Comscore Tracker

5 Masalah yang Selalu Muncul Ketika Berjuang

Masalah ini akan mendatangimu saat berjuang

Ketika kita menginginkan sesuatu memang butuh perjuangan untuk mewujudkannya. Dibutuhkan kerja keras lebih untuk benar-benar berhasil mewujudkannya. Namun, terkadang di saat kita sedang berjuang, kerap kali masalah datang silih berganti menghampiri kita. Bahkan terkadang masalah-masalah tersebut dapat membuat kita down dan sulit untuk kembali bangkit.

Berikut, beberapa masalah yang kerap kali datang saat kita sedang berjuang menggapai tujuan. Perlu untuk kamu ketahui agar siap menghadapi masalah-masalah tersebut ke depannya.

1. Muncul orang yang tidak menyukaimu 

5 Masalah yang Selalu Muncul Ketika Berjuangilustrasi mengintimindasi (pexels.com/Yan Krukov)

Tiap kali kita sedang berjuang, kita pasti akan sering menemukan orang-orang yang tidak menyukai kita. Bahkan terkadang ada pula orang-orang yang merendahkan kita. Hal tersebut tentunya sering dialami seseorang ketika sedang berjuang menggapai tujuannya.

Kita tidak punya kendali penuh terhadap apa yang orang lain katakan. Kita juga tidak bisa menyenangkan semua orang. Daripada kalian fokus ke apa yang tidak bisa kalian kendalikan, lebih baik kalian fokus mengerjakan apa yang bisa kalian kendalikan.

2. Ketakutan untuk gagal 

5 Masalah yang Selalu Muncul Ketika Berjuangilustrasi frustasi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Takut akan kegagalan adalah kata yang sering kita dengar dari orang-orang yang sedang berjuang. Terkadang rasa ketakutan ini menguasai segala tindakan yang ingin kita lakukan. Sehingga, membuat kita menunda-nunda bahkan bisa jadi kita batal melakukannya.

Rasa ketakutan tersebut tentunya sangat wajar untuk kita rasakan. Karena kita belum pernah mengalami hal yang sedang kita ingin perjuangan. Daripada kalian terus menerus memikirkan ketakutan tersebut yang belum tentu akan terjadi. Lebih baik kalian fokus dengan proses dan tetap konsisten melakukannya.

Baca Juga: 5 Bukti Permasalahan Hidup Setiap Orang Itu Sama Beratnya

3. Kegagalan yang membuat sulit bangkit 

5 Masalah yang Selalu Muncul Ketika Berjuangilustrasi putus asa (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kegagalan merupakan suatu hal yang wajar terjadi bagi mereka yang sedang berusaha. Namun, terkadang ada kegagalan yang benar-benar membuat kita sulit untuk bangkit. Sulit untuk kembali memulai apa yang sudah kita kerjakan. Apalagi ketika kita sudah berkorban begitu banyak. Tentunya sangat menyakitkan bila mengalami kegagalan.

Memang benar kegagalan sering kali membuat kita sulit untuk menata kembali semangat kita untuk melanjutkan proses yang terjadi. Namun, ada hal yang harus kita sadari bahwa kegagalan adalah bagian dari suatu proses. Kita tidak akan bisa memperbaiki apa yang sudah kita kerjakan kalau tidak ada namanya kegagalan.

Memang akan membutuhkan waktu untuk menata kembali semangat yang telah pudar. Istirahatlah sejenak untuk menenangkan pikiran, tidak apa-apa kalau kalian libur 1-2 hari. Tapi tetap usahakan untuk tidak berlarut-larut dalam kesedihan. Karena hidup tetap berlanjut.

4. Hasil yang belum terlihat meskipun sudah berjuang 

5 Masalah yang Selalu Muncul Ketika Berjuangilustrasi putus asa (pexels.com/Inzmam Khan)

Hasil yang belum terlihat meskipun sudah berjuang sering kali dialami kebanyakan orang saat mereka berjuang. Padahal kita sudah berusaha sekuat tenaga untuk memperjuangkan apa yang ingin kita raih. Namun, hasilnya tetap nihil dan jauh dari yang kita harapkan.

Hal ini sebenarnya sangatlah wajar terjadi. Karena dalam meraih sesuatu tentunya hasilnya tidak bisa instan. Perlu proses yang cukup panjang untuk meraih apa yang diinginkan. Jadi, daripada kalian memikirkan hasil yang tak kunjung datang. Lebih baik kalian konsisten dengan proses yang kalian jalani.

5. Banyaknya hal baru yang muncul sebagai masalah 

5 Masalah yang Selalu Muncul Ketika Berjuangbanyak masalah hidup (pexels.com/Nathan Cowley)

Sering kali setiap kita baru akan berjuang, masalah silih berganti berdatangan. Entah masalah yang berkaitan dengan apa yang ingin kita raih atau masalah lainnya yang tidak ada kaitannya dengan tujuan kita. Masalah ini kerap kali membuat kita tidak fokus dengan tujuan yang ingin diraih.

Masalah memang bukan suatu hal yang bisa kita kontrol. Masalah bisa datang dan pergi begitu saja. Daripada kita fokus dengan masalah yang terus berdatangan. Lebih baik kita berusaha sabar dan sedikit demi sedikit menyelesaikan masalah-masalah tersebut dengan pikiran yang tenang.

Tidak mudah memang untuk menghadapi setiap masalah tersebut, diperlukan kesabaran lebih untuk menghadapinya. Tetaplah berjuang meski masalah tersebut silih berganti datang menghampirimu, karena pada dasarnya hal tersebut tidak bisa untuk kita kontrol.

Baca Juga: 10 Ilustrasi Gambarkan Permasalahan Generasi Muda Zaman Now, Ruwet!

Rendy Firmansyah Photo Verified Writer Rendy Firmansyah

Seorang mahasiswa yang mencoba menekuni bidang kepenulisan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya