Comscore Tracker

5 Pendekatan Terstruktur agar Masalahmu Cepat Selesai, Wajib Tahu!

Ketahui dulu apa penyebab masalahmu, ya

Dalam setiap kehidupan, kita tidak bisa terlepas dari yang namanya masalah. Baik itu orang yang kaya, miskin, hingga petinggi sekalipun, masalah pasti akan selalu ada. Sebab masalah tidak akan melihat siapa kamu, tapi itu semua tergantung dengan apa yang kamu perbuat hingga menyebabkan masalah tersebut hadir pada hidupmu. 

Namun yang perlu digaris bawahi adalah bagaimana cara kita menyikapi masalah tersebut dengan baik dan benar. Jangan sampai keliru, apalagi tidak diselesaikan dengan bijak. Kamu harus tahu, setidaknya ada lima pendekatan terstruktur agar sebuah masalah cepat selesai. Check it out!

1. Amati dan identifikasi masalah

5 Pendekatan Terstruktur agar Masalahmu Cepat Selesai, Wajib Tahu!ilustrasi merenung (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Kamu perlu memahami terlebih dahulu, terhadap masalah yang menimpamu. Dalam setiap masalah, pasti ada sesuatu hal yang menyebabkannya terjadi.

Apakah kesalahan itu murni dari dirimu atau sebaliknya? Nah, kamu dapat melakukan prognosa terhadap situasi yang menimpamu itu. Lalu identifikasi lebih dalam, sehingga kamu benar-benar memahami betul masalahnya. 

2. Cari solusi sebanyak mungkin

5 Pendekatan Terstruktur agar Masalahmu Cepat Selesai, Wajib Tahu!ilustrasi mengobrol (pexels.com/Tirachard Kumtanom)

Dalam pemecahan masalah, kamu jangan terlalu terpaku pada satu solusi yang sudah kamu dapatkan. Cobalah untuk mecari solusi sebanyak mungkin dari berbagai sudut pandang orang-orang yang ada disekitarmu. 

Kamu bisa bertukar pikiran dengan teman, rekan kerja, atau bahkan bercerita pada orangtuamu. Dengan banyaknya solusi, kamu dapat memiliki referensi yang nantinya bisa kamu analisis dan amati lagi. 

Baca Juga: 5 Tips Temukan Solusi dari Dilema terhadap Karirmu

3. Temukan solusi yang paling tepat

5 Pendekatan Terstruktur agar Masalahmu Cepat Selesai, Wajib Tahu!ilustrasi berpikir (pexels.com/Vanessa Garcia)

Nah, setelah kamu mendapatkan banyak referensi, maka pilihlah solusi yang paling tepat di antara semua itu. Pikirkan secara logis dan pertimbangkan dengan berbagai hal. 

Pilihlah solusi yang yang tidak memberikan feedback negatif pada dirimu dan orang lain. Maka dari itu, dalam pemilihan solusi yang paling tepat pikiranmu harus hadir dengan hati yang tenang. Ini supaya apa pun yang kamu putuskan, mampu menyelesaikan masalah dengan baik dan tepat. 

4. Lakukan perencanaan dan implementasi dari solusi

5 Pendekatan Terstruktur agar Masalahmu Cepat Selesai, Wajib Tahu!ilustrasi menulis (pexels.com/Vanessa Garcia)

Ini adalah tahap pelaksanaan terhadap solusi yang telah kamu tentukan. Dalam fase ini, kamu harus memiliki pikiran yang terbuka, fokus, agar implementasi solusimu dapat berjalan dengan baik, serta tidak melebar pada hal-hal yang diluar rencana.

Lalu pikirkan, apakah harus ada orang lain untuk membantumu memecahkan masalah ini atau cukup dengan dirimu sendiri. Lalu bagaimana langkah-langkahnya dan kapan waktu yang tepat untuk memulainya. Pikirkan hingga sedetail itu, ya. 

5. Mengukur keberhasilan terhadap solusimu

5 Pendekatan Terstruktur agar Masalahmu Cepat Selesai, Wajib Tahu!ilustrasi berpikir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Banyak orang yang mengabaikan hal ini, yaitu mengukur keberhasilan solusi yang telah dilakukan. Penting? Ya, tentu saja. Ini adalah bagian di mana agar kamu mengetahui apakah solusimu sudah benar atau tidak. 

Namun, jika nyatanya solusi yang kamu lakukan keliru, maka kamu perlu belajar lagi, agar kedepannya bisa lebih bijak lagi dalam mendapatkan solusi untuk sebuah masalah. 

Ada yang bilang masalah adalah sebuah teka-teki yang menunggumu untuk memecahkannya. Jika gagal, maka kamu perlu berlatih lagi agar ketajamanmu dalam menyelesaikan masalah semakin baik dan bijak. Semoga langkah-langkah di atas dapat membantumu yang sedang terkurung dalam jeruji masalah, ya. Never give up!

Baca Juga: 5 Tips Menanamkan Mindset Minimalis dalam Hidup, Jadi Lebih Tenteram

Muhammad Riyadi Nugraha Photo Verified Writer Muhammad Riyadi Nugraha

Memediasi pena untuk mengkspresikan sebuah rasa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya