Comscore Tracker

5 Alasan Pentingnya Beri Peringatan pada 'Covidiot' Saat Wabah Corona

Bersama-sama kita bisa memerangi wabah virus COVID-19

Istilah covidiot yang yang baru-baru ini sering muncul di tengah wabah COVID-19. Istilah ini punya makna seorang yang egois dan keras kepala yang cenderung tidak mengindahkan aturan untuk menjaga jarak aman demi pencegahan COVID-19. Ia cenderung melakukan berbagai hal yang justru banyak mengundang bahaya serta merugikan sebagian orang seperti misalnya juga melakukan panic buying.

Tindakan yang cenderung mengundang bahaya yang mereka lakukan perlu adanya suatu peringatan keras untuk mereka. Di saat yang lain ikut berjuang melakukan pencegahan COVID-19, covidiot justru melakukan hal-hal yang mengundang bahaya.

Berikut 5 alasan pentingnya memberi peringatan pada covidiot karena tindakannya yang sudah keterlaluan.

1. Karena tindakannya yang terlalu egois dan tidak peduli orang lain

5 Alasan Pentingnya Beri Peringatan pada 'Covidiot' Saat Wabah CoronaPixabay.com/JESHOOTS-com

Perlu adanya tindakan keras guna memberikan peringatan pada covidiot karena beberapa tindakan yang dilakukannya terkait COVID-19 dirasa bisa membahayakan diri mereka sendiri maupun orang lain.

Covidiot akan cenderung tidak memedulikan anjuran untuk menjaga jarak aman dengan orang lain, banginya kepentingannya lebih penting dari pada sekadar mematuhi anjuran yang ada.

Tindakan mereka salah besar, karena walau bagaimana kita tetap perlu usaha demi kelangsungan hidup kita dan banyak orang, tidak lantas mengundang bahaya.

2. Dapat membahayakan dirinya sendiri dan orang banyak

5 Alasan Pentingnya Beri Peringatan pada 'Covidiot' Saat Wabah CoronaUnspalsh.com/Macau Photo Agency

Tindakan covidiot yang justru dengan sengaja tidak memedulikan anjuran dari pemerintah seperti misalnya bepergian jauh walau sudah dilarang, bisa juga ia mengadakan acara yang mengundang orang banyak di tengah wabah COVID-19.

Tindakan membuat suatu acara yang menghadirkan orang banyak seharusnya tidak ia lakukan karena COVID-19 bisa saja cepat menyebar ketika ada sentuhan dengan orang yang positif COVID-19 dan itu akan sangat membahayakan dirinya sendiri juga orang di sekitarnya.

Baca Juga: 5 Info Kesehatan Palsu yang Sebenarnya Tak Mampu Menangkal COVID-19

3. Bisa jadi ia berperan dalam memperluas penyebaran COVID-19

5 Alasan Pentingnya Beri Peringatan pada 'Covidiot' Saat Wabah CoronaPixabay.com/geralt

Seorang covidiot dengan tindakannya yang penuh egois karena tidak mengindahkan anjuran yang ada demi sebuah kepentingan pribadinya akan menimbulkan pengaruh buruk bagi dirinya sendiri maupun orang lain.

Tindakannya tersebut bisa saja secara tidak langsung ia ikut berperan dalam memperluas penyebaran COVID-19. Misalnya saja ketika ia melanggar aturan dengan tetap bepergian ke tempat ramai yang bisa saja membawa virus corona baru tersebut ke tempat baru maupun lingkungan tempat tinggalnya sehingga semakin memperluas bahaya penularan virus SARS-CoV-2.

4. Membawa pengaruh buruk bagi orang lain di sekitarnya

5 Alasan Pentingnya Beri Peringatan pada 'Covidiot' Saat Wabah CoronaUnspalsh.com/kevin laminto

Ketika seorang dengan sengaja melanggar anjuran yang disarankan pemerintah, bisa saja ia juga akan membawa pengaruh buruk bagi orang lain di sekitarnya. Bisa saja tindakan yang ia lakukan akan diikuti orang lain.

Ketika orang di sekitarnya ikut terpengaruh dan tidak lagi mengindahkan anjuran yang ada, bisa saja tindakan pencegahan COVID-19 yang banyak dilakukan oleh sebagian besar orang dan juga oleh pemerintah akan berakhir sia-sia.

5. Ia bisa memperkeruh keadaan

5 Alasan Pentingnya Beri Peringatan pada 'Covidiot' Saat Wabah CoronaPixabay.com/Wphoto

Tindakan yang dilakukan covidiot bisa saja memperkeruh keadaan yang ada, keadaan yang memang sudah penuh dengan kekhawatiran banyak orang ditambah lagi dengan sikapnya yang sembrono dan egois akan bisa menimbulkan kemarahan banyak orang hingga perlu adanya sebuah peringatan keras untuknya.

Seperti halnya ketika pemerintah melarang adanya suatu bentuk kerumunan, covidiot justru tidak memedulikan hal tersebut sehingga bisa saja dapat memperkeruh keadaan karena hal yang ia lakukan bisa menimbulkan kemarahan dari banyak orang.

Itulah 5 alasan mengapa perlu adanya suatu bentuk peringatan untuk perilaku covidiot yang bisa saja membahayakan banyak orang. Tindakan-tindakan pencegahan yang sekarang ini banyak dianjurkan sebaiknya kita dukung dan kita patuhi demi keselamatan bersama.

Baca Juga: Selain Covidiot, Ini 9 Sebutan Baru yang Muncul Akibat Pandemi Corona 

5 Alasan Pentingnya Beri Peringatan pada 'Covidiot' Saat Wabah CoronaPenanganan virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Rinda Ratna Photo Verified Writer Rinda Ratna

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya