Comscore Tracker

Sirih Gading, Tanaman Bermanfaat yang Cocok Hias Ruangan saat Lebaran

Bisa menyerap racun berbahaya

Sirih gading adalah tanaman yang bandel dan gampang tumbuh, baik di media tanah maupun air. Saking bandelnya, malah digeletakkan saja di tanah bisa tumbuh dengan baik lho. Oleh karena si bandel ini sering dijadikan tanaman indoor, tak ayal lagi pasti banyak dong manfaatnya ya. Dan inilah yang akan terjadi jika kamu menyimpan sirih gading di dalam rumah. Yuk, simak!

1. Menyerap racun yang berbahaya

Sirih Gading, Tanaman Bermanfaat yang Cocok Hias Ruangan saat LebaranPexels.com/Pixabay

Sirih gading dapat membasmi racun di dalam ruangan. Coba kita rinci berapa banyak residu zat-zat yang berbahaya di dalam ruangan kita; dari cat tembok, cat kayu, peralatan rumah tangga yang berbau plastik, peralatan elektronik, ataupun dari semprotan obat nyamuk serta pewangi ruangan. Tentunya, polutan dalam ruangan akan mengganggu kesehatan kita, nah sirih gading ini dapat mengisap racun-racun yang berbahaya tersebut dengan menangkap berbagai partikel polutan di dalam ruangan kamu. Keren, bukan?

2. Memberi stok oksigen di dalam ruangan

Sirih Gading, Tanaman Bermanfaat yang Cocok Hias Ruangan saat LebaranPexels.com/FOX

Dengan menaruh sirih gading di dalam ruangan kamu, tentunya ruangan akan selalu segar karena tanaman ini banyak mengeluarkan oksigen yang bermanfaat untuk tubuh kita. Stok oksigen dalam ruangan juga akan selalu terjaga dengan baik dan udara di dalamnya pun akan segar setiap saat. Ayo, tunggu apa lagi cari segera sirih gading di penjual tanaman langganan kamu dan simpanlah di dalam ruangan!

3. Mengatur sirkulasi udara dalam ruangan

Sirih Gading, Tanaman Bermanfaat yang Cocok Hias Ruangan saat LebaranPexels.com/tombalabaud

Keunggulan sirih gading yang selalu mengeluarkan oksigen bermanfaat tentunya akan menjaga sirkulasi udara di ruangan kamu. Sumpek, penat, bahkan bau debu akan sirna jika tanaman ini berada di dalamnya. Taruhlah tanaman ini di pojokan ruang TV, ruang tamu, kamar tidur, bahkan kamar mandi dan dapur sekalipun. Terasa udara akan selalu segar serta sirkulasinya juga terbantu dengan baik. Wuih!

Baca Juga: 10 Tanaman Hias Ini Bermanfaat Mengurangi Polusi di Rumah

4. Membantu pernapasan kita

Sirih Gading, Tanaman Bermanfaat yang Cocok Hias Ruangan saat LebaranPexels.com/MinAn

Banyaknya debu serta kualitas udara yang kotor dalam ruangan akan menyumbang gangguan saluran pernapasan kamu. Hal ini sangat tidak sehat bagi tubuhmu. Bahkan dengan seringnya menghirup udara yang tidak sehat akan memicu terjadinya infeksi bahkan asma. Nah, menurut penelitian sirih gading dapat mengurangi kadar debu dalam ruangan kamu dalam rentang waktu yang lama. Jika ada tanaman ini di dalam rumah, betapa terjaganya udara serta pernapasan akan selalu bersirkulasi dengan baik. Tentunya, tubuh kita akan selalu sehat, bukan?

5. Membantu kondisi psikologis

Sirih Gading, Tanaman Bermanfaat yang Cocok Hias Ruangan saat LebaranPexels.com/ChristinaMorillo

Dengan adanya tanaman di dalam rumahmu yang menjaga udara dalam ruangan akan tetap terjaga dengan baik, akan menjadikan suasana dalam diri juga tenang dan gembira. Apalagi yang selalu sibuk dengan pekerjaan di luar rumah, saat pulang menghirup udara yang bersih akan membantu memperbaiki mood, merasakan kebugaran tubuh, stres juga akan hilang dengan sendirinya, serta membantu konsentrasi dalam pekerjaanmu.

Nah kan, begitulah jika sirih gading berada di dalam ruangan rumahmu. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan setiap hari. Bukan hanya menjadi penghias semata, namun beragam manfaat penting lainnya juga akan kamu dapatkan.

Baca Juga: 6 Tanaman Hias yang Bisa Mengurangi Stres Kamu!

Renny Fitri Photo Verified Writer Renny Fitri

Penyuka fotografi, traveling, dan menjahit.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya