Comscore Tracker

5 Tanda Rasa Cemas Sudah Mulai Memengaruhi Kesehatanmu!

Segera sadari!

Demi menjaga kesehatan diri dan pikiran, tidak semestinya kamu memelihara kecemasan dalam diri. Rasa cemas memang bisa disebabkan oleh banyak hal baik itu karena pekerjaan, masalah keluarga dan lainnya.

Cobalah lihat pada diri kamu sendiri apakah rasa cemas dalam diri kamu sudah berlebihan hingga memengaruhi kesehatan kamu. Ingin lihat tanda-tandanya, simak penjelasan berikut ini.

1. Mudah pusing

5 Tanda Rasa Cemas Sudah Mulai Memengaruhi Kesehatanmu!ilustrasi pusing pusing (pexels.com/andreapiacquadio)

Mencemaskan suatu hal memang wajar, namun sebaiknya kamu mampu menghentikannya ketika kecemasan kamu tersebut mudah membuat kamu pusing. Hal ini kurang baik untuk kesehatan tubuh karena bisa jadi memengaruhi bagian tubuh lainnya. 

Cobalah untuk bisa berpikir jalan keluar terbaik dari permasalahan yang bisa membuat kamu cemas. Jika masalah teratasi, kecemasan dalam diri pasti berkurang.

2. Mengganggu tidur

5 Tanda Rasa Cemas Sudah Mulai Memengaruhi Kesehatanmu!ilustrasi tidur (pexels.com/johnmarksmith)

Kecemasan yang berlebihan dalam diri juga bisa mengganggu tidur kamu. Hal ini pertanda jika kecemasan tersebut sudah memengaruhi kesehatan tubuh. 

Tidur adalah suatu hal yang sebaiknya bisa dimaksimalkan untuk menjaga kebugaran tubuh ditengah aktivitas. Jangan sampai hanya karena kamu tidak bisa menghilangkan rasa cemas tersebut semuanya berantakan!

Baca Juga: 5 Momen Penting namun Kerap Membuat Cowok Merasa Cemas, Hadapi Saja!

3. Tidak nafsu makan lagi

5 Tanda Rasa Cemas Sudah Mulai Memengaruhi Kesehatanmu!ilustrasi tidak napsu makan (pexels.com/koolshooters)

Tanda lain yang bisa menunjukan jika rasa cemas kamu sudah mampu memengaruhi kesehatan ialah tidak nafsu makan. Selain istirahat cukup, makan merupakan kebutuhan utama tubuh supaya terjaga dengan baik kesehatannya. 

Sebaiknya kamu perlu mengurangi rasa cemas dalam diri kamu tersebut. Bisa-bisa jika dibiarkan berlarut, tubuh kamu jadi kurus karena berkurangnya nafsu makan akibat rasa cemas berlebihan.

4. Fokus berkurang

5 Tanda Rasa Cemas Sudah Mulai Memengaruhi Kesehatanmu!ilustrasi pria (pexels.com/koolshooters)

Ketika kamu terus memelihara rasa cemas dalam diri, bisa juga memengaruhi fokus dalam pikiran kamu. Pekerjaan dan aktivitas yang seharusnya bisa dilakukan dengan baik mudah terbengkalai begitu saja.

Hal ini juga menjadi salah satu pertanda jika sebenarnya rasa cemas kamu yang berlebihan tersebut sudah mengganggu kesehatan. Sebaiknya kurangi secara perlahan supaya tidak makin parah ke depannya.

5. Tekanan darah mudah naik

5 Tanda Rasa Cemas Sudah Mulai Memengaruhi Kesehatanmu!ilustrasi pria (pexels.com/andrewneel)

Rasa cemas yang berlebihan juga mampu membuat tekanan darah kamu naik. Hal ini menjadi salah satu tanda jika kesehatan kamu mulai terganggu.

Biasanya ketika tekanan darah meningkat, kamu mudah sekali merasakan pusing yang hebat. Beberapa kasus bahkan ada yang sampai parah hingga menyebabkan stroke lho.

Setelah melihat beberapa tanda jika rasa cemas kamu sudah memengaruhi kesehatan, sebaiknya kamu patut waspada ya guys. Jangan sampai pada akhirnya timbul penyakit lho.

Baca Juga: 5 Hal Buruk yang Dapat Terjadi jika Kamu Cemas Berlebihan

Rinda Ratna  Dewi Photo Verified Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya