Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Positif Ini di Usia 20-an, Jangan Buang Waktu!

Hidup terlalu singkat untuk sekadar senang-senang

Usia 20 tahun adalah usia di mana seseorang dianggap sudah dewasa secara usia dan kehidupan. Pada usia tersebut, kita sudah mandiri, menyelesaikan masalah dengan cara sendiri, dan menentukan jalan seperti apa yang akan kita lalui untuk memperindah masa depan. Daripada bingung harus bagaimana di usiamu yang menginjak kepala dua, yuk simak lima hal yang harus kamu lakukan di usia 20 tahun.

1. Merancang masa depan

Lakukan 5 Hal Positif Ini di Usia 20-an, Jangan Buang Waktu!pixabay.com

Agar hidupmu tidak terasa begitu-begitu saja dan monoton. Kamu harus merancang mimpimu sendiri. Buatlah semua cita-cita yang ingin kamu capai dan bahkan cita-cita yang saat ini sedang kamu perjuangkan. Tulis semua mimpi itu dan berikan target yang spesifik pada saat usia berapa kira-kira kamu bisa mencapainya. Jadikan mimpi-mimpi itu sebagai fokus utama dan tujuan agar kamu tahu ada yang harus kamu kerjakan saat ini.
Bangunlah mimpi itu dan berusahalah untuk mewujudkannya. Percuma jika kamu sudah bermimpi tetapi tidak segera bangun. Mimpimu hanyalah akan menjadi mimpi yang tidak bisa kamu nikmati di dunia nyata.

2. Belajar apapun, di manapun, dan kapanpun

Lakukan 5 Hal Positif Ini di Usia 20-an, Jangan Buang Waktu!pixabay.com

Belajar itu bisa melalui buku, novel, film, pengalaman, dan lain-lain. Di usiamu yang menginjak kepala dua ini, sebaiknya kamu belajar tentang hal-hal yang penting, yang tidak bisa sepenuhnya kamu dapat di sekolah atau kampus. Seperti belajar bahasa baru, cara menata bisnis, belajar agama, filsafat, dan hal-hal yang menurutmu penting dan akan dibutuhkan nantinya dalam kehidupan.

3. Investasi untuk masa depan

Lakukan 5 Hal Positif Ini di Usia 20-an, Jangan Buang Waktu!pixabay.com

Investasi merupakan hal yang sangat penting yang sangat sayang jika kamu tidak melakukannya di usia muda seperti ini. Banyak para orang tua yang dulunya menyesal karena semasa mudanya menghabiskan waktu dan uang tanpa mengenal investasi.
Investasi juga tidak hanya berupa uang, tapi juga bisa berupa benda. 

Baca Juga: 6 Alasan Gak Usah Buru-buru Pacaran di Awal Usia 20an 

4. Mencintai diri sendiri dengan menjalani pola hidup sehat

Lakukan 5 Hal Positif Ini di Usia 20-an, Jangan Buang Waktu!pixabay.com

Semakin bertambah usia, terkadang kita sering menyakiti diri sendiri tanpa sadar. Mencoba hal-hal baru yang justru malah merusak sistem tubuh dalam diri sendiri, seperti mencoba rokok dan alkohol. Jika kamu terjebak dalam situasi seperti itu, berhenti sekarang! Cintailah dirimu sendiri dengan menjalani pola hidup yang sehat. Dan jangan lupa juga untuk melakukan olahraga rutin.

5. Berbaur dengan lingkungan sosial dan alam

Lakukan 5 Hal Positif Ini di Usia 20-an, Jangan Buang Waktu!Pixabay/vait_mcright

Setelah mencintai diri sendiri, cintailah orang-orang yang ada di sekitarmu, cintai juga alam yang selama ini menopangmu untuk tetap tinggal di bumi hingga dewasa ini. Berikan orang-orang sekitarmu rasa aman untuk tetap bisa menerimamu dalam lingkungan. Dan jagalah lingkungan dengan merawatnya.

Jangan membuang waktu di usia muda mu dengan kesenangan yang tidak menghasilkan apa-apa. Jadikan pengalaman orang-orang terdahulu agar hidupmu lebih bermakna, karena hidup yang singkat ini bukan hanya untuk senang-senang semata.

Baca Juga: 5 Alasan Boleh Mengubah Mimpi di Pertengahan Usia 20an

Riko Orlando Photo Community Writer Riko Orlando

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You