Comscore Tracker

5 Keberhasilan B.J. Habibie Semasa Hidupnya, Inspiratif!

Wah, patut dicontoh nih perjuangan beliau

Jika kalian berpikir tentang demokrasi dan juga pesawat terbang, siapa sosok orang yang terlintas dalam pikiranmu? Ya, betul! dia adalah B.J. Habibie. Sosoknya sudah banyak terlibat manis pahitnya dalam dunia politik dan juga keinginannya untuk menerbangkan pesawat karya anak bangsa buatan Habibie.

Seperti yang kita tahu, kehidupan B.J. Habibie selalu mempunyai cerita yang unik untuk dibahas. Akan tetapi, keberhasilannya lah yang selalu dibahas oleh orang lain bahkan di setiap negara. 

Tak pernah berhenti dalam mengejar keinginannya, inilah 5 keberhasilan B.J. Habibie yang pernah ia rasakan.

1. Berhasil menurunkan harga dolar di tahun 1998

5 Keberhasilan B.J. Habibie Semasa Hidupnya, Inspiratif!instagram.com/@b.jhabibie

Pada saat krisis moneter di tahun 1998, Habibie menggantikan posisi Soeharto yang saat itu menjabat sebagai presiden. Tidak mudah, lho bagi seorang Habibie untuk menurunkan harga dolar.

Ia harus mengeluarkan kebijakan-kebijakan peraturan yang sudah dibuat oleh Habibie. Karena, Habibie tidak menganut yang namanya Sistem Pasar Bebas, ia justru mempertahankan harga BBM bersubsidi.

Dari situlah perjuangan Habibie semakin berat, karena pasalnya, lembaga moneter ini memaksa Habibie untuk menghapus kebijakan subsidi. Tetapi saat itu harga dolar semakin menurun semenjak Habibie menjabat sebagai presiden ke-3. Benar-benar luar biasa, lho perjuangan beliau.

2. Memimpin pembuatan pesawat N-250 Gatot Kaca

5 Keberhasilan B.J. Habibie Semasa Hidupnya, Inspiratif!instagram.com/@b.jhabibie

Bukan Habibie namanya jika semasa hidupnya tidak memikirkan tentang cita-citanya beliau dalam membuat pesawat. Ia mampu memimpin pembuatan pesawat untuk Indonesia, lho. Karena itu lah pesawat N250 Gatot Kaca ini mampu melewati Dutch Roll (pesawat yang oleng) berlebihan. Ini salah satu bukti karya yang belaiu punya semasa hidupnya.

Baca Juga: Cerita Habibie yang Pernah Hampir Diracun di Rumahnya

3. Berhasil membuat suatu teori yang bernama "Teori Habibie"

5 Keberhasilan B.J. Habibie Semasa Hidupnya, Inspiratif!instagram.com/bj_habibieofficial

Masih di bidang aeronautica nih, ternyata Habibie pernah membuat suatu teori dalam dunia dirgantara, lho. Salah satunya adalah Teori Habibie. Habibie mampu membuat perhitungan yang rumit, namun sangat men-detail sekali teorinya. Itulah sebabnya, mengapa Habibie dijuluki sebagai "Mr. Crack" dan teori ini diakui di seluruh dunia, lho.

4. Habibie pernah meraih gelar Doktor di Jerman

5 Keberhasilan B.J. Habibie Semasa Hidupnya, Inspiratif!instagram.com/@b.jhabibie

Sosok Habibie memang terkenal dengan kepintarannya. Beliau terbukti bisa mendapatkan gelar Doktor di Jerman, lho. Habibie mendapatkan gelar Doktor di Jerman dengan predikat Summa Cum Laude. Nilai mata kuliahnya semasa kuliah di Jerman nyaris sempurna. Tak heran kalau presiden ke-3 ini begitu cerdas dan juga selalu haus akan ilmu pendidikan.

5. Mendapatkan banyak penghargaan internasional

5 Keberhasilan B.J. Habibie Semasa Hidupnya, Inspiratif!instagram.com/@b.jhabibie

Pencapaiannya seakan tidak pernah berhenti, Habibie juga pernah mendapatkan banyak penghargaan internasional lho, diantarannya adalah penghargaan Edward Warner Award  dan juga Award von Karman atas keberhasilannya dalam membuat teori crack.

Tak hanya itu, perguruan tinggi ITB juga memberikan presiden ke-3 itu penghargaan tertinggi berupa Ganesha Praja Manggal Bhakti Kencana. Wah kira-kira siapa nih yang mau mengikuti jejaknya eyang Habibie?

Itulah beberapa keberhasilan B. J. Habibie semasa hidupnya. Semoga perjuangan beliau selalu menjadi inspirasi bagi anak millennial dan mampu melanjutkan perjuangan beliau dalam mengembangkan karya anak bangsa berupa pesawat terbang.

Baca Juga: 10 Potret Sepak Terjang Habibie, Mengenang Bapak Demokrasi Indonesia

Revin Julian Photo Community Writer Revin Julian

Pecinta novel fiction, penyuka dunia seni, dan tertarik dengan dunia literasi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You