Comscore Tracker

Bikin Susah Bahagia, 5 Kebiasaan yang Harus Kamu Hilangkan

Biar kamu semakin happy

Kebahagiaan menjadi sesuatu yang diidamkan oleh banyak orang. Namun tanpa disadari, hal yang membuat kamu susah bahagia justru datang dari pikiran dan kebiasaanmu sendiri. 

Nah, agar hidup menjadi lebih bahagia sebaiknya kamu menyingkirkan lima kebiasaan berikut ini! 

1. Terlalu perfeksionis

Bikin Susah Bahagia, 5 Kebiasaan yang Harus Kamu HilangkanIlustrasi wanita sedang frustasi (pexels.com/Annashvets)

Menetapkan standar bahwa untuk bahagia harus menjadi sempurna akan membuat kamu menganggap dirimu tak cukup baik walaupun kamu punya banyak hasil yang bagus. Kamu tidak pernah puas pada diri sendiri dan selalu merasa kurang. 

Orang yang selalu mengincar kesempurnaan biasanya sering berekspektasi tinggi dan ingin hasil yang tanpa cela. Padahal, dengan melepas ekspektasi tinggi dan menerima segala yang kamu punya justru membuatmu lebih bahagia. 

2. Membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Bikin Susah Bahagia, 5 Kebiasaan yang Harus Kamu HilangkanIlustrasi melihat sosial media (pexels.com/cottonbro)

Satu kebiasaan yang paling sering dan merusak adalah membandingkan hidup kamu dengan hidup orang lain. Kamu mulai membandingkan sepatu, mobil, rumah, uang dan kepopuleran. 

Kemudian, kamu merasa tidak ada apa-apanya dan mulai terjebak perasaan negatif. Jika kamu sibuk membandingkan diri dengan orang lain, kamu tidak akan mengetahui potensi dirimu dan hanya berdiam di tempat. 

Baca Juga: 6 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Bisa Membuat Kamu Jadi Susah Bahagia

3. Terjebak dalam masa lalu dan mengkhawatirkan masa depan

Bikin Susah Bahagia, 5 Kebiasaan yang Harus Kamu HilangkanIlustrasi wanita sedang berpikir (pixabay.com/Jerzygorecki)

Terus memikirkan kesalahan, kenangan menyakitkan atau kesempatan yang terlewat akan membuat kamu larut dalam kesedihan. Sedangkan, terlalu mengkhawatirkan masa depan dengan membayangkan hal buruk terjadi pada karier, hubungan atau kesehatan dapat menciptakan keraguan serta ketakutan menghadapi masa depan. 

Semua hal itu akan menyebabkan kamu menjadi tidak bahagia. Sebaliknya, kalau kamu fokus menghadapi hari ini, kamu dapat menemukan kesempatan dan pengalaman yang menakjubkan. 

4. Mencemaskan pendapat negatif orang

Bikin Susah Bahagia, 5 Kebiasaan yang Harus Kamu HilangkanIlustrasi bergosip (pexels.com/Keiraburton)

Apa yang kita dengar, lihat dan baca dapat mempengaruhi perasaan dan pikiran kita. Kamu akan susah bahagia, jika membiarkan dirimu terpengaruhi suara negatif. 

Padahal, kamu harus lebih mendengarkan suara hatimu, apa yang kamu mau, apa yang kamu bisa. Sebab kamulah yang paling mengerti dirimu. 

5. Fokus pada aspek negatif

Bikin Susah Bahagia, 5 Kebiasaan yang Harus Kamu HilangkanIlustrasi merenung (pexels.com/Annashvets)

Pada dasarnya, setiap situasi memiliki aspek positif maupun negatif. Namun, fokus pada aspek negatif dari situasi yang kamu hadapi akan membuat susah bahagia. 

Tak hanya berakibat pada dirimu, orang sekitar juga akan merasakan emosi yang berbeda. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu melihat dari kedua sisi dan menemukan jalan keluar untuk bahagia. 

Deretan kebiasaan yang menyebabkan kamu susah bahagia. Nah, setelah mengetahui hal tersebut, sebaiknya segera hilangkan, ya! 

Baca Juga: Saat Kamu Mulai Negative Thinking, Lakukanlah 5 Hal Ini

Rena Murtiviana Photo Verified Writer Rena Murtiviana

suka senja, musik dan drakor

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya