamu kumpulkan, gak akan ada satu pun yang benar-benar sama persis. Jadi sebenarnya, nggak ada gunanya menjadikan stereotipe sebagai patokan. Mungkin bisa untuk kamu berjaga-jaga, tapi nggak untuk kamu men-judge.

3. Menimbulkan peperangan, sejak zaman bahula.

Sadar Nggak Kamu? Stereotipe Dapat Menghasilkan 10 Dampak Buruk IniSumber Gambar: www.theguardian.com

Perang ras, agama dan berbagai kelompok lainnya telah terjadi dari zaman dulu. Mungkin mereka beberapa pihak bisa disalahkan atas pecahnya sebuah peperangan, tetapi gak berarti anggota kelompok lain yang nggak bersalah harus merasakan akibatnya, bukan? Coba pikirkan dalam konteks pergaulan di sekitar kamu.

4. Membatasi pergaulan.

Sadar Nggak Kamu? Stereotipe Dapat Menghasilkan 10 Dampak Buruk IniSumber Gambar: reviewonline.co.za

Buruknya lagi, kalau stereotipe tersebut membuat kamu membatasi pergaulan dengan kaum tertentu. Ih! Udah zaman apa ini bro?

5. Membuat kamu menjadi orang yang subyektif dan bias dalam bersikap.

Sadar Nggak Kamu? Stereotipe Dapat Menghasilkan 10 Dampak Buruk IniSumber Gambar: christy97520.wordpress.com

Stereotipe juga dapat membuat kamu “pilih-pilih”. Bersikap ramah hanya terhadap kaum tertentu, selalu curiga terhadap kaum yang lainnya. Alhasil perilakumu sehari-hari dipengaruhi oleh apa yang ada di kepalamu, bukan kondisi yang nyata. Belum tentu apa yang di kepalamu benar. Buktikan dulu baru tentukan bagaimana kamu harus bersikap.

Baca Juga: Film-Film Ini Bakal Mengajarkan Kamu Tentang Kejamnya Perbedaan Ras di AS

6. Membuat kita salah mengambil keputusan.

Sadar Nggak Kamu? Stereotipe Dapat Menghasilkan 10 Dampak Buruk IniSumber Gambar: www.lifehack.org

Alhasil, kamu dapat salah mengambil keputusan. Bisa saja ketika kamu menyeleksi karyawan, kamu salah memilih pegawai hanya karena ia satu ras atau agama dengan kamu. Cobalah bersikaplah obyektif dalam segala sesuatu.

7. Membuat pikiranmu jadi terkotak-kotak dan susah berpikir out of the box.

Sadar Nggak Kamu? Stereotipe Dapat Menghasilkan 10 Dampak Buruk IniSumber Gambar: everydaresponses.wordpress.com

Segala batas yang kamu buat dalam otak kamu akan membiasakan otakmu untuk berpikir secara terkotak-kotak. Kreativitasmu jadi lebih terbatas, dan kamu menutup diri terhadap kemungkinan-kemungkinan yang bahkan mungkin nggak pernah kamu pikirkan sebelumnya.

8. Bahkan ketika stereotipemu positif, akan menimbulkan dampak negatif.

Sadar Nggak Kamu? Stereotipe Dapat Menghasilkan 10 Dampak Buruk IniSumber Gambar: medium.com

Stereotipe positif adalah ketika kamu mengatributkan hal baik terhadap kelompok tertentu. Misal, orang kulit hitam pintar berolahraga. Sebenarnya, hal tersebut bisa jadi bumerang bagi yang mendengar, lho. Jika kamu menyampaikannya beberapa saat sebelum seseorang akan ikut pertandingan olahraga, ia bisa jadi menanggung beban untuk membuktikan stereotipe tersebut, dan malah jadi tidak maksimal. Bila gagal memenuhi ekspektasi tersebut? Malunya dua kali lipat.

9. Membuat kacamatamu menjadi sangat sempit terhadap dunia.

Sadar Nggak Kamu? Stereotipe Dapat Menghasilkan 10 Dampak Buruk IniSumber Gambar: aplus.com

A pasti A, B pasti B, C pasti C. Udah? Dunia ya bakal gitu-gitu aja kalau kamu udah pasang label-label duluan di kacamatamu. Coba kamu lepas label-label tersebut, banyak hal mengejutkan yang dapat ditampilkan kehidupan di sekitarmu setiap harinya.

10. Kita jadi gak memanusiakan manusia.

Sadar Nggak Kamu? Stereotipe Dapat Menghasilkan 10 Dampak Buruk IniSumber Gambar: www.barnesandnoble.com

Setiap manusia dilahirkan unik. Kita nggak pernah memilih jenis kelamin, suku bangsa, ras, bahasa, dan llingkungan tempat tinggal kita sebelum kita dilahirkan. Terlepas dari semua itu, kita dilahirkan dengan tujuan dan jalan hidup masing-masing. Jadi, daripada memasang label yang membuat manusia seperti kumpulan klasifikasi, bagaimana kalau kita mencoba menghargai setiap orang dari keunikannya masing-masing?

Siap melihat dunia lebih luas?

Baca Juga: Saat Aku dan Kamu Sulit Menerima Keberagaman, 11 Hal Ini Akan Selalu Kujadikan Pegangan

Topic:

Berita Terkini Lainnya