Comscore Tracker

6 Manfaat Terapkan Mindful Listening Saat Pasangan Butuh Teman Curhat 

Tidak hanya pasangan, tapi banyak manfaatnya juga untuk kita

Berbagi keluh kesah kepada orang lain menjadi salah satu cara untuk meringankan beban yang ada, maka dari itu mereka membutuhkan sosok yang bisa menjadi pendengar yang baik. Ketika orang lain butuh tempat curhat hendaknya kita perlu menerapkan mindful listening.

Proses mendengarkan sepenuh hati dengan perhatian serta kesadaran perlu dilakukan terutama untuk orang terkasih seperti pasangan hidup kita saat ia butuh teman curhat. Ada 6 manfaat ketika kita menerapkan mindful listening saat pasangan membutuhkan teman curhat di antaranya.

1. Timbul rasa saling terbuka dalam hubungan

6 Manfaat Terapkan Mindful Listening Saat Pasangan Butuh Teman Curhat Pixabay.com/Free-Photos

Ketika kita mampu menjadi pendengar yang baik yang mampu menerapkan suatu proses mendengarkan sepenuh hati berbagai macam curahan hati pasangan hidup kita, secara tidak langsung akan menimbulkan rasa keterbukaan satu sama lain. Pasangan akan merasa curahan hati mereka di dengar dengan baik sehingga menimbulkan rasa keterbukaan di dalam hubungan. Hal ini menjadi bukti jika menerapkan mindfull listening bukan hanya bermanfaat untuk pasangan, akan tetapi untuk hubungan. 

2. Pasangan akan lebih nyaman dengan kita

6 Manfaat Terapkan Mindful Listening Saat Pasangan Butuh Teman Curhat Pixabay.com/StockSnap

Kebiasaan kita yang selalu ada dan selalu siap menjadi pendengar yang penuh perhatian dan juga bisa sepenuh hati serta penuh kesadaran seperti pada proses mendengar mindful listening, membuat kenyamanan tersendiri bagi pasangan. Dari pada bercerita dengan orang lain, pasangan akan lebih nyaman dengan kita yang selalu setia mendengarkan apa pun darinya. Kita akan menjadi orang pertama yang akan ia temui ketika membutuhkan sosok yang bisa mendengarkan curahan hatinya.

3. Jadi sarana belajar memahami pasangan

6 Manfaat Terapkan Mindful Listening Saat Pasangan Butuh Teman Curhat Pixabay.com/pexels

Dengan menjadi pendengar yang tulus sepenuh hati di setiap curahan hati pasangan juga bisa menjadi sarana kita mengenal lebih dalam dan memahami bagaimana pasangan kita yang sebenarnya. Dari cara dia mengatasi masalah, sikap dan sifat pasangan yang sebenarnya akan semakin tampak.

Proses mendengarkan dengan sepenuh hati dan penuh perhatian serta kesadaran atau lebih dikenal dengan istilah mindful listening juga sebagai cara yang ampuh mengetahui dan mengerti sisi lain dari pasangan tanpa perlu menanyakannya secara langsung yang terkadang membuat pasangan kurang nyaman.

Baca Juga: Duh, Ini 5 Tanda Kamu Belum Jadi Pendengar yang Baik Bagi Pasanganmu

4. Timbulnya saling percaya satu sama lain

6 Manfaat Terapkan Mindful Listening Saat Pasangan Butuh Teman Curhat Pixabay.com/CHENA

Seringnya pasangan bercerita semua keluh kesahnya dan masalah yang ia hadapi semakin saling terbuka satu sama lain, tidak ada rahasia yang ditutupi sehingga hal ini menimbulkan rasa percaya antara satu sama lain.

Ketika proses mendengarkan pasangan curahan hati pasangan dilakukan secara mindful listening secara tidak langsung akan membuat rasa nyaman pasangan hingga menimbulkan rasa kepercayaan kepada kita.

5. Bikin pasangan makin cinta dan sayang

6 Manfaat Terapkan Mindful Listening Saat Pasangan Butuh Teman Curhat Pixabay.com/4170730

Sikap kita yang selalu ada dan jadi pendengar yang baik yang selalu sepenuh hati dalam proses mendengarkan setiap curahan hatinya akan membuat pasangan semakin cinta dan sayang dengan kita.

Pasangan akan merasa diperhatikan dengan adanya kita di setiap saat mereka butuhkan, terutama pada saat ia sedang butuh teman curhat dan pada saat itu juga kita ada dan mampu mendengarkan setiap curahan hatinya dengan tulus dan penuh perhatian.

6. Sedikit meringankan beban pasangan kita

6 Manfaat Terapkan Mindful Listening Saat Pasangan Butuh Teman Curhat Pixabay.com/panajiotis

Ketika pasangan mempunyai masalah, setidaknya bercerita akan meringankan bebannya. Walau tidak banyak yang harus diperbuat dengan sikap kita yang mau mendengarnya saja mereka sudah cukup terbantu dan membuat perasaan mereka sedikit tenang.Terlebih lagi ketika kita menerapkan yang namanya mindful listening suatu proses mendengarkan dengan penuh perhatian dan kesadaran yang memang banyak manfaat positifnya bagi pasangan, kita dan dalam hubungan.

Itulah tadi 6 manfaat ketika kita menerapkam mindful listening saat pasangan butuh teman berbagi cerita dan keluh kesah dalam hidupnya. Banyak manfaat positifnya loh, jadi jangan lelah apalagi bosan ya ketika pasangan sering curhat kepada kalian.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Jadi Pendengar yang Baik, Siapa pun Bisa Melakukannya!

Rinda Ratna Photo Verified Writer Rinda Ratna

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya