Comscore Tracker

Sering Terjadi, 5 Adab yang Sering Diabaikan dalam Keseharian

Adab adalah hiasan bagi diri seseorang, lho

Adab adalah sebuah norma yang merupakan tindakan sopan santun, yang menjadi sebuah elemen fundamental setiap manusia. Ketika bersosialisasi dalam kehidupan sehari-hari, maka selayaknya adab ataupun perilaku yang baik tidak boleh sampai kita abaikan. Karena dengannya, diri kita akan mampu dihargai, dicintai, dan diakui akan eksistensi yang dimiliki oleh masyarakat sekitar.

Bahkan ada pepatah yang mengatakan, adab itu derajatnya lebih tinggi dari ilmu. Tanpa adab, kita bisa termasuk orang sombong. Dengan adab, maka akan mengimplementasikan perilaku-perilaku baik yang menghiasi diri kita. So, mengingat kita adalah makhluk sosial, mari sama-sama berupaya untuk memperbaiki adab dalam keseharian. Simak tipsnya di bawah ini.

1. Pantang pergi, sampai driver online beranjak meninggalkanmu

Sering Terjadi, 5 Adab yang Sering Diabaikan dalam Keseharianilustrasi driver online (unsplash.com/Paul Hanaoka)

Terdengar seperti sepele, namun bisa dibilang ini merupakan sebuah perilaku yang terkadang diabaikan oleh sebagian orang. Sadar atau tidak, pernah gak ketika kamu diantar oleh seseorang, lalu tiba-tiba langsung pergi meninggalkannya? Ya, padahal ia pun belum beranjak darimu.

Nah, ketika kamu diantar oleh ojek online misalnya, atau bahkan oleh temanmu sendiri, maka janganlah kamu pergi sebelum dia meninggalkanmu, ya. Kalau kata budayawan Sujiwo Tejo sih, begini, “Yang kamu bayar itu hanya tenaga dan pikirannya, tapi perasaannya pun harus kamu bayar”. Mulai sekarang, perbaiki, ya!

2. Jangan bermain ponsel ketika ada yang berbicara

Sering Terjadi, 5 Adab yang Sering Diabaikan dalam Keseharianilustrasi sedang berkumpul dengan teman (pexels.com/Afta Putta Gunawan)

Ketika kita ingin dihargai oleh orang lain, maka kita pun harus mampu menghargainya dengan baik. Contoh kecilnya adalah ketika sedang berbicara, maka jangan sesekali kamu berpaling darinya, sehingga kamu seakan tidak menghargai sama sekali terhadap apa yang ia sampaikan kepadamu.

Fenomena yang sering terjadi adalah memainkan smartphone di tengah orang yang sedang berbicara. Kalau kamu sedang di posisi komunikator, apa yang akan kamu rasakan jika hal itu terjadi?

3. Orang yang beradab mampu menerima nasihat dari siapapun

Sering Terjadi, 5 Adab yang Sering Diabaikan dalam Keseharianilustrasi sedang mengobrol (pexels.com/nappy)

Saling menasihati sesama manusia merupakan suatu hal yang tentunya tidak bisa lepas dari sebuah kehidupan. Ya, namanya manusia, pasti tidak akan lepas dari yang namanya kesalahan, kan? Terlepas dari itu, maka dengan adanya sebuah nasihat, tentunya akan menjadi sebuah penopang yang baik dalam menjalani hidup ini.

Maka hanya orang sombong lah yang tidak mau menerima nasihat dari orang lain. Karena biasanya ia merasa diri paling benar, sehingga akan sulit rasanya menerima masukan dari siapa pun. Nah, inilah perilaku yang tidak patut untuk ditiru. Ingat, setinggi apa pun harkat dan martabat kita, jangan sampai kamu tidak mau mendengarkan nasihat, ya.

Baca Juga: Jaga Batasan, 5 Adab Berteman dengan Lawan Jenis yang Sudah Menikah

4. Tidak mampu berkomunikasi yang baik bersama orangtua

Sering Terjadi, 5 Adab yang Sering Diabaikan dalam Keseharianilustrasi anak bersama orangtua (unsplash.com/sofatutor)

Menjalin sebuah komunikasi bersama orangtua merupakan suatu hal mutlak yang harus dilakukan oleh sang anak. Kenapa demikian? Karena dengan komunikasi, akan menjadikannya hubungan yang baik, nyaman, dan adanya keterbukaan.

Jika kamu belum bisa melakukannya, maka mulailah dari sekarang. Jangan sampai kamu menjadi orang yang tertutup, sehingga enggan untuk berkomunikasi atau sekadar curhat bersamanya. Cepat atau lambat, suatu saat pasti akan ada titik di mana kamu sangat membutuhkan orangtua, kok.

5. Mampu menghormati dan menghargai orang lain 

Sering Terjadi, 5 Adab yang Sering Diabaikan dalam Keseharianilustrasi sedang berdialog (pexels.com/mentatdgt)

Menghormati dan menghargai orang lain, merupakan salah satu implementasi dari bhineka tunggal ika dan juga sila ke-5 dalam pancasila. Dengan menanamkan dua elemen ini, maka akan tercipta lah sebuah hubungan positif yang akan mengimplikasikan keharmonisan di antara sesama manusia.

Coba muhasabah diri, apakah kamu selalu menghargai orang lain atau malah sebaliknya? Jika sebaliknya, hati-hati, berarti ada hal yang mengganjal dalam dirimu, nih. Bukan apa-apa, sebagai makhluk sosial, tentunya setiap orang memiliki perspektif yang berbeda-beda. Maka tanpa adanya sikap menghargai, hanya akan menimbulkan kekacauan semata. Berbeda boleh, namun tetap harus saling menghargai. 

Nah, itulah lima perilaku sederhana yang biasanya sebagian orang hiraukan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai sekarang, mari kita sama-sama untuk senantiasa memperbaiki diri, ya. Semangat!

Baca Juga: 5 Perilaku Simpel yang Membuatmu Disenangi Banyak Orang

Muhammad Riyadi Nugraha Photo Verified Writer Muhammad Riyadi Nugraha

Memediasi pena untuk mengkspresikan sebuah rasa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya