Comscore Tracker

5 Cara untuk Menjadi Lebih Berani, Tunjukkan Dirimu yang Asli! 

Ungkapkan perasaanmu 

Keberanian bisa dilatih seperti otot di tubuhmu. Kamu harus terus terpapar terhadap tantangan-tantangan yang akan kamu hadapi setiap harinya, daripada melihatnya sebagai hal negatif, kamu bisa melihatnya sebagai peluang untuk memperkuat ototmu.

Salah satu sikap yang harus dimiliki oleh pemuda di seluruh dunia adalah keberanian. Keberanian untuk mengungkapkan perasaan, keberanian untuk memulai, atau keberanian untuk mengakhiri. Di bawah ini ada 5 tips yang bisa membuatmu lebih berani.

1. Percaya pada dirimu sendiri 

5 Cara untuk Menjadi Lebih Berani, Tunjukkan Dirimu yang Asli! Ilustrasi orang yang percaya diri (Pexels/Moose Photos)

Kamu harus menghadapi dunia ini setiap harinya, dan akan ada banyak hal-hal yang tidak menyenangkan setiap harinya. Kamu harus percaya pada dirimu sendiri bahwa kamu bisa melaluinya setiap hari. Percaya diri dan keberanian berjalan bersamaan dan akan terus-menerus mempengaruhi satu sama lain.

Memiliki kepercayaan terhadap dirimu sendiri, adalah hal yang penting untuk membangkitkan keberanianmu. Kamu bisa mengarungi hidup ini lebih mudah jika kamu percaya kepada dirimu sendiri. Kamu akan lebih mudah untuk menemukan keberanian di dalam dirimu sendiri ketika kamu percaya pada dirimu sendiri.

2. Berhentilah mengkhawatirkan pendapat orang lain 

5 Cara untuk Menjadi Lebih Berani, Tunjukkan Dirimu yang Asli! Ilustrasi orang yang menutup telinganya (Pexels/Andrea Piacquadio)

Akan selalu ada orang yang membencimu, bahkan jika kamu adalah orang yang paling di sukai di dunia ini. Tidak ada gunanya memperdulikan cibiran orang lain, yang hanya berniat untuk menjatuhkanmu. Kamu harus memberanikan dirimu sendiri untuk berdiri tegap dan menghadapinya satu-satu.

Bandingkan dirimu dengan dirimu dari hari kemarin, hanya itulah perbandingan yang bisa kamu andalkan. Untuk menggapai hal-hal yang lebih besar dari dirimu sendiri, kamu harus bisa berani dan menghadapi pendapat-pendapat orang lain. Berhentilah terlalu peduli dan terus jalani hidupmu.

3. Jadilah terbiasa dengan terlihat bodoh atau konyol 

5 Cara untuk Menjadi Lebih Berani, Tunjukkan Dirimu yang Asli! Ilustrasi orang yang sedang tertawa (Pexels/juan mendez)

Orang-orang akan lebih peduli dengan perilaku mereka sendiri daripada perilakumu. Orang-orang mungkin sudah lupa tentang kejadian memalukan yang kamu lakukan satu pekan yang lalu. Daripada terus terjebak di dalam pola pikir itu, sadarlah dan merangkaklah keluar dari sana.

Tidak ada sorot lampu yang terus-menerus menyorotimu. Hal itu harus membuatmu lebih kuat daripada sebelumnya. Beranilah mengungkapkan perasaanmu, dan lalui itu dengan rasa bangga. Hadapi rasa takutmu dan kamu akan menjadi manusia yang lebih baik dari hari sebelumnya.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Masih Kurang Percaya Diri, Sulit Menerima Pujian

4. Jangan biarkan ada yang menghalangimu 

5 Cara untuk Menjadi Lebih Berani, Tunjukkan Dirimu yang Asli! Ilustrasi orang yang sedang berpetualang (Pexels/Oziel Gómez)

Cacian orang lain, makian, kata-kata yang menjatuhkanmu, harus kamu lihat dari perspektif yang berbeda, hal-hal itu harus menjadi penyemangat hidupmu. Jangan biarkan apa pun menghalangimu untuk menggapai mimpimu. Jangan biarkan orang lain mendefiniskan apa yang bisa kamu lakukan, atau yang tidak bisa kamu lakukan.

Buatlah jalanmu sendiri, jika belum ada yang pernah berjalan menuju tujuanmu. Tuntunlah orang lain ketika kamu sudah sampai tujuanmu. Dunia ini membutuhkan lebih banyak orang berani. Orang yang berani menuntun, jadilah orang yang sepeti itu.

5. Tanyakan pada dirimu sendiri “Jika bukan aku, lalu siapa?” 

5 Cara untuk Menjadi Lebih Berani, Tunjukkan Dirimu yang Asli! Ilustrasi orang yang sedang berpikir (Pexels/Chinmay Singh)

Embanlah tanggung jawab, menjadi manusia yang baik tidaklah mudah. Bantulah keluargamu, teman-temanmu, pasanganmu. Jadilah orang yang berguna untuk mereka. Terus tanyakan pertanyaan ini, beranilah untuk mewujudkannya.

Buatlah bangga dirimu sendiri. Terus berjuang setiap harinya di hidup ini, yang sudah tentu, tidaklah mudah. Banyak rintangan yang sudah kamu lalui hingga kamu sampai di titik ini. Jangan biarkan orang yang lebih buruk darimu mengambil alih hal-hal yang bisa kamu lakukan dengan baik. berdiri dengan tegap dan jadilah bijaksana.

Itulah 5 tips yang bisa langsung kamu terapkan di hidupmu untuk menjadi lebih berani. Keberanian adalah sifat yang akan melayanimu dengan baik. Semuanya akan terasa sulit pada awalnya, tapi dengan berjalannya waktu, hal akan menjadi lebih mudah. Teruslah berjuang, dan hadapi hidupmu dengan penuh keberanian!

Baca Juga: 5 Body Language yang Bikin Kamu Terlihat Percaya Diri, Wibawa Nambah!

Rizky Adipratama Photo Verified Writer Rizky Adipratama

Halo (...) *anggap saja aku sedang memanggil namamu. Wattpad: https://www.wattpad.com/user/Rizkyfaj

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya