Comscore Tracker

7 Kebiasaan Ini Akan Mengubah Cara Belajarmu Menjadi lebih Baik

#PanjatPoin Jangan sampai semangat belajarmu menurun ya

Sering merasa galau karena kesulitan dalam mempelajari hal-hal yang baru? Kali ini kamu tidak perlu galau lagi, karena beberapa kebiasaan yang tercantum dalam artikel ini akan membuat kamu lebih semangat belajar lagi dan pastinya bisa mengubah pola belajar kamu yang kurang baik. Yuk disimak!

1. Pelajari lebih dulu hal yang paling mendasar

7 Kebiasaan Ini Akan Mengubah Cara Belajarmu Menjadi lebih Baikunsplash.com/ASTERISK

Biasakan untuk mempelajari hal yang paling mendasar terlebih dahulu. Jangan pernah langsung untuk mencoba mempelajari sesuatu yang kamu sendiri belum tahu atau belum mengerti dasar-dasar dari apa yang kamu pelajari. Misalkan saja seperti matematika.

Ya, saya setuju memang sangat sulit untuk mempelajari matematika, tapi tentu dalam matematika ada sebuah rumus yang mendasar untuk kita jadikan sebagai modal kita dalam mengerjakan soal-soal matematika yang sulit. Jadi dicoba ya.

2. Buat jadwal belajarmu

7 Kebiasaan Ini Akan Mengubah Cara Belajarmu Menjadi lebih Baikunsplash.com/Emma Mathews

Ini sangat penting mengingat kita tidak hanya berfokus pada apa yang sedang kita pelajari. Coba kamu buat jadwal selama 1 bulan, apa saja yang ingin kamu pelajari. Anggaplah kamu sedang belajar di tempat les, maka kamu harus membuat kembali jadwal belajarmu agar lebih teratur lagi.

3. Catat bagian-bagian paling penting dari apa yang kamu pelajari

7 Kebiasaan Ini Akan Mengubah Cara Belajarmu Menjadi lebih Baikfreepik.com/katemangostar

Jika dalam belajar kamu takut merasa lupa, kamu bisa mencatat bagian-bagian penting dari apa yang kamu pelajari. Ini akan membantumu dalam mengingat garis besar dari apa yang kamu pelajari. 

Baca Juga: 5 Cara Belajar yang Tepat Untuk Anak dengan Autisme

4. Selalu belajar sendiri

7 Kebiasaan Ini Akan Mengubah Cara Belajarmu Menjadi lebih Baikpexels.com/Giftpundits.com

Selalu belajar sendiri dalam artian adalah kita mencari ilmu dan mengerjakan sesuatu itu dengan sendirinya tanpa bantuan orang lain terlebih dahulu. Karena ini akan mengubah mindset belajarmu lho. Ini juga akan membuatmu jauh lebih mandiri daripada harus selalu bergantung kepada teman atau guru. Bukan berarti guru atau teman tidak penting ya dalam kehidupan belajarmu.

5. Selalu mencoba untuk bertanya kepada guru atau kerabat

7 Kebiasaan Ini Akan Mengubah Cara Belajarmu Menjadi lebih Baikpexels.com/@zhuhehuai

Setelah kamu mencari ilmu dari berbagi sumber seperti Youtube, buku, dan sebagainya, kamu juga berhak untuk bertanya kepada guru atau seseorang yang lebih tahu, jika kamu merasa belum mendapatkan jawaban atau belum paham dari apa yang kamu pelajari dari beberapa sumber tersebut.

6. Jangan takut salah dalam belajar

7 Kebiasaan Ini Akan Mengubah Cara Belajarmu Menjadi lebih Baikpixabay.com/Tumisu

You must go ahead. Apapun yang terjadi jangan pernah takut salah dalam belajar. Salah itu wajar karena kita belajar. Itu akan menjadikan pribadi kamu yang lebih baik lagi. Sebuah proses belajar itu tidak datang dengan cepat dengan hasil yang memuaskan. Terkadang kita harus tahu letak kesalahan kita dalam belajar sehingga kita bisa memperbaikinya di kemudian hari. Apapun itu, kamu tidak perlu takut salah dalam mengerjakan soal-soal latihan. Karena itu akan membantumu untuk mengevaluasi kekuranganmu dalam mengerjakan soal-soal.

7. Selalu berdoa, itu harus!

7 Kebiasaan Ini Akan Mengubah Cara Belajarmu Menjadi lebih Baikpexels.com/Pixabay

Nah yang terakhir sebelum kamu memulai belajar, alangkah baiknya kamu berdoa terlebih dahulu. Dalam agama apapun berdoa itu harus. Berdoa sesuai keyakinan masing-masing, tapi dengan satu tujuan, yaitu "Semoga diberikan kelancaran dalam kegiatan saat ini."

Siap sukses?

Baca Juga: 7 Cara Belajar Renang Agar Kamu Cepat Mahir, Coba Deh!

Revin Julian Photo Community Writer Revin Julian

Pecinta novel fiction, penyuka dunia seni, dan tertarik dengan dunia literasi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You