Comscore Tracker

5 Cara Melatih Self Control agar Mudah Mengendalikan Emosi

Kamu jadi bisa menghadapi segala situasi dengan baik

Memiliki pengendalian diri yang baik mempunyai banyak manfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Dengan keterampilan self control, kamu jadi bisa mengendalikan emosi, perilaku dan pemikiran ke arah yang lebih positif.

Jika sebelumnya kamu kesulitan dalam mengendalikan emosi, kamu bisa mencoba cara untuk melatih pengendalian diri dengan baik. Berikut lima cara melatih self control agar mudah mengendalikan emosi yang bisa kamu terapkan sehari-hari.

1. Bangun rasa percaya kepada diri sendiri

5 Cara Melatih Self Control agar Mudah Mengendalikan Emosiilustrasi pria yang sedang melakukan panggilan telepon (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Membangun rasa percaya pada diri sendiri sangat penting diterapkan agar kamu tidak mudah goyah dengan hasutan dari orang lain. Oleh karenanya, cobalah untuk memahami dan mengenal dirimu dengan baik.

Sehingga, saat kamu akan mengambil keputusan, kamu tidak mudah terbawa emosi karena sudah berpikir analitis dan matang. Dengan begitu, kamu pun tidak kehilangan arah tujuanmu.

2. Hindari aktivitas multitasking

5 Cara Melatih Self Control agar Mudah Mengendalikan Emosiilustrasi perempuan yang sedang multitasking (pexels.com/Karolina Grabowska)

Jika kamu sebelumnya senang mengerjakan dua atau lebih aktivitas dalam satu waktu, lebih baik hindari, ya. Sebab, multitasking mempunyai dampak negatif jika dikerjakan terus-menerus.

Salah satu bahaya dari multitasking yakni kamu akan lebih mudah merasa cemas sehingga dapat menimbulkan stres. Tentunya, hal itu berdampak buruk dan membuatmu jadi sulit untuk mengendalikan diri.

3. Jangan lupa untuk selalu evaluasi diri

5 Cara Melatih Self Control agar Mudah Mengendalikan Emosiilustrasi pria yang sedang menulis (pexels.com/Laura Tancredi)

Evaluasi diri bisa dilakukan agar kamu mengetahui kelemahan dan kelebihan yang kamu miliki. Kamu bisa membuat daftar pencapaian yang sudah kamu raih dan rintangan yang telah kamu lalui.

Kamu juga bisa membuat daftar keinginan yang ingin kamu raih. Dengan begitu, kamu jadi bisa refleksi diri dan mengambil pembelajaran hidup. Kamu pun akan memiliki self control dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Baca Juga: 5 Tips Ampuh untuk Belajar Self-Control yang Baik, Wajib Dikuasai!

4. Lakukan olahraga dengan teratur

5 Cara Melatih Self Control agar Mudah Mengendalikan Emosiilustrasi perempuan yang sedang olahraga lompat tali (pexels.com/Gustavo Fring)

Rutin berolahraga ternyata tidak hanya baik untuk kesehatan fisik saja, lho. Namun, olahraga juga bisa menjaga kesehatan mental, salah satunya dapat membantumu untuk mengontrol emosi.

Kamu bisa memilih lompat tali dan yoga yang bisa dikerjakan setiap hari selama 30 menit. Dengan melakukan kegiatan ini, kamu jadi bisa melampiaskan emosi tanpa harus merugikan orang lain.

5. Melatih ketenangan diri dengan rutin bermeditasi 

5 Cara Melatih Self Control agar Mudah Mengendalikan Emosiilustrasi pria yang sedang meditasi (pexels.com/Monstera)

Cara yang terakhir adalah melakukan meditasi. Bagi yang belum tahu, meditasi bisa menjadi alternatif untuk melepaskan berbagai energi negatif yang ada di dalam pikiran, lho. Tentu saja hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi diri kita.

Dengan bermeditasi setiap hari selama 10 menit, kamu akan merasa ketenangan jiwa dan pikiran. Coba lakukan ini secara rutin, ya.

Lima cara melatih self control di atas bisa mulai kamu terapkan supaya dapat mengendalikan emosi dengan baik. Sehingga saat menghadapi persoalan hidup, kamu bisa menampilkan versi terbaik dari dirimu. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Kebiasaan untuk Bantu Mengendalikan Emosi, Tenang di Segala Kondisi

Resti Salsabila Photo Verified Writer Resti Salsabila

To love oneself is the beginning of a lifelong romance

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya