Comscore Tracker

7 Tips Membersihkan Rumah Usai Terkena Banjir 

#IDNTimesLife Supaya siap dihuni kembali!

Pekan lalu, banyak rumah di daerah Jadetabek dan sekitarnya yang terendam banjir. Ketika banjir surut, tentunya meninggalkan banyak bekas seperti tumpukan lumpur serta barang-barang yang basah dan lembap.

Barang-barang tersebut harus segera dibersihkan dengan baik supaya dapat digunakan seperti sebelumnya, begitu pun rumah agar nyaman dihuni kembali. Berikut IDN Times akan memberikan tipsnya untuk kamu!

1. Pakai alat pelindung diri

7 Tips Membersihkan Rumah Usai Terkena Banjir pexels.com/Anna Shvets

Alat pelindung yang dimaksud adalah sarung tangan, sepatu boots, masker, dan alat lainnya yang mendukungmu kenyamananmu dalam membersihkan rumah. Selain itu, alat-alat ini juga dapat melindungi kulit dan tubuhmu dari berbagai macam penyakit, lho! Karena banjir membawa banyak kuman dan bakteri.

2. Lepaskan yang masih terhubung dengan stopkontak

7 Tips Membersihkan Rumah Usai Terkena Banjir pexels.com/Markus Spiske

Sebelum lanjut membersihkan rumah, kamu harus mematikan listrik dan mencabut kabel yang masih terhubung ke stopkontak. Hal ini guna mencegah kebakaran atau korsleting listrik. Jangan lupa, kamu harus berhati-hati ya ketika membersihkan alat elektronik!

3. Pindahkan furnitur ke tempat kering

7 Tips Membersihkan Rumah Usai Terkena Banjir pexels.com/Mike

Untuk memudahkan kamu membersihkan keseluruhan bagian rumahmu, furniture yang basah dan terendam air dapat kamu pindahkan ke tempat yang kering lalu kamu keringkan. Terutama untuk yang berbahan dasar kayu, supaya gak mudah lapuk dan masih dapat digunakan.

4. Bersihkan dinding dan lantai

7 Tips Membersihkan Rumah Usai Terkena Banjir pexels.com/Rony Stephen

Tentunya banjir meninggalkan lumpur pada dinding dan lantai rumahmu. Setelah kamu memindahkan barang-barang, kamu bisa mulai membersihkan dinding dan lantai rumah dari sisa genangan air dan juga lumpur. Jangan lupa gunakan pembersih yang dapat membunuh kuman dan jamur dengan efektif.

Baca Juga: Tina Toon: Jakarta dan Kota Penyangga Harus Cari Solusi Tangani Banjir

5. Pilah barang yang masih bisa terpakai

7 Tips Membersihkan Rumah Usai Terkena Banjir pexels.com/Andrea Piacquaido

Ada barang yang masih bisa dipakai dan ada yang harus dibuang karena terlanjur rusak parah akibat banjir. Ini waktunya kamu memilah barang sembari membereskannya.

6. Bersihkan barang yang masih bisa terpakai

7 Tips Membersihkan Rumah Usai Terkena Banjir pexels.com/cottonbro

Usai memilah-milah barang tadi, tentu kamu harus membersihkannya dengan baik. Pakaian-pakaian sebaiknya dicuci dengan baik supaya gak ada kotoran yang menempel. Begitu juga dengan barang-barang, segera sikat, bilas, dan keringkan supaya gak berjamur.

7. Tata kembali barang-barang dalam rumahmu

7 Tips Membersihkan Rumah Usai Terkena Banjir pexels.com/Huy Phan

Setelah semuanya bersih, jangan lupa untuk menata kembali isi dalam rumahmu. Penting, jangan letakkan kembali barang-barang berharga di tempat yang mudah terendam banjir untuk mengantisipasi apabila banjir datang kembali.

Itu dia tips membersihkan rumah usai terkena banjir yang bisa kamu terapkan. Tetap semangat dan semoga bermanfaat!

Baca Juga: 7 Bencana Banjir Terparah di Dunia, Banjir Jakarta Semoga Tidak

Topic:

  • Rifdah Jihan Azizah
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya