Comscore Tracker

5 Cara untuk Tetap Memiliki Pikiran, Tubuh, dan Jiwa yang Sehat 

Cobalah tips di bawah ini di sela-sela kesibukanmu 

Menjadi seorang manusia tidaklah mudah, terkadang masalah sehari-hari menumpuk dan kamu tidak sempat memperhatikan dirimu sendiri. Menjaga dirimu sendiri adalah hal terpenting yang harus kamu lakukan.

Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa langsung kamu terapkan untuk menjaga pikiran, tubuh, dan jiwamu. Cobalah untuk mementingkan dirimu untuk kali ini dan lihatlah perubahannya.

1. Minumlah suplemen

5 Cara untuk Tetap Memiliki Pikiran, Tubuh, dan Jiwa yang Sehat Ilustrasi orang yang sedang meminum suplemen (Pexels/JESHOOTS.com)

Ketika tubuhmu lemas dan kurang daya, mungkin saja kamu sebenarnya tidak memiliki asupan vitamin dan protein yang cukup untuk tubuhmu. Kamu bisa membenahi apa yang kamu makan setiap harinya. Kamu juga harus memperhatikan asupan cairanmu.

Suplemen bisa sangat membantu jika kamu tidak tahu dari buah atau sayuran apa kamu bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan proteinmu. Ada banyak suplemen yang bisa kamu beli dengan mudah dan harga yang terjangkau. Namun, ingat, selalu baca label suplemen tersebut sebelum kamu meminumnya.

2. Bekerjalah di suatu proyek 

5 Cara untuk Tetap Memiliki Pikiran, Tubuh, dan Jiwa yang Sehat Ilustrasi orang-orang yang sedang bekerja di suatu proyek (Pexels/Andrew Neel)

Hidup manusia itu seperti pendulum yang terus berayun antara kesakitan dan kebosanan, itu adalah kata-kata Arthur Schopenhauer. Ketika kamu sudah terlalu lama tidak melakukan apa-apa kamu akan merasakan kebosanan, dan akhirnya kamu mencari lagi kesakitan, walaupun kamu tidak terlalu menyadarinya.

Bekerja di sebuah proyek adalah cara yang bagus untuk keluar dari rasa bosan. Kamu bahkan tidak perlu mengharapkan bayaran untuk periode awal di mana kamu baru saja memulainya, yang terpenting adalah kamu mengangkat tubuhmu untuk berdiri tegak dan sekadar mulai saja untuk melakukan sesuatu. Mungkin itu adalah untuk duduk dan menulis.

3. Didiklah dirimu sendiri 

5 Cara untuk Tetap Memiliki Pikiran, Tubuh, dan Jiwa yang Sehat Ilustrasi orang-orang yang sedang belajar (Pexels/Tima Miroshnichenko)

Belajar tidak pernah berhenti. Tidak peduli berapa umurmu, kamu harus terus mempelajari hal-hal baru yang membuatmu kagum. Lihatlah permukaannya terlebih dahulu, lalu jika kamu benar-benar tertarik, gali lagi lebih dalam tentang hal itu.

Otakmu akan terangsang dengan informasi yang baru. Hal itu tentu saja akan membuat hidupmu lebih bergairah. Hidupmu akan berjalan dan menemukan momentum, begitu juga kesehatanmu.

Baca Juga: 5 Fondasi yang Bisa Membuatmu Lebih Bahagia Menjalani Hidup

4. Berkoneksi

5 Cara untuk Tetap Memiliki Pikiran, Tubuh, dan Jiwa yang Sehat Ilustrasi orang-orang yang sedang bersosialisasi (Pexels/cottonbro)

Memiliki hubungan dengan temanmu, walau hanya sehari saja terkadang adalah yang kamu butuhkan. Kamu bisa mulai dengan memberikan mereka pesan, menanyakan kabar mereka. Setelah itu kalian bisa menentukan jadwal untuk bertemu, dan berbicara tentang hal-hal yang tidak terlalu penting, atau hal-hal yang benar-benar penting.

Hubungan antara dua manusia, tanpa ikatan apapun, adalah hal yang ajaib tentang pertemanan. Kamu tidak berharap apa-apa dari temanmu, dan kamu masih saja merasa senang jika berada di sekitar dia atau di sekitar mereka. Cobalah berkoneksi untuk kesehatan jiwamu.

5. Keluarlah 

5 Cara untuk Tetap Memiliki Pikiran, Tubuh, dan Jiwa yang Sehat Ilustrasi orang yang sedang berjalan sore hari (Pexels/Bob Price)

Keluarlah dari rumahmu. Berjalan-jalan di pagi hari, atau di sore hari. Jangan terlalu berpikiran bahwa jalan-jalan sore bisa menyelesaikan semua masalahmu, tapi kamu bisa mengandalkannya untuk menyederhanakan masalahmu. Ketika kamu di alam bebas, hal-hal terlihat kecil. Masalahmu pun akan terlihat seperti itu.

Keluar dari rumah, dan menghirup udara segar bisa menenangkan pikiranmu. Pikiranmu akan menjadi tenang untuk tugas-tugas berikutnya yang akan kamu taklukan. Cobalah untuk menyelesaikan masalahmu ketika kamu sedang berjalan-jalan.

Itulah 5 cara untuk tetap menjaga kesehatan pikiran, tubuh, dan jiwamu. Cobalah beberapa hal di atas. Catat apa yang berhasil untukmu, dan apa yang tidak. Walaupun kamu hanya bisa menjadi 1% lebih baik dari hari kemarin, itu sudah sangat baik. Teruslah berjuang untuk hidup, dan berbahagialah!

Baca Juga: 5 Hobi yang Perlu Dimiliki untuk Hidup Bahagia dan Seimbang

Rizky Adipratama Photo Verified Writer Rizky Adipratama

Halo (...) *anggap saja aku sedang memanggil namamu. Wattpad: https://www.wattpad.com/user/Rizkyfaj

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya