Comscore Tracker

5 Hal Baik bagi Kita jika Gak Minder Melihat Teman yang Sukses Duluan

Gak usah minder lagi, ya!

Dalam realitas sehari-hari, ada kalanya teman kita yang justru meraih kesuksesan lebih dulu dibanding kita. Dalam kondisi seperti ini, di satu sisi kita tentu senang dan bangga melihat kesuksesan teman kita tersebut. Namun di sisi lain, kita bisa saja merasa minder atau bahkan iri. Padahal, sikap seperti itu hanya akan merugikan kita sendiri lho.

Oleh karena itu, yuk jangan minder lagi saat ada teman kita yang sudah sukses duluan dibandingkan kita. Berikut ini lima hal baik yang akan didapatkan jika kita gak minder saat melihat teman kita sukses terlebih dahulu dibandingkan kita.

1. Hubungan kita dengan teman kita tersebut akan tetap terjalin dengan baik

5 Hal Baik bagi Kita jika Gak Minder Melihat Teman yang Sukses DuluanPexels.com/mentatdgt

Ketika melihat teman yang sudah sukses duluan, kita mungkin akan menganggap teman kita menjadi 'berbeda'. Kita akan menjadi sungkan untuk berinteraksi dengan teman kita tersebut. Gak menutup kemungkinan, kita akan menjaga jarak dengan orang tersebut karena menganggap diri kita gak bisa 'selevel' dengannya.

Padahal, teman kita tersebut sebenarnya gak berubah sama sekali meski ia sudah sukses. Menjaga jarak dengan teman kita tersebut akan merugikan kita sendiri karena hubungan kita dengannya bisa menjadi renggang. Sebaliknya, bila kita membuang jauh-jauh perasaan minder tersebut, hubungan kita dengan teman kita tersebut akan tetap terjalin dengan baik seperti biasanya.

2. Kita bisa 'ketularan' sukses juga seperti teman kita tersebut

5 Hal Baik bagi Kita jika Gak Minder Melihat Teman yang Sukses DuluanPexels.com/mentatdgt

Jika kita gak minder dengan kesuksesan teman, kita pun gak akan sungkan untuk berinteraksi atau bergaul dengan teman kita tersebut. Dari interaksi tersebut, secara gak sadar kita mungkin akan terinspirasi atau termotivasi untuk bisa sukses seperti dia. Kita pun bisa leluasa bertanya dan belajar banyak darinya mengenai 'resep rahasia' kesuksesannya, misalnya bagaimana ia bisa sampai sesukses sekarang, apa saja yang telah ia lakukan, cobaan apa saja yang sudah ia lewati, dan lain sebagainya.

Bahkan, teman kita tersebut juga mungkin akan bersedia memberi motivasi ke kita atau membantu kita. Dengan begitu, bukan gak mungkin, kita bisa 'ketularan' sukses seperti dia.

Baca Juga: Gak Usah Iri, 6 Hal yang Harus Dilakukan Saat Teman Sukses Duluan 

3. Pikiran akan terasa lebih tenang

5 Hal Baik bagi Kita jika Gak Minder Melihat Teman yang Sukses DuluanPexels.com/Miguel Arcanjo Saddi

Perasaan minder akan kesuksesan teman hanya akan menyebabkan kita menjadi overthinking dan lebih cenderung membandingkan diri sendiri dengan teman kita tersebut. Akibatnya, pikiran kita pun menjadi gak tenang. Bahkan bila dibiarkan berlarut-larut, hal itu bahkan bisa berujung frustrasi.

Sebaliknya bila kita gak minder atas kesuksesan teman, hati kita akan merasa lebih adem dan kita pun bisa berpikir lebih positif. Kita akan menganggap bahwa kesuksesan adalah buah dari kerja keras orang tersebut. ingat, semua orang, termasuk kita pun sebenarnya punya peluang yang sama untuk mendapatkan kesuksesan tersebut, meski kita mungkin belum berhasil mendapatkannya pada kesempatan kali ini.

4. Kita bisa lebih fokus mengejar mimpi-mimpi kita sendiri

5 Hal Baik bagi Kita jika Gak Minder Melihat Teman yang Sukses DuluanUnsplash.com/Kaleidico

Setiap orang, termasuk kita, pasti punya mimpinya masing-masing. Entah disadari atau tidak, rasa minder terhadap kesuksesan teman bisa membuat perjuangan kita dalam meraih mimpi-mimpi kita menjadi terhambat. Hal ini karena rasa minder akan membuat kita menjadi rendah diri dan juga selalu merasa gak tenang.

Hal seperti ini tentunya akan merugikan diri kita sendiri, bukan? Oleh karena itu, janganlah minder agar kita bisa terus fokus dengan mimpi-mimpi kita. Lanjutkan berproses dan melakukan apa yang bisa kita lakukan. Jangan sampai semua mimpi kita menjadi terusik karena rasa minder yang muncul. 

5. Kita akan terlatih untuk gak mudah men-'judge' orang lain

5 Hal Baik bagi Kita jika Gak Minder Melihat Teman yang Sukses DuluanPexels.com/Andrea Piacquadio

Bila kita masih suka merasa minder atas kesuksesan teman, kita mungkin termasuk golongan orang yang gemar men-'judge' orang lain. Kita mungkin sulit memahami bahwa orang tersebut mendapatkan kesuksesannya dari kerja kerasnya. Padahal, kita sebenarnya punya peluang yang sama untuk meraih kesuksesan tersebut, hanya saja kita belum tentu mau berusaha untuk mendapatkannya.

Begitu pun sebaliknya, bila kita gak mudah minder ketika teman kita sukses, kita akan terlatih untuk gak mudah men-'judge' orang lain. Kita akan berusaha memahami bahwa di balik apa yang sudah ia dapatkan, tentu ada kerja keras atau pengorbanan tertentu yang bisa membuatnya sukses seperti sekarang, dan hal tersebut belum tentu kita lakukan.

Minder itu manusiawi, tapi jangan sampai hal tersebut justru merugikan diri kita sendiri. Oleh karena itu, mulai sekarang jangan minder lagi ya! Justru, jadikan kesuksesan teman sebagai cambuk motivasi bagi diri kita untuk bisa sukses juga seperti dia. Semangat!

Baca Juga: 5 Petuah Bijak Agar Kamu Berhenti Iri Saat Melihat Teman Sukses Duluan

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

Mencari proofread skripsi/tesis/jurnal ilmiah? IG: @mollyproofread

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya