Comscore Tracker

5 Alasan Kita Gak Boleh Mengkritik Seseorang di Depan Banyak Orang

Jangan lakukan, ya!

Kritik merupakan sesuatu yang umumnya kita sampaikan kepada orang lain mengenai kinerja atau perbuatannya. Meski sering dikaitkan dengan hal-hal negatif, kritik yang ideal sebenarnya bersifat membangun. Sebuah kritik yang objektif haruslah membuat orang menyadari kekurangannya dan kemudian orang tersebut termotivasi untuk memperbaikinya.

Mengkritik orang lain adalah hal baik, tapi kita gak bisa sembarangan melakukannya. Ada etika yang harus kita taati saat akan mengkritik orang lain, salah satunya adalah larangan untuk gak mengkritik di depan umum. Sebaliknya, kita disarankan untuk mengkritik secara empat mata, atau setidaknya melalui pesan pribadi di media sosial.

Berikut ini lima alasan kenapa kita gak seharusnya mengkritik seseorang di depan banyak orang.

1. Hal tersebut akan mempermalukan orang lain

5 Alasan Kita Gak Boleh Mengkritik Seseorang di Depan Banyak OrangPexels.com/fauxels

Bagaimana perasaanmu jika ada seseorang yang mengkritik kamu di hadapan orang lain, atau bahkan di depan umum? Pasti kamu akan merasa sedang dipermalukan, bukan? Siapa pun dari kita tentunya akan merasakan malu dan sakit hati jika kelemahan kita dibuka lebar-lebar di hadapan publik. 

Karena itu, pastikan kamu menyampaikan kritikmu secara empat mata kepada orang yang bersangkutan. Kamu juga bisa menyampaikan kritik secara pribadi melalui telepon atau chat pribadi di media sosial. Hindari mengkritik melalui kolom publik di media sosial karena hal tersebut sama saja mempermalukan orang yang kamu kritik di depan orang banyak.

2. Citra diri sendiri pun akan tercoreng

5 Alasan Kita Gak Boleh Mengkritik Seseorang di Depan Banyak OrangPexels.com/Jonathan Borba

Entah disadari atau tidak, mengkritik orang lain di depan publik gak hanya akan mencoreng citra baik orang yang dikritik, tapi juga kamu sebagai pengkritik. Orang lain akan menilai kamu sebagai seseorang yang 'tega', 'kejam', atau gak punya etika.

Bukan gak mungkin, pada akhirnya orang lain akan merasa enggan berteman atau dekat denganmu karena takut mengalami perlakuan serupa jika dekat denganmu, yaitu dikritik di depan umum. Karena itu, yuk biasakan mengkritik orang lain secara pribadi dan tetap gunakan bahasa yang sopan.

Baca Juga: Inilah 5 Kalimat Ajaib yang Pasti Diucapakan Orang Sopan, Bikin Adem!

3. Kritikanmu gak akan efektif

5 Alasan Kita Gak Boleh Mengkritik Seseorang di Depan Banyak OrangPexels.com/fauxels

Tujuan kritik yang baik tentu bukan untuk 'menyerang' orang lain, tapi untuk membuat orang yang dikritik menyadari kelemahannya dan dapat segera memperbaikinya sehingga semuanya menjadi lebih baik. Tujuan kritik semacam itu akan lebih mudah tercapai bila kamu mengkritik orang tersebut secara pribadi.

Sebaliknya, jika kamu mengkritik seseorang di hadapan orang banyak, tujuan kamu mengkritik sebagai masukan positif gak akan tercapai. Orang yang dikritik di depan umum akan lebih fokus mengatasi rasa malu atau geroginya daripada menyimak poin-poin kritikanmu. Bahkan, kamu justru lebih terkesan 'menyerang' orang tersebut.

4. Berpotensi memicu konflik

5 Alasan Kita Gak Boleh Mengkritik Seseorang di Depan Banyak OrangUnsplash.com/Obie Fernandez

Gak sedikit orang akan merasa jengkel atau marah bila dikritik di depan orang banyak. Hal ini tentu berpotensi menimbulkan konflik antara pengkritik dan yang dikritik.

Daripada memancing keributan semacam itu, lebih baik jika kritik kamu sampaikan secara pribadi. Dengan mengkritik secara empat mata, orang akan merasa lebih tenang sehingga konflik gak perlu terjadi.

5. Bahkan mungkin, rahasia yang kamu simpan dengan orang yang dikritik akan terbongkar

5 Alasan Kita Gak Boleh Mengkritik Seseorang di Depan Banyak OrangPexels.com/fauxels

Saat mengkritik seseorang di hadapan publik, mungkin kita akan lebih mudah bicara 'ceplas-ceplos'. Bila kamu menyimpan rahasia tertentu dengan orang yang dikritik, hal tersebut bisa jadi bocor ke publik tanpa kamu sadari. Kamu tentu gak mau hal itu terjadi kan?

Nah, itulah lima alasan kenapa kita gak seharusnya mengkritik seseorang di hadapan banyak orang. Bukan hanya orang yang kita kritik saja yang akan dirugikan, tapi juga kita. Jadi, yuk biasakan menyampaikan kritik secara pribadi dengan orang yang bersangkutan.

Baca Juga: 5 Aturan dalam Mengkritik, Bebas Tersinggung dan Sakit Hati

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

Mencari proofread skripsi/tesis/jurnal ilmiah? IG: @mollyproofread

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya