Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa 'Self Talk' Bermanfaat untuk Kesuksesan Kariermu

Bisa membuat pikiranmu jadi terbuka lho!

Bagi sebagian orang, 'self talk' atau berbicara dengan diri sendiri mungkin terdengar aneh, bahkan kita bisa dianggap gila saat melakukan hal tersebut. Karena itu, banyak yang gak terbiasa melakukan 'self talk'.

'Self talk' sendiri bisa berarti positif atau negatif. Hal ini tergantung dari pemikiranmu sendiri. 'Self talk' negatif jelas akan membuat kamu merasa rugi. Tapi sebaliknya, 'self talk' positif akan memberikan kamu banyak manfaat. Berbagai penelitian menemukan bahwa 'self talk' dapat memengaruhi perilaku dan kognisi seseorang secara positif.

Buat kamu yang sudah bekerja, 'self talk' juga bisa berperan terhadap kesuksesan kariermu, lho! Berikut ini lima alasannya.

1. Meningkatkan kepercayaan diri

5 Alasan Kenapa 'Self Talk' Bermanfaat untuk Kesuksesan KariermuPixabay.com/RobinHiggins

Seperti yang kita tahu, kepercayaan diri sangat penting dalam berkarier. Melalui 'self-talk' positif, kita bisa meningkatkan kepercayaan diri. Misalnya, kita bisa memuji diri sendiri melalui 'self talk' untuk setiap pencapaian yang sudah berhasil kita raih, sekecil apapun itu. Kita pun bisa lebih menghargai diri sendiri tanpa harus menunggu orang lain untuk memberikan apresiasi. 

2. Memotivasi diri sendiri

5 Alasan Kenapa 'Self Talk' Bermanfaat untuk Kesuksesan KariermuPexels.com/Andrea Piacquadio

Adakalanya, kita mungkin merasa malas atau jenuh saat bekerja. 'Self talk' bisa membantu kita mengatasi masalah tersebut. Kita bisa membicarakan berbagai hal positif seperti kata-kata motivasi untuk diri sendiri yang dapat memberi dorongan ekstra untuk mencapai prestasi atau karier impian.

Baca Juga: Self Healing, Lakukan 6 Hal Ini Jika Kamu Mulai Benci Diri Sendiri

3. Membantu menentukan tujuan karier

5 Alasan Kenapa 'Self Talk' Bermanfaat untuk Kesuksesan KariermuUnsplash.com/Estée Janssens

Dalam berkarier, kita tentu harus punya tujuan yang jelas agar kita semangat bekerja untuk meraih tujuan tersebut. Ketika menentukan tujuan karier, 'self talk' menjadi hal penting karena kita bisa benar-benar mengerti hal apa yang sebenarnya kamu inginkan dan hal mana yang sebenarnya bukan menjadi passion kita.

4. Membuat kamu bekerja berdasarkan skala prioritas

5 Alasan Kenapa 'Self Talk' Bermanfaat untuk Kesuksesan KariermuPexels.com/Andrea Piacquadio

Dalam bekerja, kita mungkin dihadapkan pada berbagai tugas atau pekerjaan yang datang secara bersamaan. Sayangnya, pikiran kita umumnya hanya dapat memproses satu tugas pada satu waktu meskipun kita berpikir bisa melakukan banyak tugas sekaligus. Melakukan 'self talk' bisa membantu pikiran untuk memilah pekerjaan sesuai prioritas, dari hal yang paling penting terlebih dahulu.

5. Membantu mengurangi stres

5 Alasan Kenapa 'Self Talk' Bermanfaat untuk Kesuksesan KariermuPexels.com/Just Name

'Self talk' dapat membantu kita untuk mengatur pikiran dan memprioritaskan kewajiban, sehingga kita pun bisa menjadi lebih rileks dan terhindar dari stres karena dapat mengikuti arus. 'Self talk' positif juga bisa membantu kita menyingkirkan berbagai pikiran buruk yang mengganggu sehingga kita pun bisa lebih fokus pada pekerjaan.

Nah, ternyata 'self talk' sangat bermanfaat terhadap kesuksesan karier, meski aktivitas ini mungkin belum terbiasa kita lakukan dan bahkan dianggap aneh. Jadi, apa kamu akan menerapkan 'self talk' dalam kehidupan sehari-hari?

Baca Juga: 5 Kerugian kalau Kamu Tak Tertarik Lakukan Self Study di Kantor

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

IG: @rivandipputra

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya