Comscore Tracker

Sayangi Lingkungan, 7 Perilaku di Kantor Ini Bantu Selamatkan Bumi

Bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-harimu di kantor, nih

Dampak perubahan iklim yang terjadi akhir-akhir ini membuat istilah "go green" kian populer. Konsep "go green" sendiri merupakan perilaku ramah lingkungan yang bisa kita lakukan untuk mengurangi dampak negatif perubahan iklim. Di mana pun kita berada, gak sedikit hal sederhana yang sebenarnya bisa kita lakukan untuk memerangi perubahan iklim.

Berikut ini beberapa hal sederhana namun ramah lingkungan yang bisa kamu lakukan di kantormu!

1. Gak membuang sampah sembarangan

Sayangi Lingkungan, 7 Perilaku di Kantor Ini Bantu Selamatkan Bumialphaenvironmental.com.au

Terkesan sepele, tapi membuang sampah pada tempatnya berarti kamu turut berkontribusi mengurangi pencemaran lingkungan. Meski mungkin di tempat kerjamu ada petugas cleaning service yang siap membersihkan sampah-sampahmu, kamu harus tetap ikut andil membersihkan sampahmu sendiri. Kalau memungkinkan, kamu bisa membuang sampah berdasarkan jenisnya, seperti sampah organik dan anorganik.

2. Go paperless!

Sayangi Lingkungan, 7 Perilaku di Kantor Ini Bantu Selamatkan Bumitheeldridgefamily.com

Penggunaan kertas berlebih turut mendukung perubahan iklim. Ini karena produksi kertas umumnya mengorbankan banyak pohon untuk ditebang. Selain itu, emisi gas rumah kaca dari pabrik kertas dan transportasi kertas ke tempat kerjamu juga tentunya berkontribusi terhadap terjadinya perubahan iklim.

Karena itu, sebisa mungkin kurangi penggunaan kertas di kantor. Kecuali sangat mendesak untuk dicetak, alangkah lebih bijak kalau kamu memilih menggunakan soft copy.

Baca Juga: Jadi Negara Bersih, Ini 5 Kebiasaan Ramah Lingkungan Masyarakat Jepang

3. Menghabiskan minuman

Sayangi Lingkungan, 7 Perilaku di Kantor Ini Bantu Selamatkan BumiBusiness photo created by freepik - www.freepik.com" target="_blank">freepik.com

Ketika rapat atau jam kerja biasa, perusahaan biasanya menyediakan minuman yang bisa kamu nikmati. Kalau kamu mengambilnya, kamu harus menghabiskannya. Jangan sampai ada air yang terbuang sia-sia.

Ingat, masih banyak orang lain di luar sana yang gak punya akses terhadap air bersih! Selain itu, kamu harus ingat bahwa air minum yang tersedia di mejamu menghabiskan banyak energi untuk transportasi dari sumber air ke tempat kerjamu.

4. Hemat penggunaan air dan tisu toilet

Sayangi Lingkungan, 7 Perilaku di Kantor Ini Bantu Selamatkan Bumikcprofessional.com

Produksi air bersih menguras energi, sehingga kamu harus menghemat penggunaan air di toilet. Jangan mentang-mentang air gratis di kantor, kamu bisa seenaknya memakai air secara berlebihan untuk cuci tangan atau buang air. Tetap gunakan air seperlunya. 

Selain itu, gunakan tisu secukupnya. Sama seperti kertas, produksi tisu dari bubur kertas umumnya mengorbankan banyak pohon untuk ditebang.

5. Mengaktifkan hibernate mode di komputer atau laptopmu

Sayangi Lingkungan, 7 Perilaku di Kantor Ini Bantu Selamatkan Bumiunicomp.info

Mengaktifkan hibernate mode di komputer atau laptop bisa membantu mengurangi konsumsi listrik, terutama saat kamu sedang keluar ruangan, entah untuk menghadiri acara di luar kantor atau meeting.

 Dengan mode ini, komputermu akan dalam keadaan mati tapi pekerjaanmu dalam posisi belum ditutup. Saat kamu kembali menyalakan komputer atau laptop, pekerjaanmu akan langsung terpampang kembali di layar. Dengan begitu, kamu gak perlu khawatir kehilangan dokumenmu.

6. Mencabut kabel barang elektronik dari colokan listrik saat sedang gak dipakai

Sayangi Lingkungan, 7 Perilaku di Kantor Ini Bantu Selamatkan Bumifreepik.com

Ketika akan pulang kantor atau sedang dalam posisi gak dipakai, sebaiknya kamu mencabut semua kabel peralatan-peralatan elektronik dari colokan listrik. Meski peralatan elektronik berada dalam keadaan mati, kabel yang masih menancap di colokan akan terus menyerap energi listrik. 

7. Membawa botol minum sendiri

Sayangi Lingkungan, 7 Perilaku di Kantor Ini Bantu Selamatkan Bumiclimatechange.ucdavis.edu

Kalau kamu punya botol minum atau tumbler, mulai saat ini biasakan untuk membawanya dan mengisinya dengan air galon. Selain bisa mengurangi penggunaan botol plastik minum, kebiasaan ini juga membuatmu lebih irit biaya.

Nah, itulah tadi beberapa hal yang bisa kamu lakukan di kantormu untuk mengurangi dampak negatif perubahan iklim. Dimulai dari diri sendiri, hal-hal kecil yang kamu lakukan tersebut lama kelamaan akan membawa pengaruh besar kepada lingkungan.

Untuk membawa perubahan yang lebih besar lagi, kamu juga bisa menularkannya kepada orang lain di sekitarmu. Yuk, semangat menjaga lingkungan!

Baca Juga: Cintai Lingkungan, Ini 5 Tips Eco-traveling untuk Menjaga Bumi!

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

IG: @rivandipputra

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya