Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kita Gak Perlu Takut dengan Perubahan

Kita justru butuh perubahan, lho

Dalam menjalani hidup ini, kita akan selalu dihadapkan dengan berbagai perubahan. Perubahan dalam hidup akan terus terjadi kapan saja dan dapat menimpa siapapun. Misalnya, pergantian atasan di kantor, tugas kantor yang berubah atau bertambah, pindah kerja, pindah ke kota lain, perubahan status dalam hubungan asmara, perubahan kebiasaan sehari-hari, dan lain sebagainya.

Meski begitu, gak sedikit orang yang masih merasa takut dengan perubahan. Alasannya bisa beragam, mulai dari belum siap, malas, hingga takut gagal saat berhadapan dengan perubahan tersebut. Berikut ini lima alasan kenapa kita gak perlu takut dengan perubahan.

1. Perubahan belum tentu buruk, bahkan bisa berdampak baik buatmu

5 Alasan Kenapa Kita Gak Perlu Takut dengan PerubahanPixabay.com/RobinHiggins

Setiap perubahan yang terjadi belum tentu buruk, lho. Bahkan bisa jadi, perubahan tersebut membawa pengaruh yang positif buat kita. Misalnya, perubahan membuat wawasan kita semakin meningkat. Hal tersebut karena perubahan mendorong kita mengeksplor atau merasakan berbagai hal yang belum pernah kita tahu sebelumnya.

Contoh lainnya, kantor tempatmu bekerja membuat kebijakan baru untuk menonaktifkan ponsel saat jam kerja dan alat komunikasi dialihkan ke telepon kabel di kantor. Kamu mungkin kesal dan berpikir negatif karena selama ini sudah terbiasa membuka ponsel saat jam kerja. Padahal dengan kebijakan tersebut, kamu sebenarnya bisa jadi lebih fokus dan kreatif dalam bekerja tanpa ada distraksi ponsel. Dengan perubahan, kita mungkin kehilangan sesuatu yang baik, namun kita bisa saja memperoleh sesuatu yang lebih baik lagi. Karena itu, coba kita lihat sisi positifnya ya!

2. Kita pasti bisa melalui perubahan

5 Alasan Kenapa Kita Gak Perlu Takut dengan PerubahanPexels.com/Ketut Subiyanto

Salah satu hal yang sering bikin kita takut dengan perubahan adalah pikiran apakah kita bisa melalui perubahan tersebut atau tidak. Nyatanya, setiap manusia sebenarnya ditakdirkan untuk bisa beradaptasi dengan hal-hal baru.

Kalau dipikir-pikir, dari kita kecil sampai sebesar ini, kita sudah melalui banyak perubahan, bukan? Kita pasti sudah melewati berbagai perubahan kecil dan besar dalam hidup ini dan entah kita sadari atau tidak, kita sudah berhasil melewati semua perubahan tersebut. Hal tersebut menandakan kalau kita sebenarnya bisa melalui perubahan lain yang ada di depan mata, asal kita punya niat dan mau berusaha untuk menghadapinya.

Baca Juga: 5 Momen Perubahan dalam Hidup yang akan Menguatkan Mentalmu 

3. Semua ketakutan terhadap perubahan mungkin hanyalah buah pikiranmu semata

5 Alasan Kenapa Kita Gak Perlu Takut dengan PerubahanPexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas

Kita mungkin akan merasa khawatir atau was was dengan adanya perubahan, bahkan sebelum perubahan tersebut benar-benar terjadi. Dalam hal ini, kita akan cenderung memikirkan hal-hal buruk dibandingkan hal-hal baik yang diakibatkan oleh sebuah perubahan. Padahal, hal-hal buruk tersebut belum tentu terjadi dan mungkin hanya buah pikiranmu semata sehingga kamu gak perlu takut menghadapinya.

Memang, manusiawi bila kita bersikap defensif atau waspada terhadap suatu perubahan. Tapi, sikap defensif yang berlebihan hanya akan menghalangi kita dalam menerima setiap perubahan yang terjadi dalam hidup.

Karena itu, tanamkan pikiran positif saat akan menghadapi perubahan. Bila hal pertama yang sering kita pikirkan saat menghadapi perubahan adalah ketakutan, kegagalan, atau berbagai hal buruk lainnya, coba tuliskan poin dari setiap hasil pemikiran kita tersebut. Kemudian, baca kembali dan temukan solusi yang bisa dilakukan untuk mencegah atau memperbaiki kemungkinan buruk tersebut.

4. Ada banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk 'berdamai' dengan perubahan

5 Alasan Kenapa Kita Gak Perlu Takut dengan PerubahanPexels.com/Andrea Piacquadio

Kita gak perlu takut dengan perubahan karena sebenarnya ada beragam cara yang bisa kita lakukan untuk bisa 'berdamai' dan menerima perubahan tersebut. Misalnya, semenjak pandemi COVID-19, kita diwajibkan bekerja dari rumah. Pandangan mengenai WFH tentu tergantung dari sudut pandang kita sendiri, tapi pasti ada sebagian orang yang merasa jenuh atau bosan dengan kebijakan WFH tersebut.

Dalam kondisi seperti itu, mau gak mau kita tentu harus menjalani WFH. Buat kamu yang gak nyaman karena mudah bosan, mungkin kamu menganggap kalau WFH adalah 'neraka'. Tapi sebenarnya, ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk bisa 'berdamai' dengan perubahan tersebut, lho.

Misalnya, dengan membuat suasana tempat kerja di rumah menjadi nyaman, aktif berkomunikasi dengan rekan kerja meski secara daring, membuat jadwal istirahat dan olahraga yang cukup, dan lain-lain. Karena itu, jangan takut menghadapi perubahan karena pasti ada cara untuk 'berdamai' dengan perubahan.

5. Bagaimanapun juga, ketakutan akan perubahan membuat kita sendiri yang rugi 

5 Alasan Kenapa Kita Gak Perlu Takut dengan PerubahanPexels.com/Tirachard Kumtanom

Kita tahu bahwa hidup ini bersifat dinamis. Perubahan menjadi sesuatu yang gak terelakkan dan harus kita lalui. Kalau kita terus menerus takut dengan perubahan, lalu bagaimana kita bisa berkembang? Padahal dari perubahan, kita bisa terus belajar dan menggali berbagai pengalaman berharga.

Selain itu, mau sampai kapan kita terus menerus ada dalam ketakutan akan perubahan? Semakin kita takut, semakin menumpuk perasaan tersebut dan hanya membuat kita stres. Pada akhirnya, bukankah kita sendiri yang nantinya akan rugi? Kamu tentu gak mau rugi, kan?

Nah, itulah tadi lima alasan kenapa kita gak perlu takut dengan adanya perubahan. Sebaliknya, kita bisa menjadikan perubahan sebuah arena pembelajaran untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Tetap semangat, ya!

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Paling Suka Hidup Nyaman dan Stabil Hadapi Perubahan

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

Mencari proofread skripsi/tesis/jurnal ilmiah? IG: @mollyproofread

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya