Comscore Tracker

5 Tips Manajemen Waktu, agar Waktumu Terasa Lebih Banyak!

Waktu adalah hal yang paling berharga di hidup ini

Waktu yang tidak pernah berhenti, seakan-akan mengelabui kamu. Tiba-tiba saja malam sudah tiba, tanpa tahu ke mana perginya semua waktumu. Terkadang hal ini bisa membuatmu kesal, dan malah membuatmu semakin tidak produktif.

Kalau kamu bisa lebih mengatur ke mana kamu menghabiskan waktumu, dijamin deh pekerjaanmu tidak akan numpuk lagi. Di sini ada lima tips yang akan membuatmu lebih sadar ke mana waktumu pergi, dan bagaimana cara mengaturnya.

1. Kamu memiliki semua waktumu

5 Tips Manajemen Waktu, agar Waktumu Terasa Lebih Banyak!Ilustrasi waktu yang terus berjalan (Pexels/Ron Lach)

Memang, mungkin saja kamu memiliki pekerjaan yang kadang memakan habis waktumu. Namun pada hakikatnya, kamu adalah pemilik semua waktumu. Kamu secara sadar mengendalikan kemana perginya waktumu.

Di kala kamu bilang ke dirimu sendiri, bahwa kamu tidak punya waktu untuk berolahraga. Sebenarnya, kamulah sendiri yang memilih untuk tidak berolahraga. Kamu bisa memulai kebiasaan untuk lebih menyadari, bahwa kamu memiliki semua waktumu. Setelah itu, kamu bisa memilih hal-hal apa yang lebih penting untukmu. Supaya, ga ada lagi deh alasan-alasan seperti ga ada waktu.

2. Iya yang sungguh-sungguh atau tidak

5 Tips Manajemen Waktu, agar Waktumu Terasa Lebih Banyak!Ilustrasi orang menolak ajakan (Pexels/Monstera)

Banyak hal-hal di kehidupanmu yang sebenarnya tidak terlalu kamu ingin lakukan, tapi terpaksa kamu lakukan. Karena, mungkin ada rasa bersalah atau rasa tidak enak jika kamu mengatakan tidak. Namun mulai sekarang, cobalah untuk mengiyakan hal-hal yang benar-benar ingin kamu lakukan saja.

Mulai menolak hal-hal yang hanya ingin kamu lakukan secara setengah hati, atau hal-hal yang tidak benar-benar ingin kamu lakukan bukanlah sebuah bentuk kejahatan. Kamu malah akan mempunyai lebih banyak waktu dengan dirimu sendiri. Dan kamu bisa memanfaatkan waktu yang berkualitas itu, untuk melakukan hal-hal yang kamu inginkan.

Baca Juga: 5 Tips Manajemen Waktu untuk Tetap Melakukan Hobi di Tengah Kesibukan

3. Satu sorotan untuk satu hal per-hari

5 Tips Manajemen Waktu, agar Waktumu Terasa Lebih Banyak!Ilustrasi sorotan seperti senter (Pexels/Steve Johnson)

Walaupun terdengar sedikit, jika saja kamu bisa menyoroti satu hal yang paling penting di setiap hari. Dan benar-benar melakukan hal itu lalu menyelesaikannya. Dalam satu bulan, kamu bisa menyelesaikan 30 hal yang benar-benar berarti untuk hidupmu.

Dengan lebih memfokuskan perhatianmu kepada satu hal saja per-hari, akan membuatmu semakin produktif. Pikiranmu hanya akan terfokus kepada satu hal yang terpenting di hari itu. Dan akhirnya kamu akan melakukan pekerjaanmu secara lebih cepat dan baik, yang membuat waktumu tersisa lebih banyak.

4. Buatlah daftar yang harus kamu lakukan

5 Tips Manajemen Waktu, agar Waktumu Terasa Lebih Banyak!Ilustrasi daftar yang harus dilakukan (Pexels/Suzy Hazelwood)

Daftar yang harus kamu lakukan, atau to-do list. Bisa sangat membantumu untuk tetap produktif. Ketika banyaknya tantangan yang tidak terduga terus bermunculan di sepanjang harimu, To-do list bisa berperan sebagai sebuah petunjuk untuk pekerjaan apa yang seharusnya kamu lakukan.

Selain itu, to-do list juga bisa berguna untuk membuatmu lebih sadar dengan waktu yang kamu punya. Ini disebabkan oleh, kamu tidak akan terganggu dengan hal-hal yang tidak ada di dalam to-do list-mu. Sehingga kamu bisa lebih fokus bekerja dan menghemat waktu.

5. Membatasi waktu

5 Tips Manajemen Waktu, agar Waktumu Terasa Lebih Banyak!Ilustrasi kalender (Pexels/Bich Tran)

Google Calendar memiliki fitur yang sangat berguna, yaitu kamu bisa membuat pengingat untuk melakukan pekerjaan beserta berapa lama kamu harus melakukan pekerjaan itu. Ini sangat berguna. Karena, kita punya kecenderungan untuk menunda-nunda pekerjaan jika kita tidak mempunyai tenggat waktu yang jelas.

Dengan membatasi waktu pengerjaan, kamu akan terpaksa untuk bekerja dan mulai terlepas dari perangkap perfeksionisme. Hal ini jelas akan membuatmu lebih produktif, dan menyingkat waktu pengerjaanmu juga.

Bersahabat dengan waktu, bisa menjadi cara yang paling ampuh untuk mewujudkan impianmu. Teruslah semangat berjuang untuk menggapai mimpi-mimpimu, agar kehidupan yang kamu inginkan bisa segera tercapai!

Baca Juga: 5 Tips Manajemen Waktu buat Kamu yang Ingin Produktif, Simak! 

Rizky Adipratama Photo Verified Writer Rizky Adipratama

Halo (...) *anggap saja aku sedang memanggil namamu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya