Comscore Tracker

5 Hal yang Juga Perlu Diperhatikan oleh Pemerintah Indonesia

#DearFutureIndonesia yang ini jangan sampai dicuekin

Setiap negara pastinya ingin menjadi negara yang maju. Dengan segala keunikan dan budayanya, masyarakatnya juga harus mau berubah untuk menjadikan negaranya lebih maju. Peran pemerintah juga sangat dibutuhkan untuk mencapai hal tersebut.

Tugas besar juga untuk pemerintahan Indonesia. Dari banyaknya permasalahan yang ada, seperti kemiskinan hingga pengangguran, hal ini juga jangan sampai dilupakan. Perlu adanya keseriusan dalam pelaksanaannya agar semua merasakan hasilnya.

1. Sumber daya manusia yang mumpuni

5 Hal yang Juga Perlu Diperhatikan oleh Pemerintah IndonesiaPixabay.com/Rawpixel

Suatu negara pasti memiliki kekayaan alam yang berbeda-beda. Di Indonesia sendiri, kekayaan alam sangatlah berlimpah. Namun di balik itu semua, butuh sumber daya manusia yang mumpuni dan berwawasan. Pengelolaan dan pemanfaatannya perlu diperhatikan. Jika mampu menciptakan sumber daya manusia yang mumpuni dan berwawasan, maka kekayaan alam di Indonesia dapat dinikmati oleh seluruh masyarakatnya.

2. Perkembangan teknologi yang merata

5 Hal yang Juga Perlu Diperhatikan oleh Pemerintah IndonesiaPixabay.com/Free-Photos

Di zaman serba digital ini, perkembangan teknologi memang sangat pesat. Dengan adanya perkembangan teknologi tersebut, kita bisa merasakan dampak positifnya dan menpermudah segala sesuatu. Namun, tak semuanya merasakan dampak positifnya. Masih ada beberapa yang belum menikmatinya. Maka dari itu, perkembangan teknologi haruslah menjangkau seluruh daerah agar masyarakatnya menikmati manfaatnya.

Baca Juga: 4 Harapan dari Pejalan Kaki untuk Pemerintah Baru

3. Perkembangan sains untuk masyarakat

5 Hal yang Juga Perlu Diperhatikan oleh Pemerintah IndonesiaPixabay.com/Belova59

Sains memang sangat diperlukan sampai saat ini. Penelitian dan inovasi di bidang sains telah memberikan manfaat yang baik untuk keberlangsungan manusia. Perkembangan sains di tiap negara telah memberikan manfaat untuk rakyatnya. Haruslah di tiap negara mampu mengembangkan penelitian atau inovasi yang menguntungkan negara maupun rakyatnya. Begitu juga di Indonesia. Perlunya sains sangat berguna untuk edukasi maupun kebutuhan bangsa dan rakyatnya.

4. Minat membaca yang perlu ditingkatkan

5 Hal yang Juga Perlu Diperhatikan oleh Pemerintah IndonesiaPixabay.com/StockSnap

Kita tahu bahwa Indonesia sendiri menduduki peringkat yang buruk dalam hal ini. Minat membaca di Indonesia masih sangat minim. Banyak yang malas membaca dan beberapa faktor lain yang mempengaruhinya. Fasilitas membaca juga perlu ditingkatkan.

Seperti memperbaiki perpustakaan, menambah koleksi buku di perpustakaan, menciptakan suasana yang nyaman untuk membaca, dan lainnya. Sosialisasi juga harus gencar diadakan. Dari membaca, kita akan mendapatkan banyak sekali pengetahuan dan manfaat lainnya.

5. Penggunaan dan akses internet

5 Hal yang Juga Perlu Diperhatikan oleh Pemerintah IndonesiaPixabay.com/fancycrave1

Teknologi makin berkembang, zaman mulai berubah. Segala informasi sangat mudah didapatkan. Dengan adanya internet, segala sesuatu sudah sangat mudah dan cepat untuk dilakukan. Seperti mengirim pesan, mencari informasi, membaca berita, dan lainnya.

Namun di balik segudang manfaatnya, akses internet perlu merata di tiap daerah dan terjangkau untuk seluruh elemen masyarakat. Penggunaannya juga haruslah yang positif. Maka dari itu, SMARTFREN berkontribusi untuk memberikan layanan kepada masyarakat dengan #Super4GKuota. Kuota besar 24 jam bisa kamu gunakan sepuasnya. Dengan harga yang terjangkau mulai dari harga Rp30.000 an kamu juga bisa #KuotakanSuaramu untuk ikut berkontribusi membangun Indonesia lebih baik lagi dan #KuotakanMaumu untuk memberikan manfaat dan membantu negara maupun masyarakat. Gunakan internet dengan positif dan gunakan juga untuk hal-hal yang bermanfaat.

Itulah 5 hal yang perlu diperhatikan di balik banyaknya permasalahan di Indonesia. Kontribusi kita juga sangat penting untuk membantu perkembangan Indonesia. Jadi, sudahkah kamu berkontribusi untuk negara?

Baca Juga: Tuangkan Harapanmu untuk Indonesia dan Menangkan Macbook Air!

Reza Nur Wibisono Photo Writer Reza Nur Wibisono

Penghuni 'titik biru pucat' di luasnya alam semesta.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya