Comscore Tracker

8 Cara Memaknai Hidup, Ingat Hal Kecil yang Lebih Berarti

Mengingat hidupmu akan melambatkan lajunya waktu

Coba ingat-ingat lagi, kamu makan siang dengan apa satu minggu yang lalu? Sebagian besar dari kita kemungkinan sudah melupakannya. Mungkin contoh ini terasa tidak penting. Namun bayangkan berapa banyak hal-hal kecil yang membuatmu tersenyum di masa lalu, dan sudah kamu lupakan.

Dengan mengingat hidupmu, kamu akan mendapatkan mental yang lebih stabil ketika dunia ini mengguncang dirimu. Kamu bisa memfokuskan perhatianmu ke hal-hal yang membuatmu bahagia, dan bertahan di derasnya arus kehidupan. Delapan hal di bawah ini bisa kamu lakukan. Sehingga kamu lebih sering mengingat kejadian-kejadian penting, yang ingin kamu rasakan lebih lama.

1. Lebih terencana dalam melakukan sesuatu

8 Cara Memaknai Hidup, Ingat Hal Kecil yang Lebih BerartiIlustrasi orang yang sedang menulis novel (Pexels/Andrea Piacquadio)

Berapa sering kamu terbawa arus kehidupan? Kamu hanya melakukan hal-hal yang "memang harus kamu lakukan" tanpa pernah menanyakan kenapa. Kamu terus saja melakukan kegiatan yang monoton itu, dan tiba-tiba saja 10 hari sudah berlalu.

Dengan lebih terencana dalam melakukan sesuatu. Sehingga tidak membiarkan dirimu terombang-ambing di hidup ini, akan membuatmu lebih mengingat hal-hal apa saja yang kamu lakukan sepanjang hari. Ini bisa terjadi, karena kamu melakukan hal-hal yang benar-benar berarti untukmu saat itu. Dan dengan demikian, pikiranmu akan lebih mudah mengingatnya. Karena kamu sadar bahwa kamu ingin mengingat momen-momen tersebut.

2. Perhatikan ke mana perhatianmu tertuju

8 Cara Memaknai Hidup, Ingat Hal Kecil yang Lebih BerartiIlustrasi orang yang sedang membaca dengan menggunakan senter (Pexels/Charles Parker)

Perhatianmu bisa diibaratkan seperti cahaya lampu senter. Kamu bisa mengarahkan cahaya itu ke hal-hal yang ingin kamu lihat. Sama seperti perhatianmu. Kamu bisa menyoroti hal-hal yang benar-benar berarti untuk hidupmu.

Ketika kamu sudah bisa menyoroti hal-hal yang lebih berarti, kamu akan mulai mengingat lebih banyak tentang apa saja yang terjadi di sepanjang harimu. Dan kamu akan mulai merasa lebih sering untuk bahagia.

3. Single task lebih sering lagi 

8 Cara Memaknai Hidup, Ingat Hal Kecil yang Lebih BerartiIlustrasi orang yang fokus dengan satu pekerjaan saja (Pexels/Anthony Shkraba)

Multitasking atau mengerjakan dua atau lebih pekerjaan secara bersamaan. Dianggap oleh kebanyakan orang sebagai menjadi lebih produktif, tapi keadaan yang sebenarnya adalah kebalikan dari itu. Ketika kamu lebih fokus mengerjakan satu hal saja dan melupakan hal lainnya, kamu malah akan menjadi lebih produktif.

Single task atau mengerjakan satu hal saja di satu waktu, juga bisa lebih membuatmu sadar akan apa yang kamu lakukan. Memfokuskan perhatianmu ke satu pekerjaan saja, tanpa mengganggu dirimu dengan hal-hal yang kurang relevan akan membuatmu lebih cepat sampai ke tujuan akhirmu.

4. Mengabadikan gambar lebih banyak

8 Cara Memaknai Hidup, Ingat Hal Kecil yang Lebih BerartiIlustrasi orang yang sedang memotret dirinya sendiri (Pexels/Lisa)

Hal yang satu ini adalah hal yang paling jelas. Potretlah lebih banyak lagi! Seperti lirik di lagu "Sudah" karya Ardhito Pramono:

"Rekam peristiwa yang takkan terulangi"

Hal ini akan membuatmu termotivasi untuk melakukan hal-hal baru yang tidak pernah kamu lakukan sebelumnya. Kamu bisa menghabiskan lebih banyak waktu dengan teman-temanmu, dan menikmati hidupmu.

Tidak peduli berapa umurmu sekarang, kamu masih bisa membuat pengalaman-pengalaman yang baru. Dan kamu akan berterima kasih ke dirimu sendiri, jika kamu lebih banyak mendokumentasikan hidupmu. Karena momen-momen tertentu, tidak bisa kamu ulangi lagi.

Baca Juga: Harus Tahu! 5 Tindakan yang Bisa Membuatmu Lebih Memaknai Hidup

5. Perhatikan perhatian yang kamu berikan pada hal-hal yang kamu lakukan 

8 Cara Memaknai Hidup, Ingat Hal Kecil yang Lebih BerartiIlustrasi orang yang terdistraksi dari pekerjaannya (Pexels/Pixabay)

Berapa banyak perhatian yang kamu berikan ketika kamu sedang melakukan sesuatu, sangatlah berarti. Apakah kamu memikirkan apa yang seharusnya kamu lakukan dua jam ke depan? Atau kamu benar-benar fokus saja terhadap apa yang ada di depan matamu.

Mengurangi distraksi ketika kamu bekerja bisa menjadi trik untuk menjadi lebih produktif. Ini bisa membuatmu lebih mengingat hal-hal yang penting yang sebenarnya harus kamu lakukan. Dengan menyadari berapa besar perhatian yang kamu tuangkan ke dalam pekerjaanmu, bisa membuat dirimu melihat bagian dari duniamu yang penting. Dan mulai mengingat lebih banyak hal lagi.

6. Jangan jadi penumpang 

8 Cara Memaknai Hidup, Ingat Hal Kecil yang Lebih BerartiIlustrasi orang yang sedang menjadi penumpang (Pexels/Genine Alyssa Pedreno-Andrada)

Menjadi penumpang memang terasa lebih mudah. Membiarkan hidup memegang kendali, dan kamu hanya ikut saja ke mana pun dia pergi. Namun ini sebenarnya sangatlah berbahaya, karena hal-hal yang benar-benar kamu inginkan akan terlewat dalam perjalanan ini. Atau bahkan hal-hal penting itu tidak ada di dalam rute perjalananmu.

Dengan melihat hidup ini seperti perjalanan, akan membuatmu lebih sadar lagi tentang apa saja tujuan-tujuan yang ingin kamu capai dalam hidup ini. Kamu akan mengingat-ingat lagi keindahan-keindahan yang kamu temui sepanjang perjalanan. Tentunya kamu juga akan belajar banyak dari pemandangan yang tidak terlalu enak untuk dipandang.

7. Buatlah hal-hal yang sulit 

8 Cara Memaknai Hidup, Ingat Hal Kecil yang Lebih BerartiIlustrasi orang yang sedang menulis lagu (Pexels/cottonbro)

Membuat hal-hal yang sulit, akan mengategorikan dirimu ke orang-orang elite yang sukses. Kamu akan terbiasa ketika hidup ini melemparkan hal-hal sulit yang harus kamu kerjakan. Walaupun rasanya sangatlah mengintimidasi, tapi itu hanyalah awalnya saja.

Tetaplah bertahan untuk sementara, dan biarkan dirimu beradaptasi ke hal-hal yang kamu anggap sulit itu. Lama-kelamaan hal yang sulit ini akan terasa menjadi mudah. Dan hal-hal yang terasa tidak mungkin untuk dicapai, akan terlihat kurang menakutkan. Dan kamu pun mulai berpikir, bahwa kamu bisa menggapainya.

8. Berkesenian

8 Cara Memaknai Hidup, Ingat Hal Kecil yang Lebih BerartiIlustrasi orang yang sedang melukis (Pexels/Jadson Thomas)

Berkesenian adalah cara lain untuk mendokumentasikan hidupmu. Bahkan kamu bisa mendokumentasikan perasaanmu ke dalam sebuah kanvas atau sebuah tulisan. Membuat seni adalah hal-hal yang membuat kita menjadi manusia seutuhnya. Tanpa seni, dunia ini akan terasa hampa. Begitu juga dengan hidupmu.

Hidupmu akan terasa kosong, dan tidak berasa. Membuat seni tidak harus dilakukan ketika kamu sudah mahir dalam melakukannya. Semuanya memulai dari pemula dan lama-kelamaan, ketika kamu lebih sering membuat seni yang sesuai dengan kepribadianmu itu. Orang-orang akan mulai menyadari keindahannya, dan kamu bisa memulai berbagi pengalaman hidupmu dengan orang lain.

Mengingat hidupmu akan melambatkan lajunya waktu. Kamu akan ingat bagaimana wangi rerumputan di sore hari. Kamu akan mengingat bau amis lautan dan matahari senja yang terbenam sebentar lagi.

Kamu akan melihat betapa indahnya dunia ini. Mengelus kucing, meminum kopi, hujan ketika kamu sedang berada di dalam rumah. Hal-hal kecil ini bisa kamu temukan lebih sering ketika kamu mulai melakukan hal-hal yang disebutkan di atas. Tetap semangat dalam menjalani hidup. Ingatlah momen-momen kecil itu, dan berbahagialah!

Baca Juga: 5 Cara Tepat Memaknai Kembali Definisi Bahagia yang Sesungguhnya

Rizky Adipratama Photo Verified Writer Rizky Adipratama

Halo (...) *anggap saja aku sedang memanggil namamu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya