Comscore Tracker

7 Manfaat yang Dirasakan ketika Memberikan Self Reward, Jangan Tunda!

#IDNTimesLife Sesekali, buat dirimu bahagia, ya

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan motivasi kerja, salah satunya self reward. Ya, aktivitas ini merupakan sebuah bentuk penghargaan kepada diri sendiri. Contohnya, memberikan hadiah atau makanan kesukaan untuk diri kita saat berhasil menyelesaikan pekerjaan.

Namun, banyak orang yang menganggap self reward gak penting untuk dilakukan. Padahal, banyak manfaat yang bisa dirasakan ketika melakukannya, lho. Bagi kamu yang masih ragu untuk melakukan self reward, jangan tunda, ya. Ini beberapa manfaat yang bakalan kamu rasakan ketika melakukannya. 

1. Membuatmu bisa melakukan pekerjaan lebih maksimal 

7 Manfaat yang Dirasakan ketika Memberikan Self Reward, Jangan Tunda!ilustrasi berdiskusi (pexels.com/Laura Tancredi)

Ketika memberikan self reward selepas kerja, membantu untuk meningkatkan mood menjadi lebih baik sehingga menjaga pikiran tetap positif. Setelah memiliki perasaan yang bahagia, membuatmu lebih rileks untuk kembali bekerja, dan bersemangat menjalani aktivitas.

Gak heran kalau kamu jadi lebih produktif serta menghasilkan pekerjaan yang maksimal. Oleh sebab itu, self reward sangat penting diterapkan. Selain untuk memanjakan diri, akan juga berdampak pada performa kerjamu. 

2. Positive reinforcement

7 Manfaat yang Dirasakan ketika Memberikan Self Reward, Jangan Tunda!ilustrasi tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setelah kamu merasakan self reward, tidak heran jika kamu menginginkan kembali hal tersebut. Nah, kejadian itu disebut positive reinforcement, suatu perilaku yang muncul kembali setelah memperoleh hadiah atau imbalan.

Kecenderungan ini memang kerap terjadi pada banyak orang. Sehingga akan terus termotivasi menyelesaikan pekerjaan dengan maksimal. Gak heran kalau kamu jadi lebih produktif bekerja untuk memperoleh pencapaian baru dalam hidup.

3. Untuk mencintai diri sendiri 

7 Manfaat yang Dirasakan ketika Memberikan Self Reward, Jangan Tunda!ilustrasi gembira (pexels.com/Anna Shvets)

Self reward bukan hanya seputar menghargai diri sendiri, tetapi sebagai bentuk bahwa kamu mencintai diri sendiri. Meski sedang mengalami keadaan yang sulit, kamu akan tetap bersyukur untuk bisa menikmati perjalanan karirmu.

Melakukan self reward akan membuatmu selangkah lebih maju untuk memahami diri sendiri. Selain itu, kamu akan mengetahui hal apa saja yang membuat bahagia, sehingga bisa lebih mudah untuk bangkit ketika sedang terpuruk.

Baca Juga: 5 Tips Beri Self Reward Tanpa Bikin Kantong Bolong di Akhir Bulan

4. Untuk melepaskan stres dan penat selama bekerja 

7 Manfaat yang Dirasakan ketika Memberikan Self Reward, Jangan Tunda!ilustrasi mendengarkan lagu (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ketika sudah merasa penat dan stres akibat bekerja, jangan dibiarkan begitu saja! Yang ada malah jadi beban bagi pikiranmu, lho. Lakukan self reward untuk bisa menghilangkan masalah tersebut agar pikiran lebih rileks, dan meningkatkan mood.

Saat memiliki pikiran yang positif, akan cenderung lebih ceria ketika melakukan aktivitas sehari-hari. Perasaanmu ini bisa menular kepada orang sekitarmu, sehingga jadi lebih kondusif.

5. Tetap menjaga motivasi kerja 

7 Manfaat yang Dirasakan ketika Memberikan Self Reward, Jangan Tunda!ilustrasi gembira (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tentunya kamu membutuhkan, dan mencintai setiap pekerjaan yang sedang kamu lakoni. Pastinya ada kepuasan tersendiri jika kamu bersusah payah berhasil memperoleh target yang ingin dicapai dalam pekerjaan.

Dari sekian panjang perjalanan lelahmu menuju kesuksesan, kamu berhak untuk memperoleh kebahagiaan setelah lama bekerja. Maka dari itu, self reward perlu dilakukan secara konsisten untuk menjaga motivasi kerja agar tidak turun. 

6. Membangkitkan semangat bekerja 

7 Manfaat yang Dirasakan ketika Memberikan Self Reward, Jangan Tunda!ilustrasi membaca buku (pexels.com/George Milton)

Untuk tetap bisa bekerja secara fokus, tentu dibutuhkan suasana kerja yang nyaman agar pikiran bisa diajak bekerjasama, nih. Rasanya akan terasa sulit jika kondisimu sendiri tidak memiliki semangat bekerja. 

Sempatkanlah untuk self reward, baik sebelum bekerja atau selepasnya. Seperti membeli makanan kesukaan, menonton streaming film, ataupun berbincang santai dengan teman-temanmu. Cara ini cukup sederhana dilakukan untuk bisa meningkatkan semangat bekerja.

7. Membuat pikiran menjadi lebih positif dan perasaan senang 

7 Manfaat yang Dirasakan ketika Memberikan Self Reward, Jangan Tunda!ilustrasi gembira (pexels.com/Kindel Media)

Perlu diingat, self reward bertujuan untuk meningkatkan motivasi kerja, dan pikiran menjadi positif. Oleh sebab itu, berikan hadiah untuk dirimu sendiri yang memang kamu sukai dan bermanfaat, agar kamu bisa merasakan dampak positifnya.

Tidak heran jika self reward konsisten dilakukan, bisa membangkitkan perasaan senang. Hal inilah yang akan mendorongmu untuk tetap terus berpikiran positif dalam beraktivitas.

Dari ulasan di atas, kita jadi tahu bahwa self reward sangatlah penting untuk meningkatkan motivasi dalam bekerja. Jadi, jangan lupa untuk memberikan self reward pada dirimu sendiri, ya!

Baca Juga: 7 Ide Self-Care Simpel yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Rizki Achmad Putra Photo Verified Writer Rizki Achmad Putra

typing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya