Comscore Tracker

5 Cara Bertemu Kembali dengan Semangat Hidup, Bertahanlah!

Bertahanlah, masa depan indah sedang menunggumu

Walaupun sudah berusaha sekuat tenaga, terkadang semangat hidup bisa menghilang begitu saja terseger oleh rasa lelah dan letih. Kebosanan pun bisa menjadi alasan lainnya.

Cobalah untuk bertahan, walaupun terkadang hal tersebut sulit kamu lakukan. Jika memang mulai jenuh, kamu bisa mencoba cara-cara di bawah ini untuk membuatmu gembira. Coba salah satu, maka semangat hidupmu akan kembali lagi.

1. Beri dirimu izin untuk menghilang sejenak 

5 Cara Bertemu Kembali dengan Semangat Hidup, Bertahanlah!Ilustrasi orang yang sedang beristirahat (Pexels/Andrea Piacquadio)

Menghilanglah sejenak jika memang itu diperlukan. Kamu harus bisa mencari waktu untuk dirimu sendiri, untuk meluruskan lagi pikiranmu. Dengan memberi dirimu izin untuk menghilang, kamu bisa mempunyai kebebasan untuk beristirahat, merefleksikan diri, atau mungkin bersenang-senang.

Jika memang diperlukan, beri kabar beberapa orang penting dan terdekat bahwa saat itu kamu tak bisa dihubungi beberapa saat. Dengan demikian, kamu pun tidak akan ketakutan untuk mempunyai waktu untuk sendiri. 

2. Manfaatkan setiap hari dengan sebaik-baiknya

5 Cara Bertemu Kembali dengan Semangat Hidup, Bertahanlah!Ilustrasi orang yang sedang memanfaatkan hari dengan sebaik-baiknya (Pexels/Mikhail Nilov)

Setiap hari adalah kesempatan yang baru. Kamu bisa memulai untuk belajar kemampuan yang baru, atau kamu mungkin bisa menyelesaikan pekerjaanmu yang sedikit lagi akan terselesaikan. Melihat harimu sebagai hal yang paling penting, akan membuatmu mulai menghargai hal-hal kecil di dalamnya. Uruslah hari ini, karena besok akan mengurus dirinya sendiri.

Selain itu, jika kamu bisa memanfaatkan harimu sebaik mungkin, kamu juga akan berproses dengan lebih baik lagi. Kamu pun akan lebih cepat sampai ke impian yang kamu inginkan. 

3. Tekan tombol 'reset'

5 Cara Bertemu Kembali dengan Semangat Hidup, Bertahanlah!Ilustrasi orang yang baru saja memulai harinya (Pexels/Miriam Alonso)

Tekanlah tombol resetmu. Mulai ulang hal-hal yang kamu anggap perlu untuk diulang. Kamu bisa melakukan ini ketika segala pekerjaanmu terasa jenuh dan mulai kehilangan arah ke mana kamu akan membawa hidupmu ini. Dengan sengaja mengatur ulang lagi hidupmu, kamu mungkin sudah mendapati tiba di tujuanmu, dan kini membutuhkan tujuan yang baru. 

Dengan tujuan baru tersebut, kamu akan lebih bersemangat dalam menjalani hari-harimu ke depan. Tak ada salahnya jika kamu harus memulainya kembali, kok. 

Baca Juga: 5 Nasihat Ajaib Buat Kamu yang Kehilangan Semangat Hidup

4. Dikte lingkunganmu 

5 Cara Bertemu Kembali dengan Semangat Hidup, Bertahanlah!Ilustrasi tempat kerja yang terorganisir (Pexels/Ken Tomita)

Kamu harus mampu mendikte lingkunganmu, bukan sebaliknya. Dalam arti, kamu harus paham kapan mulai bekerja, di mana kamu menyimpan barang-barang yang mendukung pekerjaanmu, dan lain sebagainya. Mungkin pada awalnya terasa sulit. Namun ketika kamu sudah mulai terbiasa, hal-hal ini akan datang kepadamu secara natural.

Teruslah untuk berusaha mendikte lingkunganmu agar kamu bisa mendapatkan hasil terbaik dari setiap harinya. 

5. Sederhanakan hidupmu 

5 Cara Bertemu Kembali dengan Semangat Hidup, Bertahanlah!Ilustrasi hidup yang sederhana (Pexels/Marko Klaric)

Terkadang hal-hal yang tidak penting bisa menumpuk, hingga kebingungan apa prioritasmu. Well, hidup yang lebih sederhana akan memudahkanmu untuk melihat bagian mana saja yang benar-benar penting, dan mana yang hanya sekadar mengganggu hidupmu.

Kamu bisa menyederhanakan hidupmu dengan mengurangi benda-benda yang kurang esensial di lingkungan, atau membuat skala prioritas dalam tugas agar otakmu tidak kewalahan. 

Terkadang, hidup memang sangat berat dan hal ini wajar. Jika memang diperlukan, kamu bisa bercerita ke orang terdekat atau tenaga ahli untuk meminta bantuan serta saran. Semoga kamu bisa melalui rintangan hidup ini, ya!

Baca Juga: 10 Kalimat Bijak yang Bikin Hidup Lebih Bahagia dan Semangat Dijalani

Rizky Adipratama Photo Verified Writer Rizky Adipratama

Halo (...) *anggap saja aku sedang memanggil namamu. Wattpad: https://www.wattpad.com/user/Rizkyfaj

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya