Comscore Tracker

5 Sikap Positif yang Bisa Kita Contoh dari Arthur Fleck, Pemeran Joker

Meskipun jahat, dia masih punya sikap baik lho

Film Joker menggemparkan siapa saja yang menontonnya. Berbagai macam kejutan disajikan di film ini, termasuk sosok Arthur Fleck yang bertransformasi sebagai sosok Joker yang menjadi penjahat abadi Kota Gotham ini.

Namun di balik jahatnya seorang Joker, ternyata masih ada sikap positif yang bisa kita ambil dan jadikan contoh untuk kita berperilaku sehari-hari lho.

Namun sebelum melanjutkan membaca, artikel ini mengandung beberapa spoiler dari film, sehingga jika kamu belum menonton filmnya dan gak mau terkena spoiler sebaiknya artikel ini dibaca kembali setelah kamu sudah menonton filmnya, ya!

1. Berusaha meminta maaf saat penyakit tertawanya kambuh

5 Sikap Positif yang Bisa Kita Contoh dari Arthur Fleck, Pemeran JokerImdb.com

Arthur memiliki kelainan syaraf otak yang membuatnya tertawa tak terkendali saat ada perasaan tertentu yang melandanya. Hal ini tentu sangat sering menimbulkan salah persepsi bagi orang-orang di sekitarnya.

Meskipun sulit dikendalikan, dalam beberapa adegan film, Arthur selalu berusaha meminta maaf kepada orang di sampingnya yang terganggu dengan penyakit tertawanya. Beberapa orang memahami, namun sayangnya beberapa orang juga gak mau tahu dan justru mengolok-olok Arthur.

Sikap untuk berusaha meminta maaf ini yang bisa kita ambil untuk berperilaku sehari-hari jika ada hal dari diri kita yang ternyata mengganggu orang di sekitar.

2. Orang yang rajin untuk mengejar mimpi

5 Sikap Positif yang Bisa Kita Contoh dari Arthur Fleck, Pemeran JokerImdb.com

Arthur bercita-cita menjadi seorang stand up comedian. Menariknya, Arthur terlihat sangat antusias dalam meraih cita-citanya. Ada adegan film yang menunjukkan dia datang ke acara stand up comedy dan mencatat hal-hal yang dilakukan stand up comedian yang sedang tampil untuk bahan latihannya.

Selain itu, Arthur juga mengumpulkan bahan-bahan candaan stand up comedy di sebuah buku yang telah dipakainya hingga usang untuk dibaca dan dipraktikkan saat menjadi stand up comedian.

Hasilnya, penampilan perdananya dalam panggung stand up comedy disukai oleh Murray yang berujung diundangnya ke acara talk show yang dipandu oleh Murray. Ini bisa kita contoh untuk selalu berlatih dan berusaha menjadi apa yang kita cita-citakan.

3. Arthur seorang yang well prepared

5 Sikap Positif yang Bisa Kita Contoh dari Arthur Fleck, Pemeran JokerImdb.com

Sebelum datang menghadiri undangan acara Murray, Arthur terlihat memutar video rekaman acara tersebut dan mempersiapkan dirinya dengan sangat detail seperti bagaimana cara memasuki panggung, bersalaman dengan orang yang ada di acara tersebut, hingga cara berbincang kepada Murray.

Arthur juga mempersiapkan penampilannya yang terlihat paling sempurna dibandingkan riasan badut yang diperankan Arthur sebelumnya. Arthur juga menyiapkan joke yang ternyata berakhir kepada pembunuhan kejam dalam film ini.

Sikap untuk well prepared secara mendetail inilah yang bisa kita contoh dari Arthur Fleck, bagaimana dia benar-benar menyiapkan secara rinci bahkan mensimulasikan apa yang akan dihadapinya nanti saat acara.

Baca Juga: 10 Potret Romantis Pemeran Joker Joaquin Phoenix Bareng Rooney Mara

4. Selalu berusaha mengurus ibunya

5 Sikap Positif yang Bisa Kita Contoh dari Arthur Fleck, Pemeran JokerImdb.com

Di awal-awal film, Arthur sangat tulus merawat ibunya. Dari menyiapkan makanan, memandikan, mengecek kotak surat, hingga membangunkan ibunya yang tertidur di depan TV juga dia lakukan dengan rutin setiap harinya. Hal ini yang bisa menjadi pelajaran bagi kita bagaimana seorang Arthur gak pernah lelah mengurus ibunya, tentunya sebelum dia mengetahui fakta yang membuatnya sangat marah hingga mengakhiri nyawa ibunya.

5. Menghargai orang lain yang baik kepadanya

5 Sikap Positif yang Bisa Kita Contoh dari Arthur Fleck, Pemeran JokerInstagram.com/healyandson

Ada satu adegan dalam film ini di mana Arthur membunuh dengan sadis teman kerjanya yang bernama Randall karena sudah membuatnya celaka akibat memberikannya senjata api. Namun dalam adegan itu pula terlihat sisi baik Arthur yang gak mau membunuh Gary, seorang rekan kerja yang gak pernah menjahati Arthur.

Bahkan Arthur juga mencium kepala Gary sebelum membiarkan Gary lari dari rumahnya. Meskipun sangat marah terhadap seseorang, namun kita sebaiknya juga gak perlu melampiaskan kemarahan tersebut kepada orang lain yang selalu baik terhadap diri kita, seperti yang dilakukan Arthur terhadap Gary.

Itulah 5 hal positif dari sikap yang dilakukan Arthur Fleck sebagai Joker di film ini. Tindakan Joker memang gak bisa dibenarkan karena melakukan tindakan yang anarki. Namun jika dilihat secara menyeluruh, tetap ada hal-hal positif dari sikap Arthur di film ini yang menginspirasi kita untuk menjadi orang yang lebih baik lagi.

Baca Juga: Penting! 5 Pelajaran Hidup yang Dapat Kamu Ambil dari Film Joker

Rijalu Ahimsa Photo Verified Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya