Comscore Tracker

5 Bukti Ini Menunjukkan bahwa Kamu Cocok Dianggap si Kepala Batu

Kerasnya mengalahkan batu, nih!

Watak merupakan sifat bawaan manusia yang memengaruhi tingkah laku dan pikiran. Salah satu watak yang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain, yaitu keras kepala. Sedihnya, banyak yang bilang kalau watak gak bisa diubah. Gak seratus persen benar, sih. Itu karena ada juga yang ternyata berhasil meredam watak ini asalkan ada kemauan.

Berikut ini adalah lima ciri-ciri bahwa kamu termasuk orang yang susah dibilang alias keras kepala. Apakah kamu termasuk?

1. Gengsi kalau sudah urusan minta tolong

5 Bukti Ini Menunjukkan bahwa Kamu Cocok Dianggap si Kepala Batuhttps://unsplash.com/@sammanns94

Selama bisa melakukan semuanya sendirian, kamu akan bertahan untuk mengerjakannya tanpa bantuan orang lain. Buruknya, pekerjaan paling berat pun akan semaksimal mungkin kamu kerjakan tanpa memikirkan bagaimana dampaknya terhadap dirimu.

Kamu menganggap bahwa ditolong orang lain sama saja mencoreng harga dirimu. Pokoknya, ada aja pikiran negatif menghadang. Padahal, apa yang dipikirkan orang saat ingin membantumu tidak seburuk yang kamu pikirkan, lho.

2. Setiap ada perdebatan, argumentasimu harus diterima

5 Bukti Ini Menunjukkan bahwa Kamu Cocok Dianggap si Kepala Batuhttps://unsplash.com/@iyolanda

Mempertahankan argumentasi yang salah adalah ciri-ciri si kepala batu. Kamu terlalu yakin bahwa gak ada pendapat yang paling benar selain pendapatmu. Buah pikiranmu layak diterima sebagai masukan atas setiap kondisi yang terjadi. Argumentasi orang lain seakan-akan kurang tepat dan gak solutif.

Baca Juga: Masih Keras Kepala? Kalau Iya, Kamu Bakal Mengalami 8 Hal Ini   

3. Tidak mau mengalah dalam hal apa pun

5 Bukti Ini Menunjukkan bahwa Kamu Cocok Dianggap si Kepala Batuhttps://unsplash.com/@artur_nasyrov

Bagi si kepala batu, diam tak bersuara bukanlah emas, apalagi sampai mengalah dan pasrah. Prinsipmu harus berkoar-koar sampai lawan bicara terdiam. Itu karena ketika orang lain menang saat berargumentasi, harga dirimu seolah terinjak-injak.

4. Nekat, meski sudah diberi tahu berulang-ulang

5 Bukti Ini Menunjukkan bahwa Kamu Cocok Dianggap si Kepala Batuhttps://unsplash.com/@stairhopper

Bukan saja kepala yang keras, pola pikir pun sudah membatu. Masih bisa dipakai untuk berpikir, sih. Namun, apa pun perkataan orang akan memantul kembali alias jadi angin lalu. Bahkan, ketika saran tersebut sebenarnya baik untukmu, tanpa pakai pikir panjang, kamu akan tegas berkata tidak.

5. Orang enggan bekerja sama denganmu

5 Bukti Ini Menunjukkan bahwa Kamu Cocok Dianggap si Kepala Batuhttps://unsplash.com/@kj2018

Sikap keras kepala yang mendarah daging kadang menjadi bumerang bagi diri sendiri. Perhatikan teman-teman di lingkungan kerja atau sekolahmu, ya. Apakah mereka merasa keberatan ketika ditempatkan satu tim denganmu?

Sebagian besar dari mereka cenderung menghindari punya urusan denganmu karena mungkin kapok pernah bekerja sama. Tentu hal ini akan menyusahkan dirimu ke depannya.

Nah, masih tertarik jadi orang keras kepala? Atau mau mulai berubah menjadi lebih baik? Semua tergantung kamu, kok!

Baca Juga: 7 Alasan Sah Cewek Keras Kepala Masih Layak Diperjuangkan

Ribka Damanik Photo Verified Writer Ribka Damanik

musik, dance, menulis, dan hal-_hal berbau fun adalah penyeimbang hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya