Comscore Tracker

5 Alasan Orang Enggan Bandingkan Hidupnya dengan Orang Lain

Sesuatu yang bikin rugi

Membanding-bandingkan diri dengan orang lain ada kalanya memberi pengaruh yang kurang baik. Salah satu hal tersebut ialah dapat membuat pikiran cepat sekali stres hanya karena merasa hidup kita banyak kurangnya. Bagi sebagian orang, mereka justru tidak tertarik untuk membandingkan hidup mereka dengan orang lain.

Pasti sikap mereka ini punya alasan tersendiri yang sebaiknya bisa kita pahami dengan betul. Alasan yang pastinya demi kebaikan diri mereka sendiri nantinya. Lantas alasan seperti apa, simak penjelasan berikut ini yuk!

1. Tidak ada gunanya

5 Alasan Orang Enggan Bandingkan Hidupnya dengan Orang Lainilustrasi pria sedang berkaca (pexels.com/divaplavalaguna)

Bagi sebagian orang, membandingkan kehidupannya dengan orang lain merupakan suatu hal yang sia-sia dan tidak ada gunanya. Masih banyak kegiatan penting lainnya yang harus mereka kerjakan dan pastinya lebih bermanfaat. Buat apa sibuk dengan kehidupan orang lain yang tidak ada pengaruhnya untuk diri sendiri.

Menyibukan diri dengan banyak hal positif justru akan meningkatkan kualitas dalam kehidupannya. Kelak ia akan jadi orang yang sukses tanpa harus mencampuri banyak urusan orang lain. Apa kamu juga sependapat dengan mereka guys?

2. Merasa hidupnya sudah cukup bahagia 

5 Alasan Orang Enggan Bandingkan Hidupnya dengan Orang Lainilustrasi bahagia (pixabay.com/free-photos)

Ketika seseorang merasa jika hidupnya sudah cukup bahagia, tidak ada hal lain yang lebih penting. Salah satunya bahkan harus repot-repot membandingkan kehidupannya dengan orang lain. Kehidupan mereka yang bahagia tersebut cukup sayang jika harus dikotori dengan pikiran negatif pada orang lain.

Hal ini cukup bermanfaat sekali untuk masa depan kehidupannya kelak. Rasa bahagianya akan bertahan jauh lebih lama lagi dalam hidupnya. Memang suatu yang kurang bermanfaat si sebenarnya karena membandingkan kehidupannya dengan orang lain.

3. Tidak ingin banyak beban

5 Alasan Orang Enggan Bandingkan Hidupnya dengan Orang Lainilustrasi berlibur (pixabay.com/jillwellington)

Alasan seseorang enggan membandingkan kehidupannya dengan orang lain karena tidak ingin banyak beban dalam hidupnya. Ia ingin kehidupannya berjalan apa adanya dengan segala nikmat bisa ia syukuri dengan baik. Tipe orang yang seperti ini biasanya lebih awet muda dari usianya.

Bagi mereka lebih penting memikirkan beban hidup sendiri daripada memikirkan urusan orang lain. Banyak beban hidup akan membuatnya lebih cepat stres. Pastinya hal tersebut akan membawa kerugian untuk mereka kedepannya.

Baca Juga: 5 Cara Cegah Diri Membandingkan Hidup dengan Orang Lain

4. Ingin fokus pada kehidupannya

5 Alasan Orang Enggan Bandingkan Hidupnya dengan Orang Lainilustrasi bekerja (pexels.com/Tony Schnagl)

Karena ingin fokus pada kehidupannya sendiri membuat seseorang tidak tertarik untuk memperhatikan sekitarnya. Termasuk salah satunya membandingkan kehidupannya dengan kehidupan orang lain. Seburuk apapun kehidupan mereka akan selalu mereka syukuri dan akan berusaha memperbaikinya.

Bukan saatnya lagi untuk memikirkan kehidupan orang lain apalagi membandingkan dengan dirinya. Dengan fokus pada kehidupannya, semua yang ingin didapatkan akan mudah didapatkan. Sebaliknya terlalu sibuk membandingkan kehidupan orang lain bisa mengurangi produktivitasnya.

5. Orang lain bukan standar untuknya

5 Alasan Orang Enggan Bandingkan Hidupnya dengan Orang Lainilustrasi pria (pexels.com/RODNAE Productions)

Ada sebagian orang yang menjadikan orang lain sebagai standar kehidupannya. Namun bagi sebagian diantara mereka ada yang enggan membandingkan hidupnya dengan orang lain. Bagi mereka, menjadikan orang lain menjadi standar hidupnya akan membuat semua terasa tidak nyaman.

Setiap orang pastinya punya kehidupannya masing-masing yang sudah semestinya disyukuri. Coba bayangkan jika kamu menjadikan orang lain sebagai standar sementara pada dasarnya kamu sendiri belum mampu. Hal ini justru bisa membuat pikiran menjadi stres dan beban hidup semakin banyak.

Itulah beberapa alasan sebagian orang enggan membandingkan kehidupanmu dengan orang lain. Memang bukan sesuatu yang baik untuk dilakukan kok guys. Coba pahami ya!

Baca Juga: 5 Etika Bekerja di Bawah Pimpinan Baru, Jangan Membandingkan

Rinda Ratna  Dewi Photo Verified Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya