Comscore Tracker

5 Tips Bisa Disiplin Physical Distancing Guna Cegah Penularan COVID-19

Mulailah dari kesadaran diri sendiri guna perangi wabah ini

Physical distancing atau menjaga jarak aman dengan orang lain guna pencegahan COVID-19 menjadi cara yang paling tepat dilakukan. Anjuran pemerintah mengenai physical distancing saat ini juga semakin digalakan karena dinilai lebih baik. Alasannya supaya bisa tetap bersosialisasi.

Sebagai warga yang baik dan sebagai manusia yang sadar akan pentingnya menjaga diri dari bahaya COVID-19, kita perlu melakukan berbagai cara supaya bisa disiplin physical distancing. Adapun, ini lima tips yang bisa dicoba.

1. Punya mindset akan bahaya yang akan ditimbulkan

5 Tips Bisa Disiplin Physical Distancing Guna Cegah Penularan COVID-19Pixabay.com/RobinHiggins

Untuk tetap disiplin physical distancing, perlu adanya mindset akan bahaya yang akan ditimbulkan jika kita tidak menjaga jarak aman dan tidak memedulikan anjuran untuk tidak bersentuhan dengan orang lain.

Mengingat proses penularan COVID-19 ini bisa terjadi melalui sentuhan fisik, physical distancing menjadi salah satu cara yang tepat dilakukan di tengah pandemik yang terjadi saat ini.

2. Ubah cara bersalaman dengan orang lain

5 Tips Bisa Disiplin Physical Distancing Guna Cegah Penularan COVID-19Pixabay.com/geralt

Salah satu bentuk kita bisa disiplin physical distancing dengan mengubah cara bersalaman dengan orang lain. Budaya Indonesia yang memang selalu mengutamakan kesopanan dalam bergaul memang bisa saja menimbulkan berbagai pandangan negatif bagi beberapa orang. Akan tetapi, mencegah lebih baik, kan?

Dengan mengubah cara bersalaman, kita akan tetap bisa menjaga kesopanan juga sekaligus bisa tetap disiplin physical distancing guna pencegahan COVID-19.

Baca Juga: 8 Cara Pencegahan Virus Corona Ini Salah Menurut Medis, Jangan Diikuti

3. Hindari keramaian

5 Tips Bisa Disiplin Physical Distancing Guna Cegah Penularan COVID-19Unspalsh.com/kevin laminto

Menghindari keramaian juga salah satu yang bisa di bilang sebagai bentuk kedisiplinan kita akan physical distancing. Dengan menghindari keramaian untuk sementara, kita akan banyak terhindar dari kontak fisik dengan orang lain yang bisa saja membawa kita ke dalam bahaya penularan COVID-19 ini.

4. Kurangi intensitas bertemu dengan orang baru

5 Tips Bisa Disiplin Physical Distancing Guna Cegah Penularan COVID-19Instagram.com/Free_Photos

Dalam keadaan darurat seperti sekarang ini, sebaiknya kita bisa untuk mengurangi intensitas bertemu dengan orang baru untuk sementara waktu.

Hal ini juga menjadi salah satu bentuk disiplin kita akan physical distancing yang memang sangat dianjurkan pemerintah guna pencegahan COVID-19 yang semakin meresahkan masyarakat.

5. Pentingnya di rumah saja

5 Tips Bisa Disiplin Physical Distancing Guna Cegah Penularan COVID-19Unsplash.com/Andrew Neel

Pentingnya di rumah saja demi menjaga dan melindungi diri kita terhadap penularan COVID-19 memang sangat dianjurkan. Dengan tetap tinggal di rumah, secara tidak langsung mendukung physical distancing.

Itulah lima tips yang bisa dilakukan supaya kita bisa disiplin physical distancing guna pencegahan COVID-19. Mulailah dari kesadaran diri kita sendiri untuk bisa bersama-sama memerangi COVID-19 yang masih belum ada vaksinnya. Semoga kita semua senantiasa dilindungi dan dihindarkan dari bahaya COVID-19, ya!

Baca Juga: Virus Corona: Apa Itu Virus? Ini Asal Muasal dan Cara Terbentuknya

Rinda Ratna Photo Verified Writer Rinda Ratna

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya