Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Seharusnya Mengkritik Introvert jika Ia Banyak Diam

Sadarilah, setiap orang itu berbeda!

Di dunia ini, ada berbagai orang yang memiliki karakter berbeda-beda. Ada orang berkepribadian ekstrovert, ada juga orang berkepribadian introvert. Buat kamu seorang ekstrovert yang banyak bicara dan mudah bersosialisasi, kamu mungkin akan merasa jengkel atau gak sabar dengan seseorang introvert yang cenderung banyak diam dan lebih kaku saat bersosialisasi. Bahkan, kamu mungkin bisa saja melontarkan kritik kepada orang introvert tersebut karena banyak diam.

Berikut ini lima alasan kenapa kamu gak seharusnya mengkritik seorang introvert jika ia cenderung lebih banyak diam.

1. Kamu perlu menyadari bahwa sifat alami seorang introvert memang seperti itu

5 Alasan Kamu Gak Seharusnya Mengkritik Introvert jika Ia Banyak DiamPexels.com/Kat Jayne

Hal paling mendasar yang perlu kita pahami adalah bahwa setiap orang itu berbeda dan unik. Kita gak bisa menyamakan orang lain sama seperti kita. Seorang introvert memang secara alamiah memilih diam karena lebih nyaman. Orang introvert juga biasanya cenderung bersikap terbuka dengan orang yang sudah akrab dengannya, dan belum tentu nyaman berinteraksi dengan semua orang atau orang baru.

Namun, bukan berarti orang introvert anti sosial. Seorang introvert tetap akan merasa senang mengobrol dan bersosialisasi dengan orang lain, namun mereka punya batas waktu untuk melakukan hal tersebut. Seorang introvert akan menghabiskan banyak tenaga untuk berbicara dan bersosialisasi, dan ia umumnya butuh waktu untuk diam atau menyendiri untuk re-charge energinya.

Dengan begitu, kita gak perlu mengkritik orang introvert jika ia diam. Bukankah kita sering mengaku menjunjung tinggi toleransi? Seperti jargon IDN Times Community, diversity is beautiful, isn't it?

2. Coba bayangkan jika kamu ada di posisi dia, kamu tentu gak senang dipaksa menjadi 'orang lain' bukan?

5 Alasan Kamu Gak Seharusnya Mengkritik Introvert jika Ia Banyak DiamPexels.com/Andrea Piacquadio

Setiap orang tentu gak ingin dipaksa menjadi seseorang dengan kepribadian yang 'berbeda'. Misalnya, kamu yang seorang ekstrovert dipaksa orang lain untuk 'puasa' ngomong selama seharian penuh. Apa kamu betah atau sanggup menjalaninya?

Hal itu sama saja seperti keinginanmu terhadap orang introvert. Kamu mungkin menginginkan orang tersebut banyak bicara dan jadi teman ngobrol yang asyik denganmu. Padahal, ia belum tentu nyaman dan menghendaki pembicaraan itu.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Introvert Alpha Man Cocok Jadi Kriteria Suami Idaman

3. Kritikanmu gak akan berdampak apa-apa

5 Alasan Kamu Gak Seharusnya Mengkritik Introvert jika Ia Banyak DiamPexels.com/Tirachard Kumtanom

Idealnya, kritik bersifat membangun. Artinya, orang mengkritik dengan tujuan supaya orang yang dikritik bisa memperbaiki kesalahan atau berbuat lebih baik lagi ke depannya. Sayangnya, diam bukanlah suatu kesalahan atau 'dosa', apalagi jika orang tersebut berkepribadian introvert.

Jika kamu mengkritik seorang introvert hanya karena ia banyak diam, kritikanmu gak akan berdampak apa-apa. Ia gak akan lantas banyak bicara hanya karena kritikanmu karena memang sifatnya seperti itu.

4. Mengkritik orang introvert seperti itu bahkan bisa membuat hubunganmu dengannya menjadi renggang

5 Alasan Kamu Gak Seharusnya Mengkritik Introvert jika Ia Banyak DiamPexels.com/Vera Arsic

Terus menerus mengkritik orang introvert karena ia diam bahkan dapat berpotensi merusak hubunganmu dengan orang tersebut. Mungkin, masih ada banyak orang yang gak mempermasalahkan hal tersebut.

Namun, gak sedikit juga orang yang merasa gak nyaman dengan kritikan semacam itu. Apalagi, introvert biasanya punya sifat lembut dan perasa. Kamu tentu gak mau kehilangan teman introvert-mu kan?

5. Dan yang paling penting, bukankah kamu gak dirugikan apa-apa jika ia bersikap seperti itu?

5 Alasan Kamu Gak Seharusnya Mengkritik Introvert jika Ia Banyak DiamPixabay.com/RobinHiggins

Pada akhirnya, apakah kita dirugikan jika seorang introvert lebih banyak diam? Tentu tidak, bukan? Lalu, apa yang kamu permasalahkan?

Kamu gak dirugikan apapun dengan hal tersebut. Justru, orang semacam ini menguntungkan karena gak mengusikmu. Bayangkan jika semua orang di sekelilingmu banyak bicara, tentu kamu sendiri yang akan merasa risih dan terganggu karena berisik sepanjang waktu. 

Nah, itulah tadi lima alasan kenapa kita gak perlu mengkritik orang introvert hanya karena ia cenderung lebih banyak diam. Kalau memang kita ingin 'memaksanya' banyak bicara, cobalah dekati dia dan buat dirimu seakrab mungkin dengannya. Ini karena seorang introvert hanya terbuka dengan beberapa orang yang dianggapnya nyaman.

Yang harus selalu kita sadari, setiap orang pasti punya keunikannya masing-masing, dan tugas kita adalah untuk menerima perbedaan yang ada. Semangat menjaga toleransi, ya!

Baca Juga: Jangan Tanya 10 Pertanyaan Paling Menyebalkan Ini Pada Si Introvert

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

Mencari proofread skripsi/tesis/jurnal ilmiah? IG: @mollyproofread

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya