Comscore Tracker

5 Pola Pikir yang Akan Mengubah Hidupmu Menjadi Lebih baik! 

Pola pikir yang sehat berpengaruh besar terhadap hidupmu 

Dialog di dalam kepalamu adalah dialog terpenting di dalam harimu. Jika kamu punya pola pikir yang sehat, kemungkinan dialog di dalam kepalamu itu juga akan memberimu ide-ide yang baik. Pola pikir yang sudah terbentuk oleh lingkungan dimana kamu tumbuh, tidak semuanya adalah pola pikir yang baik.

Mencoba berpikiran terbuka dan mencoba mencari pola pikir yang baru dan yang lebih baik tentunya, akan berpengaruh lebih panjang di dalam kehidupanmu. Kamu akan lebih jelas melihat hal-hal di sekitarmu dengan apa adanya, dan mulai mengurangi penilaian-penilaian yang buruk. Di bawah ini ada 5 pola pikir baru yang bisa langsung kamu coba terapkan ke dalam hidupmu.

1. Kamulah yang mengatur hidupmu 

5 Pola Pikir yang Akan Mengubah Hidupmu Menjadi Lebih baik! Ilustrasi orang yang sedang bermain kartu (Pexels/lilartsy)

Jangan membuat hal-hal eksternal untuk mendikte hidupmu. Kamu akan berakhir dengan mengeluh tentang faktor eksternal ini, yang sebenarnya tidak dapat kamu kendalikan. Alih-alih fokuslah pada apa yang dapat kamu kendalikan. Seperti dengan sadar memainkan kartu yang telah diberikan kepadamu.

Dengan mempunyai pola pikir seperti ini, kamu akan mulai menerima bahwa kamu hanya bisa mengendalikan sebagian hal saja. Dan kamu mulai bisa berdamai dengan hal-hal yang di luar kendalimu. Coba perhatikan hal-hal apa saja yang ada di bawah kendalimu, dan perhatikan juga apa hal-hal yang tidak ada di bawah kendalimu. Kemungkinan besar, kamu lebih sering memperhatikan hal-hal yang berada di luar kendalimu daripada membenahi apa yang benar-benar bisa kamu perbaiki.

2. Menghabiskan lebih sedikit waktu untuk mengkhawatirkan masa lalu 

5 Pola Pikir yang Akan Mengubah Hidupmu Menjadi Lebih baik! Ilustrasi orang yang sedang mengkhawatirkan masa lalunya (Pexels/MART PRODUCTION)

Mencoba untuk move on adalah hal tersulit di dunia ini. Walaupun begitu, cobalah dengan memulai untuk tidak terlalu khawatir tentang apa yang sudah terjadi di masa lalu. Karena kamu sudah tidak bisa merubahnya. Dan mungkin hal-hal yang kamu khawatirkan itu, sebenarnya bukanlah masalah yang terlalu besar untuk orang lain. Namun kamu terlalu memikirkannya, sehingga kamu merasa bahwa hal itu adalah masalah yang besar.

Dengan mulai berdamai dengan masa lalumu, kamu akan memiliki perasaan yang lebih damai dalam menjalani hidupmu masa kini. Kamu juga bisa memulai untuk merencanakan hidupmu ke depannya. Walaupun terkadang perasaan ini sering muncul. Kamu akan mulai terbiasa dengan berdamai dan meyakinkan dirimu sendiri bahwa hal itu baik-baik saja, dan kamu sebenarnya hanya membesar-besarkannya di dalam kepalamu.

3. Semuanya seimbang 

5 Pola Pikir yang Akan Mengubah Hidupmu Menjadi Lebih baik! Ilustrasi orang yang sedang menjaga keseimbangannya (Pexels/Sebastian Voortman)

Daripada menganggap semuanya negatif atau semuanya positif, cobalah untuk menganggap semuanya seimbang. Mungkin ketika kamu sedang terkena musibah, semesta ini sedang memberimu pelajaran yang positif. Dan ketika kamu sedang merasa bahagia pun, kamu akan lebih sadar tentang kesedihan-kesedihanmu lalu mulai sadar bahwa kejadian-kejadian di hidup ini selalu datang dan pergi.

Dengan melihat semuanya secara seimbang, kamu akan mulai kurang mengkhawatirkan tentang keadaanmu yang sepetinya begitu-begitu saja. Rasanya roda kehidupan tidak pernah berputar. Ingatlah bahwa tidak ada yang pernah konstan, semuanya pasti berubah dan selalu ada dua hal atau lebih pelajaran yang bisa kamu dapatkan dari setiap kejadian yang kamu alami. Cobalah untuk lebih terbuka dengan tidak menilai hidup ini secara hitam dan putih, karena hidup ini lebih sering berwarna abu-abu.

Baca Juga: 5 Hal Sederhana yang Bikin Hidup Lebih Bahagia, Patut Diterapkan!

4. Memulai kembali itu mengasyikkan 

5 Pola Pikir yang Akan Mengubah Hidupmu Menjadi Lebih baik! Ilustrasi orang-orang yang sedang mencoba membangun sebuah bisnis (Pexels/Helena Lopes)

Pandemi ini bisa kita jadikan pelajaran, bahwa terkadang memulai kembali bisa menjadi mengasyikkan. Mungkin kamu terjebak dalam rutinitas yang monoton. Dan ketika pandemi ini terjadi, ada sesuatu yang mengganggu kemonotonan harimu itu. Dengan tetap melihat sisi positif dari setiap kejadian, kamu bisa mulai untuk memetik satu atau dua pelajaran yang sangat berarti.

Ketika kamu memulai kembali. Kamu pasti akan punya lebih banyak pengalaman, untuk apa yang seharusnya dilakukan dan apa yang seharusnya dihindari. Selain itu, kamu juga bisa lebih mewujudkan keinginanmu daripada ketika kamu baru pertama kali mencoba. Kamu sudah mempunyai batasan-batasan yang tidak akan kamu langgar, dan terkadang batasan itulah yang sangat penting. Karena kamu sudah tahu hal-hal apa saja yang membuatmu bahagia, dan hal-hal apa saja yang membuatmu tidak bahagia.

5. Rayakan kemajuan di atas kesempurnaan 

5 Pola Pikir yang Akan Mengubah Hidupmu Menjadi Lebih baik! Ilustrasi orang yang sedang merayakan kemajuan (Pexels/Andrea Piacquadio)

Kesempurnaan adalah biang masalah dari kebiasaan menunda-nunda. Kamu tidak akan memulai pekerjaanmu sampai kamu benar-benar siap untuk melakukannya, tapi tebak apa? Kemungkinan besar, ketika kamu memulai nanti. Kamu akan sama tidak siapnya dengan kamu yang sekarang. Kamu malah akan mempunyai waktu start lebih dulu, dan kamu bisa mencoba lebih banyak hal daripada hanya menunggu keadaan yang sempurna itu.

Rayakanlah kemajuan, karena kemajuan lebih penting daripada kesempurnaan. Asal saja kamu lebih maju daripada dirimu yang dulu, itu sudah cukup. Karena hanya kamulah yang boleh dijadikan tolok ukur untuk dirimu sendiri. Kamu juga akan mendapatkan lebih banyak pengalaman yang berguna ketika kamu lebih memfokuskan kemajuan dirimu daripada memfokuskan kepada kesempurnaan. Karena kesempurnaan datang dari kejelekkan-kejelekkan yang menumpuk.

Itulah beberapa pola pikir baru yang bisa kamu terapkan ke dalam hidupmu. Kamu mungkin lebih tertarik hanya kepada satu atau dua pola pikir saja. Itu tidak apa-apa, kamu hanya perlu untuk mencobanya saja. Jika memang itu tidak terlalu cocok dengan dirimu, mungkin kamu harus mencoba yang lain lagi. Teruslah mencari pola pikir yang baru, agar pikiranmu selalu fresh setiap saat!

Baca Juga: 5 Hal Sederhana yang Bikin Hidup Lebih Bahagia, Patut Diterapkan!

Rizky Adipratama Photo Verified Writer Rizky Adipratama

Halo (...) *anggap saja aku sedang memanggil namamu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya