Comscore Tracker

4 Cara Mendasar Generasi Millennial Membuat Indonesia Lebih Baik

#DearFutureIndonesia Saatnya generasi millennial beraksi

Generasi millennial bisa dikatakan sebagai generasi penerus bangsa. Generasi yang sangat ditunggu-tunggu untuk membawa perubahan yang baik untuk Indonesia. Karena keadaan Indonesia di masa yang akan datang adalah tanggung jawab para generasi millennial.

Bagaimana caranya kita membantu membawa perubahan yang baik untuk Indonesia sebagai generasi millennial? Berikut caranya menurut saya.

1. Menatap masa depan dengan optimis

4 Cara Mendasar Generasi Millennial Membuat Indonesia Lebih Baikpixabay.com/OpenClipart-Vectors

Gapailah cita-citamu setinggi langit. Sebuah ungkapan dari kata mutiara yang sering dijadikan sebuah motivasi dalam menggapai sebuah impian. Namun apakah sebuah keyakinan yang kita punya sudah sebesar itu?

Impian adalah sebuah perjalanan panjang yang membutuhkan perjuangan agar kelak kita memiliki masa depan yang lebih baik. Namun sudah sejauh mana nih kita sudah memaknai dan memperjuangkan impian kita?

Itulah yang harus membuat kita terus semangat dan tidak menyerah. Terus berusaha dan konsisten agar impian yang kita perjuangkan tidak sia-sia.

2. Mengembangkan potensi, inovasi dan kreasi

4 Cara Mendasar Generasi Millennial Membuat Indonesia Lebih Baikpixabay.com/geralt

Setiap orang pasti memiliki potensi dalam dirinya. Bagaimana cara kita mengetahuinya?. Pertama, tanyakan kepada diri kita sendiri. Hal apa yang kita sukai dan yang sering kita lakukan di sela-sela aktivitas harian kita. Bisa jadi tanpa kita sadari itulah potensi kita.

Jika sudah menemukannya kembangkan potensi tersebut agar terus bisa tersalurkan dengan baik. Kita juga bisa mengikuti suatu komunitas untuk lebih mengembangkan potensi tersebut.

Sehingga terciptalah sebuah ide untuk berkreasi dan berinovasi. Karena banyak pengalaman dan pembelajaran baru yang kita pelajari dari mengikuti komunitas tersebut.

Baca Juga: Ini 5 Cara Milenial Berkontribusi untuk Indonesia, Mau Coba?

3. Saling Merangkul Satu Sama Lain

4 Cara Mendasar Generasi Millennial Membuat Indonesia Lebih Baikpixabay.com/trevoykellyphotograhphy

Ketika teman kita memiliki masalah, ajaklah ia berbicara. Hal ini bukan bermaksud untuk mencampuri urusannya. Namun lebih kepada kita menunjukkan sikap peduli kepada teman kita.

Karena saat seseorang merasa dirinya cuma seorang diri. Sebenarnya ia butuh teman untuk bisa diajak bicara. Jika menemukan hal tersebut, pelan-pelan ajaklah ia berkomunikasi. Jadilah pendengar yang baik.

Jangan sekali-kali kita menjauhinya hanya karena ia terlibat dalam sebuah masalah yang besar atau merasa karena ia berbeda dengan kita. Contohnya seperti pernah terjebak dalam kasus narkoba, tawuran antar pelajar yang sampai menimbulkan korban dan hal lainnya.

Tapi rangkulah ia, ajaklah ia kembali dengan aturan yang benar. Karena jika kita membiarkannya begitu saja bukankah hanya memperburuk keadaannya?

4. Bijak menggunakan media sosial

4 Cara Mendasar Generasi Millennial Membuat Indonesia Lebih Baikpixabay.com/geralt

Di era globalisasi ini, teknologi terus berkembang dengan pesat. Banyak sekali aplikasi yang semakin mempermudah kita untuk berkomunikasi di berbagai media seperti Whatsapp, Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya. Selain itu, memudahkan kita untuk mencari dan mendapatkan informasi secara gratis dari platform penyedia artikel berita online.

Namun, di balik itu semua ada beberapa penyalahgunaan yang masih saja dilakukan seperti menyebarkan berita palsu alias hoax, saling membully satu sama lain dan penyebaran video porno secara bebas. Yuk, sebagai generasi millennial yang cerdas mulailah dari sekarang untuk memanfaatkan media sosial dengan baik seperti memanfaatkannya untuk wadah kita berkarya dan mengekspresikan karya kita.

Nah, dalam hal cara kita mengekspresikan karya kita ke media sosial pastinya kita butuh jaringan internet yang cepat dong ya. Jangan khawatir, kita bisa cobain pakai Smartfren #Super4Gkuota yang bisa mulai kamu nikmatin dari Rp2000 per GB. Dan kamu bisa cek sendiri disini https://www.smartfren.com/id/super-4g-kuota. Jadi kamu bisa bebas #KuotakanSuaramu dan #KuotakanMaumu untuk bisa berkarya lebih luas lagi.

Untuk bisa menjadikan negara Indonesia ini lebih baik. Bisa kita mulai dari diri kita sendiri terlebih dahulu. Karena jika diri kita pun bisa melakukannya orang lain pun pasti akan mengikuti.

Baca Juga: Tuangkan Harapanmu untuk Indonesia dan Menangkan Macbook Air!

Retno Nur Fitri Photo Community Writer Retno Nur Fitri

penjelajah kata..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You