Comscore Tracker

4 Alasan Mengapa Orang Introvert Membutuhkan Hewan Peliharaan

Orang introvert ternyata sangat membutuhkan kehadiran seekor hewan sebagai teman lho.

Banyak orang introvert yang ternyata adalah pecinta binatang. Bahkan, mereka lebih menyukai binatang tersebut dibandingkan orang-orang yang ada di sekitarnya. Mengapa bisa begitu? Karena binatang tersebut menawarkan rasa kenyamanan untuk bersahabat dengan manusia, khususnya orang introvert.

Selain memiliki sifat yang lembut, penurut, binatang tidak memiliki keinginan untuk bisa ngobrol dengan manusia sehingga tidak lelah untuk melakukan percakapan. Rasa kenyamanan antara orang introvert dan binatang muncul tanpa melalui kata - kata di antara mereka. Setelah seharian mereka telah beraktivitas dengan banyak orang, berpelukan dengan binatang peliharaan terutama yang memiliki bulu yang tebal dan lembut akan membuat diri orang introvert menjadi lebih baik.

1. Cemas dan banyak pikiran? Hewan peliharaanmu dapat menyembuhkan kok.

4 Alasan Mengapa Orang Introvert Membutuhkan Hewan PeliharaanSumber internet

Banyak dari orang-orang introvert memiliki kecenderungan untuk memikirkan tentang banyak hal, entah hal itu penting atau sebenarnya tidak penting. Dan itu sangat menguras tenaga dan melelahkan guys, sering kali hal tersebut menimbulkan kegelisahan untuk seorang introvert.

Kehadiran seorang hewan peliharaan akan sangat membantu mereka, hewan peliharaan cenderung akan menenangkan walaupun sebenarnya mereka tak dapat bicara. Tetapi hewan tersebut dapat menjadi tempat nyaman mereka, sebagai tempat curhat atau hanya sebagai teman untuk dipeluk. Sehingga dapat menghilangkan kecemasan dan kegelisahan yang mereka alami.

Banyak juga penelitian yang menunjukkan bahwa hewan benar - benar bisa mengurangi stres, kegelisahan dan depresi pada manusia. Satu studi yang menarik mengenai eksplorasi dampak dari dukungan hewan peliharaan terhadap kondisi sosial yang penuh tekanan.

Penelitian tersebut dilakukan oleh Beetz. dkk (2011) yang membandingkan antara dukungan dari seekor anjing peliharaan versus dukungan dari seorang manusia yang ramah terhadap anak-anak yang cemas. Dan ternyata apa yang peneliti temukan? Anjing peliharaan tersebut mengalahkan manusia yang ramah dalam hal mengurangi kadar kortisol (hormon yang menyebabkan stres pada manusia) pada anak - anak yang cemas.

2. Hewan peliharaan menenangkan jiwa orang introvert.

4 Alasan Mengapa Orang Introvert Membutuhkan Hewan PeliharaanSumber internet

Salah satu hal yang perlu diketahui dari hewan peliharaan adalah hewan tersebut mudah dimengerti dan tidak pernah berbohong. Saat seekor anjing mengibaskan ekornya, artinya dia senang. Saat kucing mendengus, artinya dia senang. Saat hewan peliharaan tersebut menggonggong, mengeong atau bentuk "teriakan hewan", artinya ada sesuatu hal yang terjadi pada hewan tersebut.

Komunikasi seperti itulah yang hewan tunjukkan kepada pemiliknya. Seekor anjing atau kucing tidak pernah menanyakan "Bagaimana harimu?" atau "Apa yang akan kamu lakukan weekend nanti?". Tetapi matanya akan menyala saat pemiliknya berjalan ke arah hewan peliharaannya, dan mereka akan tetap berada di sisi pemiliknya untuk menemani saat terjadi masa - masa sulit atau hanya sekedar untuk menghabiskan waktu bersama. Jika pemiliknya hendak bercerita, mereka akan mengibaskan telinga atau badannya ke si pemilik artinya mereka siap mendengarkan. 

Hewan sangatlah berbeda dengan manusia, manusia memiliki keinginan yang bermacam - macam sedangkan hewan? Hanya minta makanan, kasih sayang, dan udara segar. Just it! Sehingga akan sangat membantu orang introvert karena tidak terlalu banyak tuntutan dari si hewan peliharaannya. Weekend hanya bermain di rumah saja? Hewan peliharaan tidak protes kok, sedikit berbeda dengan manusia pada umumnya. 

3. Membentuk suatu rutinitas dengan hewan peliharaan.

4 Alasan Mengapa Orang Introvert Membutuhkan Hewan PeliharaanSumber internet

Kebanyakan orang introvert adalah orang yang menyukai hal-hal yang terstruktur. Aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh mereka juga membentuk suatu pola rutinitas yang mana dirasa membuat mereka nyaman. Begitu halnya dengan hewan peliharaan, mereka akan memberi makan pada hewannya pada jam-jam tertentu dan berulang, memandikannya, mengajaknya jalan-jalan, membawanya ke dokter. Di mana hal-hal tersebut akan menjadi suatu pola kebiasaan antara si pemilik dan hewannya.

Dengan adanya rutinitas yang sudah dijadwalkan demikian, orang - orang introvert merasa bahwa apa yang mereka lakukan sudah terjadwal dengan baik dan membantu menaikkan mood dari si pemilik karena dengan beraktivitas bersama si hewan maka ada rasa nyaman tersendiri yang pemilik rasakan. 

4. Tingkah hewan peliharaan yang menggemaskan.

4 Alasan Mengapa Orang Introvert Membutuhkan Hewan PeliharaanSumber internet

Hewan - hewan peliharaan pada umumnya memiliki gaya atau tingkah laku yang kadang berbeda satu dengan yang lainnya. Yang mana gaya dan tingkah masing - masing hewan peliharaan itu memiliki suatu ciri khas yang lucu dan menggemaskan. Hal tersebut dapat menghibur si pemiliknya. Dengan demikian, si pemilik akan merasa sangat bersahabat dengan hewannya.

Risca Septi W Photo Writer Risca Septi W

Read, read, read

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya